Subtitle – Cosmos: Possible Worlds episode 1

S

Cosmos: Possible Worlds merupakan serial TV dokumenter sains yang merupakan lanjutan dari Cosmos: A Spacetime Odissey (2014). Cosmos: Possible Worlds sempat ditunda penayangannya selama satu tahun karena kasus yang menimpa hostnya, Neil deGrasse Tyson. Setelah dilakukan investigasi akhirnya musim ini dirilis pada Maret 2020.

Seperti Cosmos: A Spacetime Odissey, kali ini saya coba membuat subtitle Bahasa Indonesia untuk Cosmos: Possible Worlds agar teman-teman yang memerlukannya bisa menonton dengan nyaman.

Episode pertama berjudul Ladder to the Stars bercerita tentang bagaimana satu perubahan kecil dalam DNA suatu makhluk menghasilkan keturunan berupa spesies baru yang kemudian berhasil menguasai Bumi dan berambisi menuju bintang-bintang, bagaimana revolusi pertanian mengubah segala aspek hidup manusia, diceritakan pula soal Baruch Spinoza dan pandangannya terhadap alam atau ketuhanan. Selain itu yang paling menarik adalah kisah aliansi dua kerajaan yaitu Kingdom Animalia (hewan) dan Kingdom Plantae (tumbuhan) serta pengkhianatan yang terjadi di antara keduanya.

Tema besar dari episode pertama adalah soal posisi kita sebagai spesies yang kini bisa jadi penyebab kepunahan massal berikutnya, tapi hal tersebut masih bisa kita cegah dan kita masih punya mimpi untuk mencapai bintang-bintang lain. Mimpi seperti proyek Starshot untuk mempelajari keberadaan dunia lain di sekitar bintang Proxima Centauri, yang mungkin bisa jadi tempat bagi umat manusia berikutnya.

Subtitle Bahasa Indonesia yang saya kerjakan bisa didownload di Subscene. Kalau berkenan mohon beri rating di Subscene ya.

Semoga terjemahannya mudah dimengerti dan selamat menonton.
Subtitle episode lanjutannya akan menyusul. 😀

Tentang penulis

Beri Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories