Categories
Resep Tips dan Trik

Cara Membuat Mie Rebus Instan yang Enak di Rumah

Membuat mie instan itu memang mudah, tapi ternyata banyak yang saat membuat sendiri di rumah rasanya biasa saja atau malah tidak enak karena mienya terlalu keras atau terlalu lembek. Karena itu kali ini saya akan membagikan cara membuat mie rebus atau mie instan kuah yang enak di rumah, tidak hanya untuk Indomie, resep ini bisa digunakan untuk berbagai merek mie instan.

Sebelumnya saya pernah pun membagikan resep cara membuat Indomie goreng di rumah agar jadi lebih enak, resep tersebut bisa dilihat di postingan berikut ini:

Nah, untuk membuat Mie Rebus Instan yang Enak di Rumah dengan hanya menggunakan sebutir telur, berikut ini saya berikan resepnya

Indomie Rebus Telur Kuah Kental

Tidak hanya Indomie, resep ini juga cocok untuk merek mie instan kuah lainnya dengan berbagai rasa. Hanya membutuhkan satu butir telur saja. Resep ini akan memberikan mie instan kuah dengan sensasi yang kental.
Prep Time2 mins
Active Time3 mins
Total Time5 mins
Course: Main Course
Cuisine: Asian, Indonesian
Keyword: Indomie, Instan, Instant Noodle, Kuah, Mie, Telur
Yield: 1 porsi
Author: Zakwan
Cost: Rp. 5000

Equipment

  • Kompor
  • Panci
  • Mangkok
  • Sendok
  • Garpu

Materials

  • 1 bungkus Indomie Kuah (rasa apa saja, boleh merek lain)
  • 400 ml Air (setara 2 gelas)
  • 1 butir Telur Ayam (omega lebih enak)

Instructions

  • Didihkan air di panci (jangan boros, supaya kaldu mie tetap banyak saat kita membuang sebagian air rebusan)
  • Jika air sudah mendidih, masukkan Indomie
  • Ketika mienya sudah tidak kaku (setengah matang), buang sebagian air rebusan hingga yang tersisa hanya sedikit (kira-kira satu mangkok untuk disajikan nanti)
  • Masukkan bumbu ke dalam rebusan mie
  • Pecahkan telur, masukkan ke dalam rebusan dan aduk hingga seluruh bagian telurnya hancur
  • Tunggu beberapa saat (PERHATIAN: kira-kira hanya 3 menit sejak awal di rebus tadi, jangan sampai tekstur Indomienya terlalu lembek dan mengembang)
  • Tuangkan seluruhnya ke dalam mangkok, mie siap dimakan

Kalau untuk Indomie Kuah, kunci yang bikin enak itu kalo kuahnya nggak terlalu banyak dan tidak membuang air rebusan mie. Oh iya dan juga mienya jangan terlalu mengembang atau lembek ya.

Selamat mencoba! Berikan komentar jika berhasil menciptakan rasa yang berbeda.๐Ÿ˜€

Categories
Resep Tips dan Trik

Cara Membuat Indomie Goreng Rumahan yang Enak

Gara-gara sering lapar tengah malam di kosan, saya jadi sering pesan Indomie di warkop. Bukannya gak jago masak Indomie sendiri, tapi karena gak punya dapur dan kulkas di kosan jadinya terbiasa pesan makanan di luar. Kalau sudah tengah malam gitu, yah terpaksa pesan Indomie di warkop.

Biasanya Indomie di warkop dibandingkan dengan Indomie bikinan sendiri itu rasanya berbeda, lebih enakan di warkop. Eits, tapi itu dulu, sekarang Indomie bikinan saya ngalahin rasa Indomie di warkop. ๐Ÿ˜›

Cara bikin Indomie begini saya dapat dari coba-coba sendiri waktu bikin Indomie di rumah (gara-gara kangen suasana ngekos). ๐Ÿ˜…

Silakan dicoba, bahannya cuma Indomie, air dan satu butir telur aja. Mungkin cara ini terdengar ‘basi’, saya sih dapat dari hasil coba-coba sendiri.

Nah, untuk Indomie Goreng, begini resepnya

Indomie Goreng Telur Rumahan Enak

Berikut ini adalah resep Indomie Goreng Rumahan yang enak beserta cara memasaknya.
Prep Time2 mins
Active Time3 mins
Total Time5 mins
Course: Main Course
Cuisine: Asian, Indonesian
Keyword: Goreng, Indomie, Instan, Instant Noodle, Mie
Yield: 1 porsi
Author: Zakwan
Cost: Rp. 5000

Equipment

  • Kompor
  • Panci
  • Piring
  • Sendok
  • Garpu
  • Serok Mie

Materials

  • 1 bungkus Indomie Goreng
  • 400 ml Air (setara 2 gelas)
  • 1 butir Telur Ayam (omega lebih enak)

Instructions

  • Didihkan air di panci
  • Sambil menunggu air mendidih, buka bungkus minyak, sambal/bubuk cabe dan kecap dari kemasan Indomie Goreng lalu dituang ke piring/mangkok
  • Aduk minyak, sambal/bubuk cabe dan kecap sampai rata. Sisakan bawang goreng dan bumbu utama untuk di akhir nanti
  • Jika air sudah mendidih, masukkan Indomie Goreng
  • Pecahkan telur ayam, tanpa dikocok, masukkan ke sebelah Indomie di dalam panci
  • Hancurkan bagian putih telur di dalam rebusan, tetapi jangan sampai bagian kuning telurnya ikut rusak
  • Tunggu beberapa saat (PERHATIAN: waktu total merebus mie tidak lebih dari 3 menit, jangan sampai tekstur Indomie terlalu lembek dan mengembang
  • Angkat Indomie (hanya mie saja) menggunakan garpu, masukkan ke dalam penyaring makanan agar airnya berkurang
  • Setelah ditiriskan, tuang mie ke piring yang berisi bumbu
  • Selagi bagian kuning telur masih setengah matang (belum matang bagian dalam), angkat panci dari kompor dan saring telur dari rebusan
  • Tuangkan telur ke atas Indomie
  • Aduk mie dan hancurkan bulatan kuning telur setengah matang tadi hingga seluruh bagian Indomie tercampur kuning telur
  • Taburkan bubuk bumbu utama dan bawang goreng ke Indomie, aduk lagi sampai merata
  • Bagian ini boleh dilewatkan: goreng mie atau masukkan ke dalam microwave selama 1 menit
  • Indomie Goreng Rumahan Enak siap dihidangkan

Notes

  • Untuk yang menyukai sedikit aromaย smoky, coba goreng Indomie sesaat sebelum dihidangkan.
  • Alternatif lain selain digoreng, bagi yang memiliki microwave, masukkan Indomie yang sudah jadi itu ke dalam microwave selama 1 menit.

Menurut saya yang bikin enak adalah cairan kuning telur tersebut yang tercampur dengan Indomie. Kuning telur tersebut akan matang dengan panasnya Indomie yang baru saja keluar dari rebusan. Kalau merebus telurnya dengan air rebusan Indomie sepertinya juga berpengaruh.

Jika ingin kuning telur lebih matang, boleh digoreng lagi untuk menambah aroma smoky atau masukkan ke microwave selama 1 menit.

Ingin mencoba Indomie kuah yang enak di rumah? Anda bisa mencoba langkah-langkah memasak Indomie kuah ala saya seperti di postingan berikut ini:

Selamat mencoba!