Cara Hemat Transfer Uang dari dan ke Luar Negeri

C

Pernah gak sih Anda ingin mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri atau sebaliknya, dari negara lain ke Indonesia? Mungkin Anda ingin mentransfer duit ke rekening saudara Anda tapi tidak tahu caranya? Saya sendiri mengalaminya baru-baru ini.

Berawal ketika saya ingin mentransfer sejumlah kecil uang kepada klien saya di Singapura, saya terpaksa harus mencari cara bagaimana bisa mengirim uang dengan cepat dan murah ke rekeningnya sedangkan saya tidak memiliki rekening yang sama dengannya, saya hanya memiliki rekening bank di Indonesia. Saya ingat, saya punya akun OY! Indonesia, Flip, Paypal, Skrill, dan Transferwise di HP saya. Seluruh aplikasi tersebut menawarkan jasa pengiriman uang ke luar negeri.

Paypal

Pertama, saya mencoret Paypal dari aplikasi yang akan saya gunakan karena penerima dana juga harus memiliki akun Paypal, sedangkan klien saya tidak mungkin menerimanya di akun Paypal atau harus repot membuat akun Paypal dulu agar bisa mengklaim uangnya. Selain itu untuk kirim uang sepertinya saya harus mentransfer dolar Amerika, artinya rupiah saya harus dikonversikan ke USD dulu. Kekurangan: penerima harus punya akun Paypal dan tidak bisa transfer dari Rupiah ke Dolar Singapura, biayanya pun mahal.

Skrill

Kemudian saya mencoba akun Skrill, memang penerima tidak perlu memiliki akun Skrill, bisa diterima di bank, tapi ternyata sama dengan Paypal karena Skrill tidak bisa transfer dari IDR ke SGD, bahkan tidak ada pilihan untuk menerima dalam bentuk Dolar Singapura. Kekurangan: pilihan mata uang dan negaranya sangat sedikit, tidak bisa transfer dari Rupiah ke Dolar Singapura.

Pilihan saya tinggal Flip, OY! Indonesia, dan Transferwise. Mana yang lebih baik untuk mengirim uang ke luar negeri?

Jika saya ingin mengirim uang sejumlah 10 SGD, berapa Rupiah yang harus saya transfer? Mari kita bandingkan Flip, OY! Indonesia dan Transferwise

Flip

Flip punya fitur kirim uang ke luar negeri hingga ke 10 negara, namanya adalah Flip Globe. Berapa biaya transfer duit ke luar negeri dengan Flip? Kurs saat saya menulis ini adalah 1 SGD = 10.651,83 IDR. Biayanya flat mulai dari 50ribu rupiah (tergantung negara tujuannya). Untuk ke Singapura, biayanya 65.000 rupiah berapapun jumlah yang kita transfer.

Total rupiah yang harus saya keluarkan untuk mentransfer 8 dolar Singapura adalah 150.215 rupiah. Biaya transfer via flip hampir sama dengan nominal yang dikonversi. Lumayan mahal.

Bagaimana dengan Oy! Indonesia?

Oy! Indonesia

Transfer uang dari Indonesia ke Singapura menggunakan OY! Indonesia dikenakan biaya sebesar 50.000 (flat). Kurs SGD ke IDRnya sendiri tidak jauh berbeda dengan Flip, hanya lebih murah sekitar 20 rupiah, yakni 1 SGD = 10.631,82 IDR

Secara keseluruhan total rupiah yang harus dikeluarkan untuk transfer 8 dolar adalah 135.055 rupiah. Lebih hemat 15 ribu rupiah dibanding Flip.

Lalu yang terakhir, berapa biaya yang harus kita keluarkan jika transfer ke luar negeri pakai Transferwise?

TransferWise

Ternyata jika mentransfer dalam jumlah kecil, TransferWise bisa jadi yang biayanya paling murah. Agar penerima dana di Singapura mendapat 8 SGD, kita hanya perlu mengeluarkan 103.522 rupiah. Kurs dari TransferWise pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Oy! dan Flip (1 SGD = 10.618,5 IDR)

Berbeda dengan Flip dan Oy! Indonesia, TransferWise menerapkan fixed fee ditambah dengan variable fee yang berkisar 1-6%, semakin besar uang yang kita transfer semakin kecil variable feenya. Tapi tentu saja total biayanya akan semakin besar jika kita mentransfer uang dalam jumlah besar. Sebagai perbandingan, jika mentransfer 10.000 dolar pakai Flip, biayanya tetap saja 65.000 rupiah. Sedangkan di Transferwise jika mentransfer 10.000 dolar biayanya bisa sampai 1juta rupiah. Walau demikian, jika Anda berencana mentransfer sampai dengan 300 SGD (misalnya), TransferWise tetap lebih murah karena biayanya maish di bawah 50.000 rupiah. Selain itu kelebihannya adalah TransferWise mendukung pengiriman hingga ke 80 negara.

Kalau kalian belum pernah mendaftar atau menggunakan TransferWise, kalian bisa mendapat 1x gratis biaya transfer ke luar negeri jika mendaftar dari sini: https://transferwise.com/invite/u/zakwann

Transfer dari luar negeri ke Indonesia berapa lama? Bagaimana caranya?

Menggunakan TransferWise, transfer uang kadang bisa sampai ke luar negeri dalam hitungan menit/jam saja. Semudah mengirim email. Seperti yang saya alami sendiri, uang tiba ke rekening tujuan di hari yang sama. Yang perlu saya lakukan hanya mencantumkan nominal berapa yang harus diterima oleh penerima, lalu TransferWise akan memberikan rekening banknya di Indonesia dan jumlah rupiah yang harus kita transfer. Jika Transferwise sudah menerima uang dari kita, uang tersebut akan diteruskan ke rekening tujuan.

Tentang penulis

Beri Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories