Review Mi ABC Rasa Ayam Bawang: Ringan Banget

R

Satu tahun belakangan ini saya sedang gemar mencoba beberapa merk mi instan dan varian rasanya. Tidak sering sih, tapi sebagai seseorang yang lebih memilih beli Indomie ketika ingin makan mi instan, saya dikejutkan dengan mi instan merk lain yang waktu saya coba ternyata rasanya.. enak juga. Setelah itu saya pikir, mungkin saya harus bagikan ulasan saya tentang mi instan yang saya coba dari berbagai merk itu.

Sebagai panduan, ulasan ini dan ke depan nanti akan membahas soal tampilan kemasan, harga, porsi, kalori, tekstur, aroma, rasa, bahan pelengkap, perbandingan rasa dengan makanan aslinya, halal atau tidak halal. Untuk cara memasaknya saya akan ikuti persis seperti panduan di kemasan, juga mungkin memberikan tips bagaimana agar jadi lebih enak.

Saya akan mulai perjalanan mengulas mi instan ini dari Mi ABC Rasa Ayam Bawang. Mi ini adalah salah satu yang ada dalam paket bantuan sosial dari pemerintah selama COVID-19, kalau bukan karena itu mungkin butuh waktu lama bagi saya untuk membelinya karena jujur saja selain tidak pernah melihatnya, kemasannya pun kurang menarik. Ketika saya googling gambar kemasannya ternyata ada dua versi, saya tidak tau pasti apa memang beda komposisinya atau hanya beda kemasan saja. Ada yang tau bedanya apa? Nanti kalau ketemu kemasan yang satu lagi saya coba juga deh.

Kemasan Mi ABC Rasa Ayam Bawang yang saya coba kali ini.

Dari kemasannya sih tercantum kalau mi ini bersertifikat halal. Berat bersihnya 65 gram dengan total kalori 300 kcal per sajian. Harga per bungkusnya saya tidak tau pasti tapi sepertinya masih di bawah 2000 rupiah, rata-rata 1800. Dengan begitu biaya per 100 kalorinya adalah 600 rupiah. Nanti kalau ada mie lainnya kita akan bandingkan angka-angka ini.

Untuk mi mentahnya rasanya cukup enak, baunya juga tidak aneh. Dalam kemasan juga ada bumbu, bubuk cabe dan minyak. Bungkusan minyak dan bumbunya cukup mudah dibuka dengan tangan. Kita langsung coba masak ya.

Seperti yang saya sebut sebelumnya, saya mengikuti cara memasak dari kemasan. Katanya sih pakai air 400ml, lalu ketika sudah mendidih, mie dimasukkan dan direbus selama 3 menit. Sementara itu bumbu dan minyaknya dimasukkan ke dalam mangkok.

Setelah 3 menit mi dan air rebusannya saya tuang ke mangkuk, kemudian saya aduk. Bagaimana aromanya? Sebelum masuk ke mulut, samar-samar tercium aroma bubuk cabe, bisa dibilang aroma ayam dan bawangnya malah tidak terasa.

Tampilannya begitu pucat, juga seperti kebanyakan air. Saya sebenarnya kurang suka mie jika kebanyakan air. Bagaimana dengan rasanya ketika masuk ke mulut? Tidak begitu asin. Rasanya sama seperti aromanya dan bisa ditebak dari penampilannya, nyaris tidak terasa khas ayam bawang. Malah rasanya seperti mi dengan micin atau kalau tanpa diberitahu ini mi rasa apa, saya mungkin menebaknya rasa kaldu ayam.

Tapi harus saya akui minya sendiri enak, mulai dari tekstur yang pas, matang hingga ke dalam tapi tidak terlalu lembek, masih kenyal dan terasa menyatu ketika dimakan dengan kuahnya. Saya rasa waktu memasak 3 menit itu sudah cukup, hanya saja untuk percobaan berikutnya saya akan menggunakan air lebih sedikit, mungkin 350ml supaya rasanya lebih kuat.

Setelah memakan mi ini mulut juga tidak terasa asam ataupun pahit. Cukup ringan di mulut dan di perut, alias gak mengenyangkan. Kalau begitu makan 2 bungkus aja, ya? Hm, sebaiknya tidak memakan dalam jumlah banyak karena ternyata dalam sebungkus Mi ABC Rasa Ayam Bawang ini kandungan natriumnya cukup tinggi, yaitu 950mg (63% dari AKG) dan kalau dilihat dari informasi nilai gizinya sih tidak mengandung vitamin. Sebagai saran, tambahkan sayur dan juga telur untuk menambah asupan protein kalian.

Segitu dulu ulasan dari saya, buat kalian yang sudah mencoba Mi DAAI Rasa Soto ini, kalian juga bisa lho ikut menambahkan skor lewat kolom komentar di bawah.

Baca juga review Mi Instan lainnya yang saya tulis di sini.

Mi ABC Ayam Bawang

Rp. 1800
5.1

Rasa

6.0/10

Porsi

4.2/10

Aroma

5.0/10

Keunggulan

  • Murah
  • Rasa mi yang enak
  • Aftertaste yang baik

Kekurangan

  • Kuah tidak terasa ayam bawang
  • Gizi yang rendah
  • Porsi kecil

Tentang penulis

Beri Komentar

fifteen + 14 =

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories