Waspada Penipuan Titip Dana di Qupo / Nino

W

Beberapa waktu yang lalu saya melihat iklan investasi yang muncul di timeline saya. Iklan tersebut memperlihatkan seorang perempuan yang menggunakan aplikasi bernama Qupo, tapi tampaknya ia sendiri tidak terlalu menguasai aplikasi tersebut. Saya yang penasaran kemudian coba melihat aplikasi ini di Play Store, Qupo – Platform Titip Dana Trading.

Dalam deskripsinya tertulis: Qupo adalah platform untuk menitipkan dana ke trader di seluruh dunia. Terlampir pula beberapa alasan kenapa memilih Qupo sebagai berikut:

  • Trader terbaik di seluruh dunia
  • Aplikasi yang mudah digunakan
  • Dipercaya jutaan orang di seluruh dunia
  • Support 24 jam
  • Dan masih banyak lagi

Kita akan mencoba menguji satu persatu klaim tersebut. Apakah aplikasi Qupo bentuk investasi bodong? Apakah Qupo penipuan?

Pertama, soal trader terbaik di seluruh dunia. Saya coba melihat daftar trader dalam aplikasi Qupo, saya mencatat beberapa nama dari sana kemudian coba mencarinya di Google. Ternyata nama para tradernya diambil dari daftar nama-nama trader di ZuluTrade. Bagi yang belum tau, ZuluTrade adalah layanan trading otomatis yang cukup populer yang memungkinkan penggunanya untuk menyalin pedagang lain. Konsep itu lah yang ‘katanya’ juga dilakukan oleh Qupo untuk menambah penghasilan Anda, yaitu copytrading.

Jika demikian, apakah trader Qupo sama dengan trader di ZuluTrade? Mari kita cek dari salah satu trader di Qupo yang bernama OllyFXTrading. Pada deskripsi OllyFXTrading tertulis: Mostly Trading EUR/USD and GBP/USD. Artinya, OllyFXTrading sebagian besar memperdagangkan pair EUR/USD dan GBP/USD, dua pair ini adalah pair major dalam dunia forex. Deskripsi tersebut sama persis dengan yang ada pada profil OllyFXTrading di ZuluTrade. Namun, saya lihat dari trade yang dilakukan di Qupo, history posisi yang dibuka berbeda dengan yang ada pada ZuluTrade. Artinya trading yang dilakukan tidak sama.

Profil OllyFXTrading pada ZuluTrade, history trading menunjukkan pair GBP/USD
Profil OllyFXTrading pada Qupo, history trading menunjukkan pair yang acak.

Pada ZuluTrade, trader OllyFXTrading memang seringkali membuka posisi EUR/USD dan GBP/USD. Tidak demikian di Qupo, OllyFXTrading membuka pair bermacam-macam dan berbeda dari yang ada pada histori di ZuluTrade. Ini adalah hal yang aneh bagi saya, biasanya seorang trader profesional fokus pada beberapa pair saja.

Dugaan 1: Trader di Qupo fiktif atau tidak benar-benar ada.

Klaim berikutnya adalah soal aplikasi yang mudah digunakan. Saat saya menjajal aplikasinya, memang benar aplikasinya sangat mudah digunakan, namun jika tidak jeli kita bisa-bisa jadi lupa memperhatikan aspek lain dari aplikasi ini. Misalnya, pada halaman Tentang Kami isinya malah sama saja dengan halaman Tanya Jawab.

Aplikasi terkesan asal-asalan karena isi bagian Tentang Kami dan Tanya Jawab hanya copy paste.

Halaman Tentang Kami seharusnya menjelaskan apa itu Qupo, apa nama perusahaannya, di mana alamatnya, bagaimana cara kerjanya dan sebagainya. Halaman Tanya Jawab seharusnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pengguna seperti cara memulai menggunakan aplikasi, cara deposit, menarik dana. Sayangnya itu semua tidak dijelaskan, hanya tertulis: “Pengguna tidak perlu repot ketika berdagang di pasar keuangan global dan Trader mendapatkan tambahan modal untuk memulai berdagang”. Tapi apakah benar demikian? Kita menitipkan uang ke trader di perusahaan apa? Apakah orangnya nyata dan benar-benar ada?

Ternyata, jika di cari di google pun, tidak ada alamat kantor yang jelas. Saat ingin mentransfer hanya ada tulisan PT. Tanam Uang Indonesia. Tapi di mana alamat PT. Tanam Uang Indonesia? Mengapa ini tidak dicantumkan di aplikasinya? Bagaimana soal izin usahanya?

Dugaan 2: Legalitas perusahaan aplikasi Qupo tidak jelas.

Klaim selanjutnya adalah: Qupo dipercaya jutaan orang di seluruh dunia. Benarkah demikian? Jika Qupo dikenali oleh jutaan orang di seluruh dunia, maka seharusnya informasi soal Qupo akan mudah kita temukan di internet, karena pastinya dari jutaan orang tersebut ada yang membicarakannya karena bahagia mendapat uang tambahan, atau minimal website perusahaannya mudah ditemui di internet. Tapi nyatanya bahkan kita tidak dapat menemukan website resmi dari perusahaan ini. Tidak ada pula review yang jelas dari penggunanya di internet. Pada halaman Syarat & Ketentuan, terdapat informasi bahwa perdagangan dilakukan oleh Perusahaan yang bernama Qupo Market Ltd dan memiliki website dengan domain qupofx.com. Sayangnya kita tidak dapat menemukan informasi mengenai Qupo Market Ltd maupun qupofx di Google.

Keterangan nama dan website perusahaan dalam laman Syarat dan Ketentuan.

Dalam halaman Syarat dan Ketentuan tersebut memang tercantum alamat legal perusahaan yaitu:

Suite 305, Griffith Corporate Centre, Beachmont, Kingstown, St. Vincent and the Grenadines.

Perlu diketahui banyak perusahaan palsu yang menggunakan alamat tersebut.

Dugaan 3: Qupo Market Ltd perusahaan fiktif.

Selanjutnya kita uji mengenai klaim Support Qupo yang disebutkan melayani 24 jam. Qupo dalam aplikasinya menawarkan 3 cara untuk menghubungi tim bantuannya, yaitu chat dari aplikasi Qupo, melalui whatsapp dan opsi lainnya melalui email. Saya tertarik mencoba hubungi melalui Whatsapp ke nomornya yang tertera di aplikasi, yaitu: 081226004577. Saya coba meminta bantuan karena saya mengalami kegagalan saat penarikan saldo. Saya menanyakan penyebab kegagalan tersebut, tim support tidak menjawab apa penyebabnya, saya hanya disuruh mengulangi kembali penarikan dana.

Dari sini kecurigaan saya bertambah, saya coba cek nomor Support Qupo (081226004577) di aplikasi Getcontact, lalu saya menemukan 6 tag yang dikaitkan dengan nomor tersebut, yaitu: Uangi, Invest Uangi, Uangi CS, Tipu, PT. Tanam Uang Indonesia dan Penipu.

Nomor Whatsapp CS Qupo (kiri) sama dengan CS Uangi yang dicatat sebagai penipu, terlihat dari aplikasi Getcontact (kanan).

Apa itu Uangi? Uangi ternyata adalah aplikasi yang mengeklaim dapat menggandakan uang. Tidak jelas pula bagaimana prosesnya. Aplikasi Uangi ini pun tidak tersedia lagi di Play Store. Jangan-jangan aplikasi Uangi setelah terdeteksi menipu kemudian menghilang dan mengganti nama dan tampilannya sebagai aplikasi Qupo?

Dugaan 4: Qupo merupakan pemain lama dengan nama baru.

Hal-hal di atas sebenarnya sudah merupakan tanda cukup jelas untuk tidak berinvestasi atau menitip dana Anda di Qupo. Pertama, cara kerjanya tidak jelas, perusahaannya tidak jelas, kepada siapa kita menitip uang pun tidak jelas. Karena itu saya menyimpulkan aplikasi Qupo adalah penipuan atau SCAM yang kemungkinan besar pelakunya sama dengan Uangi, mereka menggunakan nama baru untuk mengincar korban baru.

Sebelum berinvestasi, perhatikan dengan betul rekaman perusahaan tempat Anda menaruh uang. Review atau ulasan dari mereka yang berhasil menarik uangnya saja tidaklah cukup karena review atau testimoni tersebut bisa saja karangan untuk tipuan, coba perhatikan apakah ada orang yang tidak bisa menarik uangnya? Dalam hal ini saya berhasil mencoba menarik uang, tapi itu pun bukan merupakan jaminan, karena banyak investasi bodong yang awalnya bisa ditarik tapi di kemudian hari Anda tidak dapat menarik uang Anda kembali karena orangnya kabur.

Lalu dari mana Qupo bisa memberikan uang kepada penggunanya?

Karena trading yang dilakukan fiktif, maka admin aplikasi Qupo bisa melakukan gonta-ganti soal siapa yang untung dan siapa yang rugi sesuka hatinya. Misal, saat saya menitip dana ke OllyFXTrading lalu OllyFXTrading dikatakan profit, maka admin harus membuat trader yang lain rugi, supaya duit yang rugi dialirkan ke yang profit. Saat ini Trader yang paling banyak dititipkan dana sejauh pengamatan saya adalah ymentan881 (peringkat 1) yang dikatakan mengelola duit sebesar 840juta rupiah dengan jumlah penitip 796 orang. Tapi dari ulasannya banyak yang mengalami kerugian. Sedangkan OllyFXTrading hanya mengelola sebesar 137juta rupiah dari 200 orang. Nah, dugaan saya dana kerugian dari ymentan881 ini dialirkan ke OllyFXTrading saat profit, begitu pun sebaliknya, saat OllyFXTrading rugi, dana titipannya dialirkan ke ymentan881. Resiko di tangan Anda sendiri untuk mengikuti ‘permainan’ ini. (Catatan: ymentan881 juga salah satu trader yang aslinya melakukan perdagangan di ZuluTrade, tapi dugaan saya yang ada di Qupo adalah palsu).

Bagi Anda yang ‘berinvestasi’ di sana, segera tarik uang Anda sebelum lenyap. Bagi kalian yang kesulitan mencairkan dana dari Qupo bisa share di kolom komentar ya.


[UPDATE] 19 Juli 2020: Pemilik app Penipu Qupo membuat review palsu mengatasnamakan website saya.

Saat saya sedang mencari keyword Qupo Penipuan di Google, ternyata sang penipu membuat duplikat situs saya berpura-pura memberi review positif terhadap Qupo. Domain tersebut baru dibeli pada tanggal 2 Juli 2020 dengan nama zakwaannur.com (meniru situs asli saya: zakwannur.com bedanya terdapat 2 huruf aa sebelum nnur)

Hasil pencarian saya menemukan identitas oknum tersebut adalah:
Nama: Yuda Susanto
No. Telp: 0811240797

Nama pemilik domain palsu tersebut, yakni Yuda Susanto, sama dengan nama orang yang melakukan transaksi ketika Anda mendapatkan “profit” dari Qupo (Ketika Anda menarik uang dari Qupo, pengirim sebenarnya adalah Yuda Susanto.)

Kepada mas Yuda Susanto, sebaiknya segera hapus tulisan review palsu tersebut.


[UPDATE] Agustus 2020: Pengguna melaporkan aplikasi Qupo menghilang dan berganti nama menjadi Nino.

Tentang penulis

39 Komentar

  • Baru coba instal apk Qupo FX, awalnya emang sempat curiga trus sy coba cari tau, eh bener aja gak ada info yg valid sama sekali ttg perusahannya.

    • Saya cek yang review aplikasinya di Play Store semakin banyak, artinya penggunanya lumayan bertambah. Semoga tidak banyak yang jadi korban, karena sudah muncul beberapa review yang bilang tidak berhasil withdraw.

      • benar tidak akan berhasil withdraw.pertama nya saja lancar biar terpancing untuk investasi lebih banyak.selanjutnya wassalam….hhhh

        • QUPO beneran penipuan. Tanpa saya mesti nyoba pun udah tau. Mereka bikin2 sendiri web berita bodong kayak beritadetikku yg tampilannya mirip m.detik.com
          https://beritadetikku.com/viral/ibu-wiji-menggandakan-uangnya/
          Setelah baca beritanya, mau klik tombol apapun di sana dialihkannya ke App Store download Qupo. Komen di web itu jg bodong semua. Gila sih usahanya nipu. Yg nipu ini beneran paham dunia internet.

    • saya sudah mencoba karena penasaran, makanya saya tidak banyak untuk investasinya hanya di bawah 500 ribu. jangan pernah mencoba ini penipuan.waktu pertama tarik dgn profit gak masuk akal dan tidak sesuai info yg didapat lancar dalam tidak kurang dari 5 menit memang dana masuk ke rekening.. selanjutnya mencoba invest lagi dengan sedikit ditambah tapi saya sebenarnya masih ragu.benar terjadi mulai los dan los.akhirnya dana saya coba tarik lagi. ternyata apa yang jadi firasat saya benar.jawaban verifikasi terus. kemudian di jawab oleh support akan masuk 3 x 24 jam. hari kedua saya coba buka aplikasi sudah tidak bisa. ini adalah cyber crime.polisi atau petugas yg terkait sudah ada di berita TV dengan tertangkapnya orang2 asing (cina,nigeria dll) yg tertangkap di hotel dan vila. mereka melakukan forex?? kenapa harus forex di indonesia?? kasihan orang2 yg tertipu terutama orang indonesia pak polisi.terimaksih

  • saya baru saja berifestasi di Qupo,tertarik karena saya membaca pengalaman mereka yang berhasil.apakah masih bisa dana saya tarik kembali.mohon bantuanya untuk yang lebih mengerti.

  • Saya sudah investasi dan sudah withdraw juga hasilnya… Modal investasi awal saya sdh balik… Yg sekarang di investasi kan adalah profitnya…

    Jgn suka menduga duga kalau tidak paham…

    • Ya memang bisa dibayar selama ada uang masuk dari anggota baru.
      Saya paham dunia forex dan copytrading. Perdagangan yang dilakukan di Qupo itu palsu, bukan benar-benar berinvestasi.

      • iya memang bukan palsu.kalau perkiraan say mereka yang bekerja sama orang asing yang suka tertangkap di hotel dan apartemen dengan bekerja sama dengan sindikat indo tentunya (cyber crime)

      • Bang, ini platrfom yg bisa titip dana juga, apa gmna?, soalnya saya udh join di qupo dan hasilnya los semua..

        • Loss itu hal yang biasa di copytrading, terlebih kalau kita salah memilih tradernya. Tapi yang di Qupo bukan loss beneran karena tradingnya fiktif.

    • Mungkin perangkat Anda kena malware, atau itu situs-situs sejenis yang sering Anda kunjungi karena beberapa iklan mentarget orang yang dianggap tepat. 🤭
      Jika Anda nonton Youtube, iklan yang muncul di sebuah video akan berbeda-beda di setiap orang tergantung rekam jejak orang/perangkat tersebut di internet.

  • Setuju, Qupo model baru app penipuan. Aku coba investasi 200.000, saat akan tarik dana kembali. Diminta tunggu 3 hari kerja. Saat 3 hari kerja jatuh tempo. Aplikasi di handphone tidak bisa dibuka kembali. Akun yang terdaftar di lock. Waspada terhadap penipuan model Qupo.

  • Iklan qupo muncul di youtube, sy cari di google dan ketemu artikel ini, sy baca, lalu sy donlot apk nya utk beri rating bintang 1 dan laporkan apk krn penipuan, tak lupa sy komentar dengan menautkan website ini ke halaman komentarnya, agar yg lain mengetahui.
    Bagi mereka yang biasa membaca sebelum membeli, nasib baik lah untuk kita².. hahahahaa..
    Buat yg sudah tertipu, sy turut prihati dan lain kali waspada, biasakan membaca.. tks

  • Qupo sekarang sudah gak bisa di akses….
    Sejak tanggal 5 Agustus semua treder berhenti dan menunjukkan semuanya lost….
    Nah ada aplikasi yang serupa baru muncul sejak tanggal 12 Agustus namanya NINO di play store sama persis cuma ganti nama aja kayaknya

    • Terima kasih infonya mas, setelah saya cek aplikasi Nino – Titip Dana Trading ternyata sama persis 😂. Hanya beda nama dan logo saja.
      Semoga tidak banyak korban penipuan Nino.

  • Saya ketipu di Nino 500rb, awalnya depo 200rb, trs bbrp harinya saya wd.lancar sekali.Kemudian saya depo lg 500rb, loss bbrp kali.sisa cb saya wd tp menu wd nya sudah ngga ada. Bener2 penipu. Sekarang aplikasinya pun udah ngga ada di app store.Nyoba komplin lwt email, ngga trkirim, katanya alamat email ga valid.Duhh nasib, jaman susah gini lagi, tega2nya nipu

  • Boz saya mengalami kesulitan penarikan dana dari aplikasi Nino,, yg pertama proses gagal padahal nama sama no rencana. Nya udh sama,, yg kedua udh 3 hari keterangan “dalam proses”..
    Ada solusi gak boz…

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories