Akun Samsung: Kode Verifikasi 2 Langkah Tidak Masuk? Begini Caranya

A

Kemarin saya sempat jengkel karena tidak bisa mengakses beberapa aplikasi sistem di HP Samsung saya, setiap kali ingin mengakses (misalnya) My Files selalu muncul halaman untuk verifikasi 2 langkah. Saya lupa kapan saya mengaktifkan ini, seharusnya sih bisa diselesaikan dengan memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS. Masalahnya saya tidak menerima SMS apa pun dari Samsung.

Bagaimana cara menyelesaikan masalah ini?

Pikiran pertama saya adalah untuk menghubungi layanan pelanggan Samsung karena jika saya tidak menerimanya kemungkinan adalah karena nomor HP yang salah. Saya pun memastikannya ke CS Samsung. Kemudian setelah terhubung dengan CS, saya disuruh refresh aplikasi SMS/Pesan dan Samsung Account. Tentu saja ini tidak masuk akal karena saya sudah mengalami masalah ini berminggu-minggu dan sudah beberapa kali restart HP. Jika Anda belum mencobanya mungkin boleh dicoba, kalau di saya sih cara ini tidak menyelesaikan masalah.

Kemudian hal konyol lainnya yang disarankan CS Samsung adalah melepas pasang kembali SIM Card saya. Cara ini saya anggap konyol karena saya tidak punya masalah dalam menerima SMS, selama rentang waktu masalah itu terjadi saya tetap menerima SMS-SMS dari pihak lainnya.

Lalu saran konyolnya tidak berhenti di situ, saya disuruh melakukan reset pengaturan dan karena ini terkesan patut dicoba, saya pun mencobanya. Tentu saja masalahnya tidak selesai, HP saya malah kembali ke pengaturan awal, semua nada dering dan kustomisasi yang sudah saya lakukan hilang begitu saja. Saya tidak menyarankan reset pengaturan ini. Sebaiknya tidak usah dicoba.

Karena berbagai cara yang disarankan tidak berhasil, CS Samsung pun menyerah dan menyarankan saya untuk membawa perangkat saya ke Service Center. Tentu saja saya tidak mau karena menurut saya ini bukan masalah di hardware.

Lalu barulah saya mencari di internet bagaimana cara agar menerima SMS kode verifikasi 2 langkah untuk Samsung Account. Saya pun menemukan curhatan orang lain yang pernah mengalami hal yang sama di forum Samsung luar negeri dan dari sana ada yang membagikan cara yang menurut saya tidak diduga-duga tapi ternyata mempan!

Untuk mendapatkan kode verifikasi 2 langkah ke dalam kotak masuk SMS Anda, coba cara berikut ini:

  1. Pergi ke Pengaturan
  2. Klik menu Kunci layar
  3. Selanjutnya pilih Pengaturan kunci pengaman
  4. Jika Anda mengaktifkan penguncian layar, Anda mungkin akan diminta memasukkan PIN / Password / Pattern atau biometrics untuk mengonfirmasi.
  5. Matikan Kunci jaringan dan keamanan

Jika perangkat Anda menggunakan bahasa Inggris, silakan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pergi ke Settings
  2. Klik menu Lock Screen
  3. Selanjutnya pilih Secure lock settings
  4. Jika Anda mengaktifkan penguncian layar, Anda mungkin akan diminta memasukkan PIN / Password / Pattern atau biometrics untuk mengonfirmasi.
  5. Matikan Lock network and security

Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas silakan coba kirim kembali OTP akun Samsung Anda.

Kalau saya sih berhasil. Sesingkat itu!

Tentang penulis

Beri Komentar

eighteen + fifteen =

Get in touch

Categories