Mencoba MPWR, Provider Digital Baru dari Indosat Ooredoo

M

Kalau Telkomsel punya By. U, Smartfren punya Switch dan XL Axiata punya LiveOn, baru-baru ini Indosat Ooredoo juga meluncurkan provider digital mereka sendiri, namanya MPWR. Empeweer ini dibacanya kayak empower kali ya.

Kalau dari nama dan kampanyenya sih, MPWR ingin memberikan kesan kalau mereka akan membuat kamu jadi lebih berdaya dengan layanan yang diberikannya. Apa benar? Apa saja sih layanan yang kita dapat kalau berlangganan MPWR?

Harga MPWR

Jujur saja hal pertama yang membuat saya tertarik beli kartu MPWR adalah karena iklan paketnya yang sangat murah, yaitu dengan 50 ribu rupiah kita bisa dapat kuota data sebesar 38 GB (Paket Bestie). Kalau sudah tidak promo, harganya menjadi 100 ribu. Tetap saja sih ini termasuk murah. Selain Paket Bestie, ada paket lainnya yang lebih kecil dan tentu saja lebih murah lagi, yaitu Paket Friendly 12 GB dan Paket Buddy 23 GB.

Hm, kalau dari segi harga dan kuota data yang kita dapatkan ini sih betul-betul memberdayakan.

Cara Pembelian dan Pendaftaran MPWR

Karena tertarik dengan harga tersebut dan kebetulan paket data saya dari provider digital sebelah mau habis juga, saya coba melakukan pemesanan. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload aplikasi MPWR. Cara download aplikasi MPWR Indosat Ooredoo silakan klik link di bawah ini:

Pilih tema untuk penawaran.

Setelah terpasang, langsung saja daftar klik Register, lalu kita diminta pilih tema kepribadian. Tema ini gunanya untuk menentukan promo dan penawaran yang akan ditampilkan ke kita (maksimum 8).

Setelah memilih tema, MPWR akan menunjukkan sebagian kecil promo yang akan kamu dapat (ceritanya mancing biar kamu makin tertarik buat daftar). Nah langsung aja klik “Mau daftar!

Lalu langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memilih paket kuota utama, setelah itu di halaman kedua kita bisa pilih paket tambahan (yang ini boleh dilewati sih), paket tambahan atau add on terdiri dari:

  • Spirit, 10 ribu rupiah, 30 hari, 3 GB paket data untuk aplikasi tertentu
  • Passion, 4 ribu rupiah, 30 hari, 1 GB paket data untuk aplikasi tertentu
  • All-net Jumbo, unlimited On-net & 75 off-net mins
  • All-net Basic, unlimited On-net & 15 off-net mins

Setelah memilih paketnya, halaman ketiga adalah keranjang untuk melakukan review kembali apa saja yang akan kita beli dan berapa total yang akan kita bayar.

Halaman keempat, kamu diminta login dengan Facebook atau Google untuk melanjutkan pendaftaran. Setelah berhasil login, halaman kelima adalah bagian menarik sekaligus menyebalkan, kita bisa memilih nomor random yang diacak sistem setiap 3 menit, masalahnya adalah.. kadang-kadang sistem gagal mengambil nomor baru. Katanya sih kita bisa memilih nomor dengan angka yang kita sukai, tapi masalahnya saya coba beberapa kombinasi angka tetap saja gagal. Akhirnya saya menyerah dan memilih dari nomor yang diacak sistem.

Langkah berikutnya kamu akan memasukkan data-data untuk pengiriman, sayang sekali MPWR tidak mendukung pengiriman ke berbagai kota di Indonesia, alias terbatas hanya ke kota-kota tertentu saja.

Bonus kuota MPWR

Oiya, jangan lupa kalau butuh kode referral MPWR masukkan kode: ZAKW4401369 (biar apa sih? ya biar kita dapat bonus ceritanya, anggaplah ini kode promo MPWR dari saya). Kalau kamu beli paket Friendly, kita berdua dapat 1 GB, kalau beli paket Buddy dapat bonus 2 GB dan kalau beli yang Bestie masing-masing kita dapat 3 GB! Berlaku sampai 31 Desember 2020

Pengiriman kartu MPWR

Setelah melakukan pendaftaran, kamu tinggal menunggu kartu dikirim ke alamatmu, yang saya alami sih pengirimannya kurang dari 24 jam, pesan di malam hari lalu siang besok kartunya sudah sampai. Paket dikirim pakai jasa Paxel. Prosesnya cepat sekali, ini menjadi poin plus. Proses tracking pengiriman kartu pun bisa kita lihat langsung dari aplikasi MPWR.

Aktivasi MPWR dari aplikasi.

Aktivasi kartu MPWR

Setelah kartu sampai, saya langsung mengaktifkannya. Kita perlu scan nomor ICCID yang ada di kemasan kartu, lalu memasukkan nomor KTP dan KK. Benar-benar mudah!

Tampilan aplikasi MPWR

Setelah berhasil aktivasi, kita bisa menjelajahi aplikasi MPWR. Ada menu Offer, Pemakaian, Dompet, Profil dan Bantuan.

Pada menu Offer kita bisa melihat berbagai penawaran yang muncul. Sayangnya kita tidak bisa memilih mau lihat promo dari merchant apa, promo dimunculkan secara acak.

Lalu pada menu Pemakaian, kita bisa melihat sisa kuota, mengganti atau menambah kuota. Pengguna juga bisa melihat riwayat penggunaan pulsa di bagian ini.

Dalam menu Dompet, kita bisa melakukan pengisian pulsa. Pembayaran dapat dilakukan melalui Gopay, OVO, kartu debit/kredit dan juga akun virtual (ATM Bersama, BCA, Mandiri, BNI, BRI).

Pada bagian Profil, pengguna dapat mengundang teman, mengajukan permintaan jika kartu rusak atau hilang dan juga ada piliihan untuk ubah ID login. +1 deh buat MPWR karena bisa ubah ID login. Kali aja mau ganti akun Facebook atau Googlenya.

Nah di bagian terakhir, pada menu Bantuan berisi FAQ, tiket keluhan, syarat dan ketentuan, serta kebijakan privasi.

Dari segi tampilan sih, aplikasi ini masih banyak kekurangannya baik dari segi UX maupun UI, seperti logo merchant dan gambar di bagian offer banyak yang rasionya gepeng, logo jadi ceper, gambar terpotong. Penempatan beberapa menu yang kurang tepat

Tes Kecepatan MPWR

Kalau dari segi kecepatan, bagaimana ya performa MPWR?

Dari lokasi saya di Jakarta Utara, koneksi MPWR terasa tidak stabil, kadang sinyalnya 4G+ tapi ternyata tidak ada internet, kadang malah hilang sama sekali. Awal ketika saya baru aktif rencananya ini akan saya gunakan untuk video conference, tapi ternyata karena kurang bisa diandalkan. Saya tidak berani sepenuhnya pakai MPWR untuk urusan pekerjaan.

Bisa dilihat dari history Speedtest saya awal-awal hasil tesnya di bawah 5 Mbps, bahkan sempat hanya 0.62 Mbps 🙁 Tapi belakangan ini sempat berkisar 10 Mbps dan cukup bagus untuk streaming Netflix. Update: nih lagi nulis malah hilang lagi sinyalnya. 🙁

Update: hasil tes di area Jakarta Pusat mencapai 100mbps

Kesimpulan

  • Paket data sangat murah.
  • Jangkauan pengiriman kartu terbatas.
  • Koneksi kurang stabil.
  • Area coverage yang kurang luas.
  • Banyak promo menarik.
  • Aplikasi masih banyak kekurangan dari segi UI dan UX.
  • Sering gagal saat memilih nomor sendiri.

Kalau saja MPWR bisa memperbaiki kekurangannya, paling penting sih seperti area layanan yang lebih luas dan sinyal yang stabil, MPWR berpotensi jadi benar-benar empowering buat penggunanya.

Dear MPWR, saya bisa gak sih dapat nomor pilih sendiri? Ngarep banget bisa dapat nomor custom dari MPWR (mau dimiripin dengan nomor saya yang lainnya) untuk jadi nomor tambahan. 😀

Tentang penulis

10 Komentar

  • 38GB 50rb kalau tidak promo 100rb ya? Hmm, kayaknya bakal tetap stay di Live.On saja deh. 50GB cuma 125GB. Dan di sini dapat speed kenceng, di atas 10-20 Mbps terus.

    • Busyet, masih jauh lebih murah tri mas, operator digital dari hutchinson, dia 117GB cuma rp 117.000 aja. Jaringan stabil di 0.5mbps. 117GB ga bakalan abis itu sebulan.

      • cocok untuk orang rumah untuk paket 117 gb 117 ribu karena 60gb dipakai dari jam 1 pagi sampai jam 5 sore, kalau dari pengalaman saya pakai bulan november ini sinyalnya suka hilang untuk internetan jadi kurang nyaman juga dipakai game online juga kurang rekomendasi karena suka hilang atau often disconnected, kalau untuk download baru oke

  • Hai mas Zakwan, saya bisa kok pilih nomor sendiri. Memang agak sulit karena banyak nomor yang tersedia. Namun akhirnya saya bisa menemukan nomor custom yang tersedia.

  • Mas, saya sudah aktivasi mpwr ini. Tapi kok gak bisa dipake ya? Data selulernya udah hidup, tapi gak bisa connect apa2 gitu, kalo buka WA tulisannya menunggu jaringan. Perasaan semenjak sama masukkan nomer iccid itu udah masukkan data KTP dan KK kan ya? Udah muncul tuh tulisan IM3#TETAPSEHAT! tapi gak ada tambahan LTEnya yg artinya gak nyambung 🙁 ada yg bisa bantu? Padahal buat jaga2 kuota tapi malah kayak gini huhu.

  • Saya juga lagi request kartu nih.
    Jujur, saya kurang perduli dengan kualitas internetnya karena saya sudah cukup puas dengan Simpati (untuk mobile) dan First Media kalo lagi dirumah aja.
    Beli kartu ini karena bisa pilih nomor sendiri. Sama seperti masnya, pilih nomor karena mau dimiripin sama provider lain.
    Saya pakai byu dan switch karena bisa pilih nomor dan sudah disesuaikan dengan nomor simpati. Tapi gak pake jaringan inet mereka.
    Kalo LiveOn gak pake karena nomornya 13 angka. Males liat angkanya. Jadi gak estetik. Hahaha

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories