homepage + blog

Cara Transfer Beda Bank Gratis Tanpa Biaya Admin – Flip vs OY!

C

Sebagian dari kita mungkin terpaksa harus membayar biaya sekitar Rp 6.500 saat ingin mentransfer ke rekening bank yang berbeda. Sekilas biaya 6.500 rupiah memang kecil, tapi jika transfer antar bank itu sering dilakukan? Biaya yang dikeluarkan jadi lumayan banyak, lho.

Kapan sih transfer antar bank ini sering terjadi? Mungkin yang paling merasakan manfaat dari cara transfer beda bank tanpa biaya ini adalah pemilik rekening dari bank yang tidak lazim digunakan oleh orang lain. Contohnya adalah saudara saya (sebut saja Mawar) yang menutup akun bank konvensionalnya dan beralih ke bank syariah, padahal orang di sekitarnya masih menggunakan bank konvensional. Saya yang memiliki rekening bank yang umum digunakan seperti BCA, BNI, Mandiri, Permata terpaksa mengeluarkan biaya ekstra jika ingin bertransaksi dengan Mawar dan parahnya lagi Mawar suka meminjam rekening saya dan diberikan ke orang lain untuk menerima transferan yang dituju padanya. Lalu uang tersebut disimpan di rekening saya dan di lain kesempatan, Mawar meminta bantuan saya untuk mentransfer uangnya yang ada pada saya ke rekening bank milik orang lain yang sama dengan rekening bank saya.

Kita coba buat alurnya ya, jika:

  • Budi punya rekening Mandiri
  • Zakwan punya rekening Mandiri dan BCA
  • Yono punya rekening BCA
  • Mawar punya rekening Muamalat

Lalu Budi ingin mentransfer ke Mawar, Mawar meminjam nomor rekening Zakwan, kemudian minta tolong ditransfer ke rekening Yono, maka alurnya:

Mandiri Budi → Mandiri Zakwan | BCA Zakwan → BCA Yono

Bisa dilihat Mawar sama sekali tidak menggunakan rekeningnya dalam transaksi di atas, tetapi saya yang repot.

Saya pun mencari solusi bagaimana cara mentransfer beda bank dengan biaya yang lebih kecil atau gratis. Pencarian saya berujung pada sebuah layanan bernama Flip, tapi bukan itu saja, belakangan saya juga menemukan aplikasi bernama OY! Indonesia. Prinsip atau cara kerja kedua aplikasi ini sebenarnya hampir sama seperti ketika Mawar meminjam rekening saya untuk menerima uang dan meminta bantuan saya untuk mengirim uang. Bedanya, pihak aplikasi tersebut punya rekening bank yang lebih beragam daripada saya.

Cara penggunaan, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi tersebut akan saya bahas secara singkat di sini.

Flip

Pertama kali saya mengenal Flip adalah pada tahun 2015. Saat itu Flip belum tersedia dalam bentuk aplikasi, untuk menggunakan layanannya harus melalui situs web dan fitur serta bank yang didukungnya pun sangat terbatas. Mungkin bisa dibilang Flip adalah pelopor layanan transfer antar bank gratis di Indonesia. Flip juga sempat dihentikan karena permasalahan izin tapi sekarang Flip sudah terlisensi dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Pengguna Flip bisa mengirim uang ke 14 bank di Indonesia tanpa biaya alias gratis. 14 bank yang didukung Flip adalah BRI, BCA, BNI, Mandiri, Mandiri Syariah, BNI Syariah, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, BTPN, BTPN Wow, Jenius, Permata dan Permata Syariah.

Mari kita coba penerapan Flip pada contoh kasus Mawar, Zakwan, Budi dan Yono seperti yang disebutkan sebelumnya. Flip bisa mengganti peran Zakwan di sini, sehingga jika Mawar menggunakan layanan Flip cara kerjanya begini: Mawar memasukkan rekening Yono sebagai tujuan, kemudian memberikan rekening Flip pada Budi beserta jumlah yang harus ditransfer. Alur transaksinya begini:

Mandiri Budi → Mandiri Flip | BCA Flip → BCA Yono

Bisa dibilang saat menggunakan layanan Flip, Mawar tidak perlu menggunakan rekeningnya sama sekali. Singkat dan mudah kan? Tetapi ada kekurangannya juga lho, sebelum kita bahas lebih lanjut kita lihat cara daftar dan penggunaannya dulu ya

Cara Daftar Akun Flip:

  • Kunjungi flip.id atau download aplikasi Flip.
  • Daftar Flip.
    Isi nama lengkap sesuai identitas, email, password dan nomor handphone (untuk menerima kode verifikasi)
  • Setelah menerima kode verifikasi, lengkapi data diri.
    Data yang diperlukan pada tahap ini adalah pekerjaan, tempat tanggal lahir, dan alamat tempat tinggal.
  • Akun siap digunakan untuk mentransfer uang.
    Jumlah maksimal yang bisa ditransfer sebelum verifikasi adalah Rp 500 ribu.

Cara verifikasi akun Flip

Jika ingin mentransfer dalam jumlah yang lebih besar dari 500 ribu rupiah atau ingin menggunakan seluruh fitur Flip, maka pengguna harus memverifikasi akun.

Verifikasi akun dapat dilakukan dengan foto kartu identitas (KTP, SIM, Paspor), foto wajah dan selfie sambil memegang kartu identitas yang dipilih. Sistem Flip kemudian akan melakukan pencocokan wajah secara otomatis. Jika proses pencocokan berhasil, maka Flip akan melakukan validasi data yang diinput sebelumnya. Proses tersebut bisa membutuhkan waktu selama 1 hari kerja.

Cara kirim uang beda bank lewat Flip

  1. Klik tombol “Kirim Uang
  2. Pilih bank yang dituju, masukkan rekening tujuan dan verifikasi rekening dengan tombol “Cek Nama.”:
  3. Isi jumlah uang yang ingin ditransfer pada kolom nominal
  4. Jika data sudah benar, klik “OK, Data sudah benar
  5. Pilih bank yang akan kamu gunakan untuk mengirim uang ke Flip.
  6. Flip akan menampilkan cara untuk mentransfer uang ke rekening mereka sebelum diteruskan ke rekening tujuan.
  7. Transfer uang sesuai instruksi sebelumnya, biasanya disertakan kode unik 3 digit.
  8. Setelah melakukan transfer, konfirmasi dengan tekan tombol SAYA SUDAH TRANSFER.
  9. Flip memproses transaksi dan mengirim bukti transfer ke email Anda.

Fitur-fitur Flip

Selain mengirim uang melalui aplikasi Flip, pengguna juga dapat membeli pulsa, mengisi paket data, menarik saldo dari kode unik yang telah terkumpul dan membuat refund jika terjadi kesalahan pada saat transaksi.

Kelebihan Flip

  • Akun yang belum diverifikasi bisa langsung digunakan untuk mentransfer (dalam jumlah terbatas) setelah pendaftaran selesai.
  • Tahapan transfer yang relatif singkat.
  • Bisa ditransfer dari rekening siapa pun (tidak harus dari rekening pemilik akun Flip itu sendiri), sehingga bisa digunakan untuk orang lain.
  • Layanan bisa diakses tanpa harus install aplikasi.
  • Aplikasi yang ringan.
  • Layanan support, panduan atau bantuan mudah diakses.
  • Tersedia dalam Bahasa Indonesia dan punya tampilan yang ramah terhadap pengguna yang gaptek.
  • Proses refund yang mudah.
  • Ada fitur Big Flip untuk perusahaan atau solusi bisnis, bisa kirim uang ke ratusan hingga ribuan rekening tujuan dengan sekali proses.

Kekurangan Flip

  • Seluruh metode transfer harus menggunakan 3 digit kode unik, sehingga harus mentransfer lebih dari jumlah yang diinginkan.
  • Tidak beroperasi 24 jam, transaksi hanya diproses di jam 08.00-20.00 WIB.
  • Tidak beroperasi di hari libur nasional.
  • Hanya bisa transfer ke 14 bank.
  • Transaksi gratis hanya sampai Rp 5 juta per hari.
  • Jika melewati batas harian (Rp 5 juta) akan dikenakan biaya Rp2.500.

Flip banyak kelebihannya, kan?

Berikutnya saya akan membahas segi yang sama dari pesaing Flip, yaitu OY! Indonesia.

OY! Indonesia

Suatu hari, karena layanan Flip sedang tidak beroperasi, saya mencari alternatif aplikasi yang bisa mengirim ke bank berbeda tanpa dikenakan biaya admin. Saya menemukan aplikasi OY! Indonesia di akhir tahun 2019. Tak disangka ternyata OY! Indonesia memberikan apa yang tidak ditawarkan oleh Flip. Cara kerjanya sedikit mirip dengan Flip. Kita akan pakai lagi contoh kasus seperti kisah sebelumnya ketika Mawar ingin menerima uang dari Budi dan mengirimnya ke Yono. Bagaimana OY! Indonesia bisa membantu Mawar?

Mawar bisa memberikan rekening OY! Indonesia kepada Budi, namun dana yang diterima tidak langsung dikirim ke rekening Yono. Mawar harus membuat transaksi baru untuk mengirim ke rekening Yono. Terdapat dua proses yang berbeda di sini, yaitu Mawar menerima dan Mawar mentransfer. Alur yang terjadi kira-kira seperti ini:

Mawar menerima

Mandiri Budi → Rekening Virtual Mandiri Mawar dari OY! → Muamalat Mawar

Mawar mentransfer

Muamalat Mawar → Muamalat OY! | BCA OY! → BCA Yono

Dengan menggunakan OY! Mawar mendapatkan rekening virtual untuk menerima transferan. