Categories
Boleh tahu? Event

April Mop bukanlah perayaan atas pembantaian Umat Islam di Spanyol!

Tiap tanggal satu April, banyak korban kebohongan berjatuhan di seluruh dunia (cielah). Umat Islam sangat tak pantas merayakan “April Mop” atau “The April Fool Day”. Karena kebiasaan itu merupakan peringatan peristiwa pembantaian umat Islam di Spanyol pada 1 April 1487 Masehi. Jadi, peringatan April Mop adalah perayaan atas penderitaan umat muslim spanyol yang dibantai beberapa tahun silam.

ALASAN ITU ADALAH SALAH. Mempercayai berita itu saya rasa justru bukti bahwa kita dibohongi di April Mop.

Simak kisah berikut ini (bagi yang sudah tau kisahnya, lewatkan saja):

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah bisa dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walau sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah Barat yang berupa pegunungan.

Islam telah menerangi Spanyol. Karena sikap para penguasa Islam begitu baik dan rendah hati, maka banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan hanya beragama Islam, namun mereka sungguh-sungguh mempraktekkan kehidupan secara Islami. Mereka tidak hanya membaca Al-Qur’an tapi juga bertingkah laku berdasarkan Al-Qur’an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun mereka selalu gagal. Telah beberapa kali dicoba tapi selalu tidak berhasil. Dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam di Spanyol. Akhirnya mata-mata itu menemukan cara untuk menaklukkan Islam di Spanyol, yakni pertama-tama harus melemahkan iman mereka dulu dengan jalan serangan pemikiran dan budaya.

Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirim alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari ketimbang baca Qur’an. Mereka juga mengirim sejumlah ulama palsu yang kerjanya meniup-niupkan perpecahan di dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan Salib. Penyerangan oleh pasukan Salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang idbantai, juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua, semuanya dihabisi dengan sadis.

Satu persatu daerah di Spanyol jatuh, Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Kristen terus mengejar mereka.

Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara Salib mengetahui bahwa banyak Muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara Salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar dari Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka. “Kapal-kapal yang akan membawa kalian keluar dari Spanyol sudah kami persiapkan di pelabuhan. Kami menjamin keselamatan kalian jika ingin keluar dari Spanyol, setelah ini maka kami tidak lagi memberikan jaminan!” demikian bujuk tentara Salib.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Beberapa dari orang Islam diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah dipersiapkan, maka mereka segera bersiap untuk meninggalkan Granada bersama-sama menuju ke kapal-kapal tersebut. Mereka pun bersiap untuk berlayar.

Keesokan harinya, ribuan penduduk Muslim Granada yang keluar dari rumah-rumahnya dengan membawa seluruh barang-barang keperluannya beriringan jalan menuju pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai tentara Salib bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumahnya. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara Salib menggeledah rumah-rumah yang telah itinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika para tentara Salib itu membakari rumah-rumah tersebut bersama orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan hanya bisa terpana ketika tentara Salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang tentara Salib itu telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara Salib itu segera membantai dan menghabisi umat Islam Spanyol tanpa perasaan belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Dengan buas tentara Salib terus membunuhi warga sipil yang sama sekali tidak berdaya.

Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman. Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April 1487. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia Kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The Aprils Fool Day).

Bagi umat Islam April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya seiman disembelih dan dibantai oleh tentara Salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas jika ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Sebab dengan ikut merayakan April Mop, sesungguhnya orang-orang Islam itu ikut bergembira dan tertawa atas tragedi tersebut. Siapa pun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, beberapa abad silam

Itulah alasan kebanyakan orang mengapa tidak merayakan April Mop.

Masalahnya, sumber cerita di atas tidak jelas, apakah berita itu benar?

Yang jelas, tidak baik jika seorang muslim menyebarkan berita yang nggak jelas kebenarannya, walaupun berita itu dapat membangkitkan semangat ber-Islam. Cerita di atas berserakan di Internet. Sebagian umat Islam malah meragukan kebenaran cerita di atas. Mengapa?

Mari simak Fakta berikut:

Pertama, Kekuasaan muslim Spanyol berakhir pada 12 Januari 1492 M, bukan pada 1487 M. Hari April Mop belum pernah terdengar hingga 50 tahun lebih setelah tahun 1492 M itu. Tradisi April Mop dimulai ketika dengan bodohnya, orang-orang memperingati Perayaan Tahun Baru setiap tanggal 1 April. Hal ini terjadi karena sebelum tahun 1582, tahun baru dirayakan selama delapan hari, mulai tanggal 25 Maret. Perayaan memuncak pada 1 April. Dengan reformasi kalender Kristen di bawah Raja Charles IX, melalui pengaruh Paus Gregorius, kalender Gregorian diperkenalkan, dan Hari Tahun Baru telah dipindahkan ke awal bulan Januari. Namun, karena kurangnya komunikasi di masa itu, banyak orang tidak menerima berita selama beberapa tahun. Orang yang paling keras kepala serta kolot, menolak untuk menerima kalender baru dan terus merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April. Hal inilah yang digolongkan sebagai "kebodohan" oleh masyarakat umum, kemudian mereka diolok dan tradisi April Fool’s Day dimulai. Mereka

Kedua, Keberadaan mata-mata Kristen di Islam Spanyol diragukan. Yang tercatat jelas oleh sejarawan Barat dan Muslim adalah adanya pertikaian antara raja-raja Muslim Spanyol. Sebagian raja-raja tersebut meminta bantuan bangsawan/raja Kristen untuk melemahkan raja muslim saudara mereka sendiri. Orang kafir pun memanfaatkan pertikaian dan permohonan bantuan ini.

Ketiga, Pada cerita itu disebutkan bahwa mereka membanjiri muslim Spanyol dengan rokok sebelum pembantaian muslim Granada tahun 1487 M. Padahal rokok belumlah dibuat sebelum tahun 1492 M. Menurut Dr. Roger Morrissette, Ph.D., dosen biologi manusia di Universitas Negeri Framingham, rokok dalam bentuk apapun belum pernah ada di Spanyol sebelum dibawa Columbus dari Amerika. Dengan kata lain, rokok belum pernah ada di Spanyol hingga Raja Ferdinand dan Ratu Isabella berkuasa penuh setelah mengalahkan seluruh muslim Spanyol. Tembakau baru dihisap secara luas di Eropa pada 1880.

Jadi mengenai desas-desus yang menyatakan bahwa April Fool’s Day adalah sebuah perayaan atas pengambil-alihan kekuasaan Muslim Spanyol, jelas semuanya adalah kisah palsu. Ini sebenarnya adalah sebuah kebohongan yang dibuat oleh orang tak beriman untuk menyesatkan umat Islam dan dalam kenyataannya justru membuat "Muslim Fool Day"!

Jadi, April Mop boleh dirayakan?

Itu terserah Anda, yang jelas, dalam Islam berbohong itu kan berdosa.. Lagipula April Mop ga penting ah, buang-buang waktu aja dan (bagi saya)…

konyol kalo ngerjain orang trus orang yang dikerjain tau kalau hari itu adalah hari “maklum” jika sial karena hari itu memang hari jahil-menjahili. (ga usah bingung bacanya)

Jadilah umat Islam yang cerdas dan yang cermat.

“Celakalah orang yang berdusta untuk membuat orang-orang tertawa, celakalah ia, celakalah ia!” (Riwayat At-Tirmidzi)

“Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta, dan rasa hormat.” (Saidina Ali bin Abi Thalib)

“Barangsiapa yang menyerupai (bertasyabuh) suatu kaum, maka ia termasuk salah seorang dari mereka.” (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan Ath-Thabrani).

-ditulis dengan berbagai sumber terpercaya.

Categories
Boleh tahu? Event Share

[VIDEO] Kiamat Tahun 2012 adalah Propaganda untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru (New World Order)

Udah pada tau film 2012 kan?? atau tentang isu Kiamat Tahun 2012 yang sebenarnya adalah Propaganda untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru (New World Order)? bagi yang belum tau baca dulu yang artikel yang ini.

Kiamat Tahun 2012 adalah Propaganda untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru (New World Order)

semuanya dijelasin disana. Oke yang malas baca, intinya sekarang ini banyak tersebar isu kiamat 2012 di Internet. Film-film tentang kiamat pun banyak bermunculan.
Apa sebenarnya tujuan dari film-film ini? mengapa semakin banyak iklan tentang kiamat 2012? Bukannya ini suatu hal yang menakutkan? Kenapa justru sering dipromosikan? Apa untungnya? Semakin taat beribadah? Mungkin..

tapi sebenarnya isu ini lebih tepatnya untuk menakut-nakuti publik. Untuk apa? Karena kalau orang ketakutan dan panik, mereka akan lebih mudah untuk dikontrol. Dikontrol
untuk membentuk tatanan dunia yang baru (New World Order).

New World Order, yaitu sebuah misi dari Illuminati/Freemason untuk menyatukan seluruh negara di bawah satu payung pemerintahan. Mereka memanfaatkan media massa yang mereka kuasai untuk mengkondisikan pikiran kita bahwa Tahun 2012 akan kiamat.
Mereka membuat film baru yg berjudul 2012.

Saya baru saja melihat beberapa trailer dari film 2012 ini, salah satu yang mengejutkan adalah ‘2012’ Teaser Video di Youtube.

Sudah ditonton? coba liat bukankah ada tulisan seperti ini:
How Would The Government of Our Planet Prepare Six Billion People For The End of the World??
They Wouldn’t

Mereka (pembuat film yang juga illuminati/freemason) ingin meyakinkan kita bahwa dunia tidak akan mampu menyelamatkan sekitar 6 miliar orang jika kita tidak bersatu dalam satu payung pemerintahan. (walaupun mungkin benar)

Haruskah kita percaya kiamat 2012? Kiamat kecil masih mungkin diprediksi oleh manusia itupun tidak begitu tepat, contohnya prediksi Tsunami setelah gempa juga Gunung meletus, tapi kiamat besar tidak ada yang tahu kecuali Tuhan.

Kiamat 2012 yang sering dibicarakan tampaknya Kiamat Besar yang, merupakan akhir dari dunia kita (lihat tulisan “The End of the World” diatas) Bagi saya sendiri, terlalu cepat rasanya kalau kiamat besar itu ada pada tahun 2012 (juga terlalu sok tau). Kapan matahari terbit dari barat? kapan ka’bah runtuh? kapan perang dunia ke 3 (Armageddon)? kapan dajjal melakukan fitnah yang katanya cukup lama? bagaimana dengan yajuj-majuj? binatang yang bisa berbicara? juga dengan Nabi Isa yang akan muncul kembali? apakah itu semua akan terjadi dalam 2 tahun ini(2010-2012)??

Categories
Event Share SMA Labschool Unsyiah

Menyambut Hari Batik di SMA Labschool Unsyiah

Beberapa siswa dan guru SMA Labschool Unsyiah yang menyambut Hari Batik Indonesia.

Kenapa ya tadi (2 Okt, 2009) banyak yang pakai batik? Waa, yang gak tau jawabannya parah nih. UNESCO menunjuk batik Indonesia sebagai mahakarya warisan budaya manusia pada 2 Oktober 2009. Jadi, setiap tanggal 2 Oktober, diperingati sebagai Hari Batik. Kalau dilihat di gambar diatas, cuma sedikit yang pake baju batik, ya karena ga ada anjuran dari pihak sekolah. Tapi ada bagusnya kan? artinya pakai batik itu ga ada yang paksa, pakai batik itu inisiatif sendiri, toh sekolah juga ga melarang. Berbeda dengan sekolah-sekolah di DKI Jakarta yang mendapat anjuran dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan dibawah Pemda DKI. Apakah siswanya terpaksa? Saya rasa tidak (eh, ga tau deh, terpaksa gak kawan-kawan? haha) karena setiap pelajar di Jakarta memang memakai seragam batik di hari Kamis.

Hmm, saya bingung, kenapa ya? Orang Indonesia marah-marah begitu kebudayaannya diklaim, sebelumnya? gak banyak yang peduli.(Begitu diklaim aja langsung berkoar-koar.)

Ngomong-ngomong soal batik, tau ga kalo Aceh juga punya batik corak sendiri. Meskipun yang dimaksud bukan Batik asli Aceh, tapi Batik Jawa yang corak dan cara pembuatannya yang berbeda. Yang ada di Aceh itu tradisi memakai batik sejak kedatangan bangsa Jawa yang entah kapan sampai di Aceh untuk pertama kalinya.

Batik Aceh telah dikembangkan agar lebih terkenal dan tidak terlupakan, setelah sebelumnya hampir punah. Beragam motif dan corak khas Aceh yang indah dari batik Aceh ini mencapai ratusan motif dan corak, antara lain Pintu Aceh, Bungong Jeumpa, Awan Meucanek, Pucok Reubong dll.
Proses pembuatan Batik Aceh tidak menggunakan mesin, tetapi dikerjakan oleh pengrajin /pembatik, dengan sistem tenun. Motif dan corak yang beraneka ragam diukir dan dirajut hingga menghasilkan batik yang halus dan indah. Bahan pewarnanya pun menggunakan bahan pewarna alami, misalnya menggunakan daun pacar, bunga mawar, kembang sepatu, cabe, cengkeh, kayu manis, daun nangka, pepaya, batang mangga, kunyit, temulawak, kulit dan getah kayu untuk pewarnaan.

Sekian. Selamat hari Batik.

(Oiya, baju batiknya gak cuma dipakai hari Batik atau hari Jumat aja kan? Kita juga bisa pakai batik di hari-hari lain, asalkan pas dengan waktunya.)

Categories
Event SMA Labschool Unsyiah

Seminar dan Kampanye Anti Rokok kerjasama Roll Royce dengan SMA Labschool Unsyiah

Sudah berbulan-bulan yang lalu Acara seminar dan kampanye anti rokok ini dipersiapkan oleh Sekolah, Aku berkesempatan menjadi Panitia dan memilih bagian Publikasi dan Dokumentasi. Awalnya acara ini akan diselenggarakan bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Se-dunia (31 Mei) tetapi karena beberapa alasan pelaksanaan Acara diundurkan. Setelah persiapan dirasa sudah cukup, kegiatan ini diadakan selama dua hari (25-26 Juli 2009) di SMA Labschool Unsyiah, tepatnya di Ruang Aula SMA. Acara ini terlaksana berkat  kerjasama dengan Rolls Royce. Acara ini diikuti oleh siswa dari beberapa SMA yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Masing-masing SMA mengirimkan empat siswanya sebagai peserta.
Seminar ini membahas tentang bahaya rokok dan kerugian dari rokok. Sebagai pemateri dihadirkan dr. Petrus Maturbongs M.Kes dari Departemen Kesehatan RI dan dr Emiralda M.Kes dari Puskesmas Lambada lhok. Setelah mengadakan seminar, tepatnya hari kedua Acara, para peserta seminar turun ke jalan sebagai Aksi Kampanye Anti Rokok tepatnya di Simpang Lima Kota Banda Aceh. Sampai di Simpang Lima para siswa membagi-bagikan stiker kepada para pengguna jalan yang berisikan tentang bahaya rokok, serta berorasi mengajak masyarakat segera meninggalkan rokok.

Apa Fokus dari Acara ini?

Kebanyakan orang sadar akan besarnya bahaya rokok, namun kemasan dan teknik periklanannya membuat menarik, sehingga menjauhkan konsumen dari realita mengerikan tentang bagaimana rokok merusak kesehatan. Peringatan dengan gambar menyampaikan pesan dengan cepat dan jelas, bahkan kepada orang yang tidak bisa membaca. Jadi, Penempatan peringatan bergambar pada semua produk tembakau merupakan suatu cara yang tepat dan amat cost-effective untuk memperingatkan konsumen tentang resiko rokok dan mengurangi konsumsi rokok.

Categories
Event SMA Labschool Unsyiah

Kunjungan Duta Besar Amerika Serikat ke SMA Labschool Unsyiah

Kamis ini Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Cameron R Hume, mengunjungi SMA Labschool untuk kedua kalinya. Setelah kunjungan pertamanya dalam rangka upacara pembukaan sekolah, kali ini kedatangannya dalam rangka menyerahkan bantuan senilai USD100.000 untuk SMA Labschool yang merupakan binaan dari Universitas Syia Kuala. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk buku Bahasa Inggris, Sistem Operasi untuk Komputer, furnitur, serta perlengkapan lainnya yang sebagian digunakan untuk perpustakaan dan Laboratorium Komputer.

DSC01428

SMA labschool berdiri sejak bulan Juli 2007 dan dibangun oleh US Indonesia Society (Usindo) setelah Gempa dan Tsunami menerjang Aceh tahun 2004 lalu.

Sekolah yang memiliki 16 ruang kelas (Termasuk Laboratorium) didanai oleh perusahaan Indonesia dan Amerika, serta dana perorangan dari masyarakat dan siswa-siswi di luar negeri.DSC01430

DSC01431

Acara penyerahan sumbangan itu juga dihadiri Konsulat AS di Medan, Kepala Sekolah Lab School Unsyiah Ibu Syarifah Mardiah

DSC01420 Rektor Unsyiah Darni M. Daud

DSC01418Ibu Margaret Sullivan dari USINDO

DSC01422 dan Director of Corporate Affairs of Microsoft Indonesia Bapak Drajat Pandjawi.

DSC01425

Foto dari Duta besar Amerika Serikat sendiri tidak saya dapatkan karena saat bapak Drajat Pandjawi sedang berbicara, saya sempat keluar ruangan karena mendengar suara Demonstran yang sedang ber-orasi di luar Pagar Labschool. Setelah acara selesai para tamu langsung meninggalkan Labschool dengan terburu-buru.29012009065

29012009059

Para demonstran kecewa karena tidak berhasil bertemu dengan yang bersangkutan untuk menyampaikan orasinya. Mereka langsung berlari memasuki lingkungan Labschool melalui pagar lain.