homepage + blog

PenulisZakwannur

#ObrolanTaksi: “Saya mah pilih yang bagi-bagi duit.”

#

Taksi yang enak adalah taksi yang supirnya cerewet, alias suka ngobrol. Itu menurut saya, tapi saya rasa anda juga setuju, ya nggak? Jadi, saya baru aja pulang dari AASA National Space Camp di Jakarta yang berlangsung 27-29 Sept 2013. Dari Jakarta saya bersama dengan peserta lainnya (yang berasal dari Bandung) diantar kembali ke Bandung. Sampai di Bandung, saya naik taksi menuju ke kosan...

Salah Kaprah dalam penggunaan Media Sosial

S

Sepertinya Indonesia hampir selalu ada dalam peringkat teratas sebagai pengguna terbanyak media sosial populer seperti facebook, twitter, foursquare, instagram, path dsb. Gimana nggak, pengguna internet di Indonesia ada sekitar 60~80 juta orang dan 97,5% nya aktif menggunakan sosial media. Nah, dengan jumlah pengguna yang banyak ini, haruskah kita bangga? Relatif, bangga kalau ini adalah satu...

#PeopleAroundUs: Tukang Nasi Goreng dekat Kampus

#

Ada salah satu tempat makan favorit saya di dekat kampus saya yang dulu di Gegerkalong (Gerlong), namanya Sedap Malam Mas Tono. Udah lama gak kesana gara-gara sekarang udah pindah kampus (pindah kosan). Nah.. belom lama ini Sedap Malam Mas Tono buka cabang di dekat kampus saya yang baru, di Dayeuhkolot (Dakol). “Saya adiknya mas Tono, anak ketiga, ini yang masak kakak yang paling tua, diatas mas...

Golden Rule: Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.

G

Golden Rule, atau aturan emas, atau etika timbal balik (the ethic of reciprocity) adalah satu aturan yang sepertinya diajarkan dalam (hampir) semua budaya atau agama, meski disampaikan dengan kata yang berbeda-beda. Misalnya seperti ini: • Buddha Jangan perlakukan orang lain dengan cara-cara yang kamu sendiri menganggap itu menyakitkan. – Udana-Varga 5.18 • Chinese (Konfusius) Apa yang kita...

Termakan Asumsi

T

Apa itu asumsi? Asumsi menurut KBBI adalah dugaan yang diterima sebagai dasar, atau landasan berpikir karena dianggap benar.Kita sering berasumsi, dan secara tak sadar asumsi ini adalah cerminan dari diri kita karena pengalaman kita lah yang membentuk asumsi kita terhadap orang lain. Bingung?Jadi gini, tiap kali kita punya asumsi terhadap keadaan orang lain, sebenarnya yang membentuk...

homepage + blog

Zakwannur

Get in touch