Categories
Boleh tahu? Share

Israel Tolak Gencatan Senjata

 

pesawat-pengebom-israelIsrael menolak gencatan senjata yang diserukan DUNIA! ck..ck..ck..Dengan alasan apabila mereka menerima gencatan senjata, HAMAS akan mengumpulkan kekuatan untuk membalas mereka. Rencananya Israel akan terus melakukan operasi militer ke Palestina selama enam pekan. Padahal pemimpin Hamas di pengasingan di Dakkar, Senegal, Khaled Meshaal menyatakan siap menandatangani gencatan senjata jika Israel menghentikan serangan dan mencabut blokade.

Bayangkan, padahal banyak negara muslim maupun non-muslim mengecam aksi Israel tersebut!

Sekjen PBB, Ban Ki-moon di depan 15 anggota Dewan Keamanan (DKK) PBB menyerukan penghentian serangan dan meminta Israel agar mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah Gaza.

Cina juga meminta hal serupa. “Cina sangat shock dan prihatin atas operasi militer Israel di Gaza yang menyebabkan jatuhnya korban dalam jumlah besar,” ujar Wakil PM, Li Keqiang. Menlu Jepang, Hirofumi Nakasone juga meminta kedua belah pihak menghentikan pengunaan kekuatan.

Pejabat tinggi Italy dan Spanyol langsung menghubungi Menlu Israel, Tzipi Livni melalui telepon dengan mengatakan: “Israel ternyata ingin menghabisi warga Gaza.” Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy yang menghubungi Presiden Mahmud Abbas melalui telepon menyampaikan keprihatinannya.

Kanada juga meminta penghentian saat Malaysia menuduh Israel menggunakan kekuatan tidak sebanding dan Pakistan mengutuk serangan udara itu. Pembantu Barack Obama menyatakan presiden terpilih AS itu tetap komit untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah. Berlawanan dengan pemerintahan Bush yang menyalahkan Hamas memprovokasi serangan dengan menembakkan roket ke Israel.

Menlu Inggris, David Miliband juga menyerukan penghentian serangan. Sebuah panggilan untuk penghentian segera datang dari Menlu Rusia, Sergei Lavrov yang menelpon Menlu Israel, Tzipi Livni. Republik Indonesia Mendesak PBB untuk mengambil tindakan nyata.

Begitu juga dengan Turki, Iran, dan

negara Islam lainnya.

Sampai kemarin malam, tim medis Palestina menyatakan korban tewas jadi 363 orang, 39 diantaranya anak-anak dan lebih dari 1.720 orang terluka. PBB menyatakan 62 korban tewas adalah warga sipil dan empat warga Israel juga tewas terkena roket Hamas. Banyak anak-anak yang menjadi korbannya. Bayangkan kalau anak-anak tersebut adalah kita. Yang diteror kematian dan bisa saja menjadi yatim piatu seketika. Siapapun yang masih hidup, hati nuraninya pasti iba.

Apa yang dapat kita lakukan untuk Palestina? Apakah Dunia hanya bisa mengecam aksi Israel saja?

Foto-foto pasca serangan Israel ke  Gaza

61x

 

 

 

 

 

 

 

 

610x

 

 

 

 

 

 

 

 

071123-el-haddad-gaza

 

 

 

 

 

 

 

 

37520900uz9

 

 

 

 

 

 

 

 

1227080738_m_122708_israel2_450

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1227080738_m_122708_israel5_450

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1227080738_m_122708_israel6_450

 

 

 

 

 

 

 

 

1227080923_m_122708_is_gaza01

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1227080923_m_122708_is_gaza03

 

 

 

 

 

 

1227080923_m_122708_is_gaza04

 

 

 

 

 

 

bakar1

 

 

 

 

 

gaza-martyr

 

 

 

 

 

korban-serangan-israel-ke-gaza 1227080923_m_122708_is_gaza06

 

 

 

 

Categories
Boleh tahu?

4 Temperamen Manusia

Hippocrates, seorang bapak ilmu pengobatan dari Yunani (460-370SM), mengemukan suatu teori yang mengatakan bahwa pada dasarnya ada 4 tipe temperamen dasar yang dimiliki oleh manusia. Adanya ke-empat tipe temperamen ini adalah akibat dari 4 macam cairan tubuh yang sangat penting didalam tubuh manusia; yaitu darah, empedu kuning, empedu hitam dan flegma. Kini sebutan “cairan” tersebut diganti menjadi hormon dan unsur-unsur biokimia lainnya. Sesuai dengan nama-nama cairan didalam tubuh tersebut, Hippocrates memberi nama temperamen-temperamen tersebut sebagai berikut:

  1. Sanguin (Sanguine) – Darah – Hidup – “Yang Populer”. Orang-orang sanguin cenderung ingin populer, dengan mencari perhatian orang disekitarnya. Mereka senang sekali bicara tanpa bisa dihentikan. Gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Pada suatu saat ia berteriak kegirangan tapi setelah itu ia bisa jadi menangis tersedu-sedu. Gayanya yang gaduh, bersuara keras, dan ramah membuatnya tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya. Kadang-kadang ia terlihat sembrono/kurang sopan. Dan dengan mudah ia dapat menyebarkan perasaannya kepada orang lain melalui perkataannya. Terkadang orang sanguin sedikit agak pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir ‘pendek’, dan hidupnya serba tak teratur. Dia adalah orang yang sangat bersemangat dalam hidupnya. Ia selalu tampak ceria, hangat, bersahabat, dan sangat menikmati hidup (enjoy aja!). Seorang sanguin cenderung lebih mendasarkan perasaannya daripada pemikirannya saat ia mengambil keputusan. Ia sangat menyukai ‘kesenangan’, seorang sanguin jarang sekali membiarkan hatinya bersedih berlama-lama.

  2. Melankolik (Melancholy) – Cairan empedu hitam – Murung – “Yang Sempurna”. Tipe ini berseberangan dengan sanguin. Cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam. Dalam sebuah pertemuan, orang sanguin selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankoli cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan dan kalaupun berbicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.Dari empat temperamen tersebut, melankolis merupakan temperamen yang paling kaya. Ia memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analitis yang kuat, perfeksionis, sensitif, berbakat, dan rela berkorban. Perasaan sangat berpengaruh pada pribadi seorang melankolis, ia adalah orang yang introvert tapi apabila ia sedang berada dalam puncak sukacitanya, ia bisa saja menjadi lebih ekstrovert. Pribadinya yang sangat perfeksionis cenderung membuatnya sering menyalahkan diri sendiri dan menjadi rendah diri. Padahal ia adalah seseorang yang memiliki daya analitik yang hebat yang mampu memperhitungkan bahaya. Si melankolis cenderung memilih pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, sekali ia memilih sesuatu maka ia akan tetap setia mengerjakannya.

  3. Kolerik (Choleric) – Cairan empedu kuning(Choler) – Aktif – “Yang Kuat”.  Mereka ini suka sekali mengatur orang, suka tunjuk-tunjuk atau perintah-perintah orang. Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya. Bahkan tamu pun bisa saja ia `suruh’ melalukan sesuatu untuknya. Akibat sifatnya yang `bossy’ itu membuat banyak orang koleris tak punya banyak teman. Orang-orang berusaha menghindar, menjauh agar tak jadi `korban’ karakternya yang suka `ngatur’ dan tak mau kalah itu. Orang koleris senang dengan tantangan, suka petualangan. Mereka punya rasa, “hanya saya yang bisa menyelesaikan segalanya, tanpa saya berantakan semua”. Karena itu mereka sangat “goal oriented”, tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu. Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah. Kolerik memiliki kemauan keras dalam mencapai sesuatu. Ia adalah seorang yang aktif, praktis, cekatan, mandiri, dan sangat independen. Ia cenderung bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain. Ia adalah tipe orang yang sangat menyukai aktivitas. Ia tidak perlu dirangsang oleh lingkungannya, tetapi justru ia yang merangsang lingkungannya melalui ide-idenya yang tidak pernah berakhir, rancangan, sasaran, dan ambisinya. Ia bukan tipe orang yang mudah menyerah terhadap tekanan dari orang lain. Bahkan tekanan tersebut justru semakin mendorongnya untuk terus maju. Bagian yang paling sedikit berkembang dari seorang kolerik ialah emosinya. Ia tidak mudah bersimpati kepada orang lain. Ia bukan orang yang dengan mudah mengekspresikan perasaannya kepada orang lain. Ia cenderung tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Ia cenderung bersifat dominan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

  4. Phlegmatik (Phlegmatic) – Cairan phlegma – Lambat – “Cinta Damai”. Kelompok ini tak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan. Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam, kalem, dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bicara tentu saja sang Sanguinis. Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Phlegmatis memiliki sifat alamiah pendamai. Ia biasanya menghidari kekerasan. Karena itu jugalah ia adalah orang yang mudah diajak bergaul, ramah, dan menyenangkan. Ia adalah tipe orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh humor-humor keringnya, tetapi ia sendiri tidak tertawa. Ia adalah pribadi yang konsisten, tenang, dan jarang sekali terpengaruh dengan lingkungannya. Inilah yang membuatnya hampir-hampir tidak pernah terlihat gelisah. Di balik pribadinya yang dingin dan malu-malu, sesungguhnya ia memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakan emosi yang terkandung pada sesuatu. Karena sifatnya yang menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, ia cenderung menarik diri dari segala macam keterlibatan. Hal inilah yang sering kali menghambatnya untuk menunjukkan kemampuannya secara total. Sering kali mereka hanya menggunakan 30%-50% dari kemampuan mereka.

Termasuk golongan manakah kamu? Mungkin sangat sulit untuk menggolongkan kita sendiri ke dalam 4 temperamen tersebut. Orang lainlah yang dapat menilai sikap kita dan kita juga dapat mengetahui temperamen kita yang sebenarnya dengan menjawab soal tes dengan jujur disini. Dengan mengetahui temperamen seseorang kita dapat mengerti mengapa tingkah laku orang seperti itu selama ini.

Di dunia ini tidak ada seorang pun yang memiliki salah satu temperamen secara murni, keempat watak itu pada dasarnya juga dimiliki setiap orang. Yang beda hanyalah ‘kadar’nya. Oleh sebab itu muncullah beberapa kombinasi watak manusia. Sekurang-kurangnya kombinasi dua temperamen. Dan sangat jarang kombinasi 2 temperamen yang berlawanan.

Kepribadian tersebut terbentuk oleh lingkungan. Jadi karakter seseorang bisa saja berubah.

Dari keempat temperamen tersebut tak ada yang paling baik. Semuanya baik. Tanpa orang sanguin, dunia ini akan terasa sepi. Tanpa orang melankoli, mungkin tak ada kemajuan di bidang riset, keilmuan dan budaya. Tanpa kaum koleris, dunia ini akan berantakan tanpa arah dan tujuan. Tanpa sang phlegmatis, tiada orang bijak yang mampu mendamaikan dunia.

Berbagai sumber

Categories
Boleh tahu?

Facebook

Hey, akhir-akhir ini mungkin zakwan jarang pake friendster lagi. Beralih ke Facebook yok? Karena menurut zakwan, friendster sudah agak gak nyaman, mau nge-post di group aja sering susah. Tapi gimana ya? kebanyakan teman smp ku sekarang pakai friendster. Jadi kalo beralih sendiri rasanya sepi, ga bisa berkomunikasi, pindah ke Facebook semua yok? hehehhe…

Sama seperti Friendster, Facebook juga merupakan salah satu situs social networking. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg (23), seorang programer komputer yang handal sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Waktu itu ia juga sedang mengambil mata kuliah psikologi di Harvard.

Pada awalnya, “Facebook” bernama “The Facebook”, nama tersebut diambil dari nama lembaran dokumen yang dibagikan kepada setiap pelajar baru di harvard yang menampilkan profil murid dan karyawan. Dan dalam waktu 24 jam sejak peluncurannya, 1.200 pelajar Harvard langsung bergabung. Satu bulan kemudian, lebih dari separuh pelajar di sana sudah mendata profilenya.

Bulan berikutnya, jaringan tersebut kemudian dengan cepat meluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Standford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Dalam waktu kurun dari empat bulan, 30 kampus telah tergabung dalam jaringan tersebut.

Situs yang beralamat di thefacebook.com tersebut kemudian berubah nama menjadi facebook.com pada bulan Agustus 2005. Nama facebook.com tersebut dibeli dengan harga $200.000 ( Dua miliar rupiah, kalau dolar seharga Rp. 10.000,-) dari Aboutface Corporatio.

Pada September 2005, Facebook kemudian membuka jaringannya untuk para siswa SMU, jadi tidak hanya mahasiswa saja. Kemudian disusul untuk pekerja kantoran dan pada akhirnya bulan September 2006, Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat email.

Oh iya, yang punya ID Facebook, jangan lupa add aku ya!

Salah satu fitur dari Facebook, yaitu Profile Badge, seperti ini:

Zakwan Oebit's Facebook Profile

Name: Zakwan Oebit
Status: maaaasih di skolah
Websites: http://www.zakwan.co.nr

references:babastudio.com

Categories
Boleh tahu?

Menulis di atas batu

(by “Y”)

Ungkapan di atas secara harfiah bermakna anjuran untuk belajar di waktu muda.
Jika kita telisik lebih dalam, makna frase ‘belajar di waktu muda’, tidaklah bermaksud bahwa proses belajar terikat dengan faktor usia.

