Tulisan Hilang Saat Laminating? Ini Cara Mengembalikannya

T

Hari ini saya melihat satu postingan di Facebook, seorang Ibu sedih karena tulisan pada ijazah SD anaknya hilang setelah dilaminating. Ia membagikan foto dokumen tersebut dengan caption: “Ada yg pernah ga ngalamin kejadian laminating izasah kok tulisanx semua hilang gimana ini kemana harus ngurusnya”.

Status facebook

Antara sedih tapi bikin heran sekaligus lucu juga, kok bisa tulisannya hilang begitu saja? Bagaimana penjelasannya?

Saya menduga-duga kemungkinan yang terjadi. Ada salah satu netizen yang berkomentar di sana mengatakan: “Karena tinta pulpen nya nga tahan buat panas dan ultraviolet”.

Hmm, jadi dugaannya panas dalam proses laminasi membuat tinta tulisan pada ijazah tersebut hilang. Jujur saja saya sendiri baru tahu ada tinta yang bisa hilang jika kena panas. Saya mencari di Google soal ini, ternyata namanya adalah Erasable Pen. Saya menemukan beberapa merek pulpen dengan teknologi ini, di antaranya Pilot dan Kenko, yang paling terkenal adalah Pilot dengan nama FriXion. Selanjutnya saya mencari cara kerja pulpen FriXion, kenapa tintanya bisa dihapus? Ternyata rahasianya ada pada tinta termokromik (termokromatik) yang dapat berubah warna tergantung pada perubahan suhu. Tinta termokromik ini juga bisa menjadi transparan saat terkena panas, prinsip inilah yang digunakan saat menghapus tinta erasable pen. Gesekan penghapus pada kertas menyebabkan panas, yang pada akhirnya mengubah warna tinta menjadi transparan.

Lalu bagaimana cara mengembalikan tulisan dari tinta yang hilang karena terkena panas?

Saat sedang mencari tahu soal Pilot FriXion, kebetulan saya menemukan sebuah video di Youtube mengenai uji coba Pilot Frixion pada suhu panas dan dingin.

Secara mengejutkan, cara mengembalikan tulisan yang hilang saat terkena panas itu sangat sederhana. Caranya? Berikan suhu dingin atau letakkan saja di kulkas (hati-hati, jangan sampai basah). Jangan panik, kabar baiknya adalah Anda tidak perlu repot-repot mengurus persoalan ijazah ini ke pihak sekolah.

Saya coba memberi tahu cara ini ke Ibu tadi, syukurlah beliau mengabarkan setelah ditaruh di kulkas tulisan pada ijazah anaknya kembali lagi. Bagi Anda yang mengalami kejadian serupa, cara ini patut dicoba.

Saat tulisan pada ijazah hilang karena dilaminasi (kiri) dan sesudah ijazah diletakkan ke dalam kulkas (kanan). Sebagian data saya blur.
Saat tulisan pada ijazah hilang karena dilaminasi (kiri) dan sesudah ijazah diletakkan ke dalam kulkas (kanan). Sebagian data saya blur.

Jadi, ketika tulisan pada dokumen penting Anda hilang saat dilaminasi, jangan buru-buru menyalahkan tukang laminatingnya, ya. Kesalahan ada pada yang menulis dengan tinta yang dapat dihapus jika kena panas (erasable pen). Dalam kasus ijazah tadi, mungkin maksud yang menulisnya agar jika terjadi kesalahan saat mengisi data di ijazah bisa langsung dihapus. Tapi kalau ternyata setelah dihapus kemudian ditimpa dengan tulisan baru, bisa-bisa saat kena dingin tulisan yang lama muncul kembali dan jadi tertimpa. Intinya sih, sebisa mungkin hindari menulis hal penting dengan erasable pen jika tidak ingin tulisannya hilang karena hal sepele seperti saat dokumen tertinggal di dalam mobil yang panas.

Tentang penulis

Beri Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories