Categories
Boleh tahu? Event MBTI

Resmi jadi Mahasiswa

hey kawan, lama gak berjumpa.. domain zakwannur.com baru aktif lagi, udah 3 minggu expired dan gak sempat ngurusin karna ada hal yang lebih besar buat diurusin: merantau..

Yak, sejak tanggal 3 September, saya tinggal di Bandung, tepatnya di sebuah kosan yang letaknya di jalan Picung. Selama ini saya sibuk ngurusin kepindahan dan tugas-tugas ospek OKMB 2011 dari IM Telkom. OKMB ini ‘katanya’ wajib diikutin sebagai syarat masuk BEM, UKM, menjadi panitia OKMB dan pembuatan skripsi.

Jadi tuh berminggu-minggu dipake buat nyiapin tugas hari pertama OKMB dan packing, jadi jarang ngetweet, buka fb, ga bisa ikutan jalan-jalan bareng keluarga (pas ngumpul lebaran) dan kadang-kadang menghindar ngumpul sama temen.. dan bayangin, nyampe di Bandung, berceceran yang jualin tugas OKMB yang udah jadi. :swt

IMG00191-20110905-1621

Ya, tapi gak apapa lah… ada rasa kebanggaan bisa bikin tugas sendiri dan gak dirusak/diinjak-injak sama abang-kakak Tatib. Abang-kakak Tatib itu panitia OKMB divisi Tata Tertib, tugas mereka menjaga kedisiplinan dan ketertiban acara. Mereka pake seragam serba hitam dan suka marah-marah, mereka yang menegaskan jangan lupa budaya punten (permisi) kalau berpapasan dengan orang di tanah Sunda.

Tatib OKMB TEAM 2010 – photos by: athirasetira

Waktu OKMB, diajarin jangan sampe lupa bilang punten ke mereka maupun panitia divisi lainnya dan dibedakan kalau Tatib manggilnya abang dan kakak, kalau panitia lain dipanggil Akang dan Teteh lalu sesama peserta OKMB dipanggil Aa dan Eneng. Kalau sampe lupa, apalagi sama Tatib.. beuh.. siap-siap aja dieksekusi.

Eksekusi itu kata temen saya (yang ngalamin) peserta dibawa ke ruang gelap, sendirian.. trus disana udah ada Abang Kakak Tatib lainnya, trus jangan tanya deh diapain.. ~hiiiii, syereem.. *nakut-nakutin*

Bagi saya sebagai peserta, OKMB berjalan lancar selama 3 hari, acaranya sangat keren dan dengar-dengar dipersiapkan selama 3 bulan, panitianya benar-benar diseleksi, panitia yang berlawanan dengan Tatib itu disebut Akang dan Teteh PK (Pemandu Kelompok). Kalo sama Tatib doang suasana benar-benar tegang.. ADAAAA aja yang salah! nah PK itulah yang mencairkan suasana. Kalo Tatib dan PK barengan adanya, suasana jadi campur aduk. Kalo adanya PK doang, serasa di surga, kadang ada yang curhat kekejaman apa yang dilakukan sama Tatib, meskipun berlawanan sifat dengan Tatib, jangan harap akang teteh PK bisa melindungi :nangis pernah pas lagi ada PK doang, rencananya mau senang-senang, eh tiba-tiba akang teteh PK diusir dan dibentak sama Tatib, suasananya kayak banci dikejar satpol PP.

Akting? katanya bukan, mereka emang sama-sama panitia, tapi Tatib punya wewenang lebih besar, Tatib itu senior PK, bahkan ketua panitia bisa dimarahi Tatib kalo kerjaannya nggak bener.

IMG_3041IMG_3047

sejenak melupakan tugas, kemudian tidur pukul 3.. dan bergegas ke ‘lokasi penyiksaan’ jam 5 subuh

IMG_3052_renamed_16399

Hari pertama OKMB itu rasanya bener-bener serem, saya yang belum tau apa-apa jalan santai menuju kampus jam 5 pagi, lagi tenang-tenangnya dan hari masih gelap.. tiba-tiba diteriakin “CEPET WOY! LARI! GAK ADA YANG JALAN!” sama orang berbaju hitam gak dikenal yang pakai senter disorot-sorotin ke muka Mahasiswa Baru. Bayangin, kedinginan, lari-lari, ngos-ngosan, bawa barang banyak, dan dibentakin lagi.. “PUNTENNYA MANA!” ama orang baju hitam yang jumlahnya banyak dan udah berbaris sepanjang jalan dari arah manapun kita datang.

Bilang punten itu sebenarnya mudah, tapi pas OKMB susah, karena panik.. yang biasanya suka manggil kakak ke senior cowok, jadi berabe pas manggil kakak ke Tatib cowok, disangkain menghina lah! Bilang punten kang atau teh ke Tatib aja bisa dimarahin.. :begitulah

IMG_3054IMG_3057

pulang maghrib, dibagiin baju buat hari kedua, baju kaos.. artinya penyiksaan akan lebih berat

Selama OKMB keindahan hari-hari kita berkurang, tiap peserta pasti merasakan pulang maghrib, lalu semalaman harus mencari bahan dan membuat tugas-tugas yang aneh untuk hari selanjutnya, lalu bergegas lagi ke kampus subuh-subuh, waktu tidur mungkin hanya ada 1 jam, bahkan ada yang nggak sempat tidur <— siapa suruh nyiksa diri.

IMG_3084

foto bareng bocah-bocah IM Telkom Gegerkalong yang numpang ngekos di Dayeuhkolot

Saya gak bisa ceritain semua kejadiannya, pokoknya makin hari makin keren, closing nya keren banget! BANGET, kayak tahun baruan dengan 49 letusan kembang api, 12 kembang api air mancur, dan puluhan batang kembang api pegang lainnya + soundtrack yang pas banget.. Firework lagunya Katy Perry. Yak, hari terakhir (closing) kita pulang tengah malam dan itupun masih ada penjajahan (belum merdeka).. Ternyata tiap tahun tuh ada soundtracknya dan tiap kali denger soundtrack bisa diartiin saat itu lagi gak ada Tatib.. Rileks! selain soundtrack juga ada nama, logo dan tema yang berbeda.

ini OKMB 2009-2011:

OKMB 2009

OKMB 2010

OKMB 2011

colors team power
Competent One Leadership Reliable Shinning Tough Excellent Awareness Mature Passion, Optimistic, Wise, Expert, Responsibility
Move Along – All American Reject I got a feeling – Black Eyed Peas Firework – Katy Perry

Saat serangkaian acara penutupan dimulai di hari terakhir, kita pun resmi diterima jadi mahasiswa IM Telkom. Gilak! bagi saya inilah proses buat diakui sebagai Mahasiswa, Bangga dong bisa ikutan! Benar-benar pengalaman yang mengesankan!

Secara pribadi, saya setuju kalo OKMB ini terus diadakan.. berdasarkan update tweet @BEMKMIMT, bener kok OKMB itu..

  • menyatakan bahwa Mahasiswa IMT itu ada dengan rasa Kekeluargaan yang erat serta Kebersamaan yang Luar Biasa.
  • mengajarkan mahasiswa sopan santun dengan kata PUNTEN dan selalu menyapa siapapun yang dilewatinya.
  • mengajarkan peserta gerakan yang serba cepat dan kreatif serta inovatif, itu bakal terjadi selama kegiatan belajar mengajar di Kampus IMT.
  • mengajarkan Mahasiswa untuk selalu berlaku jujur,tepat & tidak asal-asalan dalam mengerjakan tugas. Itu semua agar kita terbiasa dengan tugas dari dosen
  • wadah untuk memperkenalkan kondisi dunia perkuliahan,bagaimana tata krama kalau ketemu senior,dosen & pegawai.
    Thanks buat panitia!

IMG_3620

(sumber: buku panduan OKMB) mereka yang berada dibalik kesuksesan OKMB, selain divisi Tatib dan Pemandu Kelompok, ada Audio Visual, Medis, Logistik, Games, Acara, Admin dan Panitia Inti.

Gak sabar pengen nonton videonya, panitia janjiin bakal bagi DVD dokumentasi nanti, tapi akan ada acara nonton bareng dulu 😀 (ngarep sering nongol)

POWER 2011!

IMT! IMT! IMT!

IMG_3152

yang pernah ikut OKMB, apa teriakan Tatib yang paling kalian ingat? share! 😀

Categories
Creative Thinking MBTI Share

Inilah Jam Dinding “Orang Tak Bermodal” !

Setelah sebelumnya pernah memuat tentang Kacamata Anaglyph, kali ini Zakwan mau share tentang Jam. Jam Dinding buatan sendiri. Jam Dinding “orang tak bermodal”. [“Ga penting kan di share segala”]

Baru sadar di kamarku ga ada jam,  supaya ga telat sekolah lagi (alasan –“) aku mau pasang jam di kamarku.
Tapi.. jam yang sudah ada bentuknya kayak gini:
DSC04148
Gede amat, bentuknya juga kurang menarik..
Mau beli jam laen tapi.. ga ada duit ga ada yang menarik, mending buat sendiri deh jam nya, sebelumnya Aku pernah buat jam untuk kamar mandi, dari kepingan CD Bekas. Bisa dibayangkan??
Kali ini ga mungkin kan bikin Jam CD lagi. Dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah:
DSC04149
Tau ga itu apa? Kotak Sarung Songket lebaran kemarin..
DSC04150
Kertas Kado yang udah dibeli sebelumnya, motifnya keren. 😀
DSC04154
Alat-alatnya: Obeng buat pretelin jam, Cutter, Pensil, Penggaris, Lakban, Kunci Inggris!! (Karena ga ada kunci ukuran 1 cm)
Akhirnya jadilah jam ini:
DSC04153

Itu jam berapa?? hahaha