Kata ‘belajar’ memiliki banyak tafsiran. Sederhananya, belajar adalah upaya menimba ilmu dan pengalaman dari siapa dan apa saja. Sedangkan ‘waktu muda’ bermakna kembali ke asal/awal. Maksudnya adalah selalu koreksi diri dan evaluasi. Bisa juga berarti ‘memulai dari nol’.
Frase ‘belajar di waktu muda’ secara utuh mengandung muatan, bahwa kita di anjurkan untuk selalu berupaya mengambil pelajaran dari kesalahan masa lalu dan selalu mengerahkan daya untuk melangkah ke arah perbaikan positif.

Kembali pada ungkapan “Menulis di atas batu” dimana terdapat dua kata yaitu menulis dan batu.

Menulis jika diartikan secara bebas adalah belajar berkesinambungan, tak kenal batas waktu, lokasi dan pelaku. Menulis jangan hanya dibatasi dalam bentuk ‘tinta di atas kertas’, maupun ‘jari di atas tuts’. Menulis juga merupakan aktivitas dari membaca, yang tidak bisa dipisahkan serta senantiasa seiring sejalan. Menulis adalah proses membaca pengetahuan tentang manusia dan kehidupannya. Menulis dan membaca adalah proses pencarian cetak biru mahluk yang bernama manusia. Menulis dan membaca adalah proses pencarian jati diri itu sendiri. Jati diri inilah yang dicetak dan dibentuk pada manusia yang dijadikan Allah sebagai pemimpin di muka bumi, yaitu pemimpin yang mampu menjaga dirinya dan lingkungannya.

Sementara itu, kata ‘batu’ merujuk pada semangat/spirit. Sifat batu tulis itu keras dan padat, menunjukkan bahwa semangat pantang menyerah senantiasa melekat. Lazimnya sifat tersebut ditabalkan untuk para pemuda/i. spirit inilah yang selau ditempa dalam berbagai situasi dan kondisi hingga menghitam dan kokoh bagaikan karang. Tak surut saat badai menghantam, tak lekang dimakan zaman, tak sombong menghadapi pujian.

Menulis di atas batu adalah mengerahkan segala daya upaya untuk membaca kehidupan alam semesta lalu memetik hikmahnya, agar hidup itu sendiri menjadi rahmat bagi semuanya.

Bagaimana menurut pembaca yang budiman? 😀

Lalu “Menulis di atas air” itu apa?

Categories
Boleh tahu? Share

Zakwan Merokok?

“Dimohon kepada bapak-bapak atau siapapun untuk tidak merokok didalam ruangan ini.”

Kata-kata itu diucapkan pembawa acara saat malam pengumuman pemenang lomba blog yang dilaksanakan dalam ruangan tertutup di taman budaya. Banyak bapak-bapak yang merokok di dalam ruangan. Langsung saja mereka mematikan rokok yang dihisapnya. Keadaan ruangan panas, mungkin karena pendingin ruangan yang kurang maksimal dan banyaknya pengunjung di dalam ruangan.

Saat itu seorang bapak malah berkata, “dilarang merokok? Apa ga ada larangan lain?”, Akhirnya dia-pun ikut mematikan rokoknya.

Apakah kita mengira rokok yang kita hisap TIDAK merugikan orang lain? Apakah kita mengira rokok yang kita hisap tidak haram? Apakah merokok itu membuat kita keren?

Tidak, Rokok yang kita hisap jelas merugikan kita sendiri dan orang lain, Bahkan seorang perokok pasif (orang yang tidak merokok tapi menghisap asap rokok orang lain) lebih banyak menghisap racun rokok daripada seorang perokok aktif. Banyak uang kita yang habiskan untuk anggaran merokok, seorang perokok berat menghabiskan jutaan rupiah dalam setahun untuk anggaran rokoknya. Apakah kita tidak berpikir untuk lebih baik menabung uang tersebut?

Bukankah hal-hal yang bersifat merusak orang lain, menghambur-hamburkan uang, dan merusak kesehatan diri sendiri (bunuh diri pelan-pelan) adalah haram?

Merokok membuat kita lebih kurus, gigi cepat kuning atau bahkan hitam, penyakit batuk dan segala penyakit jangka panjang lainnya seperti kanker. Apakah itu semua membuat kita keren? Bahkan pemeran dalam iklan rokok yang keren-pun belum tentu merokok!

Berhentilah Merokok sekarang juga! Atau Waktu hidup anda diberhentikan oleh rokok!

Banyak upaya yang bisa anda lakukan untuk berhenti merokok. Apakah ada diantara anda malah memulai merokok?

foto: extremefoto.blogspot.com

“Jangan merokok deh kalau ga mau penyakit kayak diatas”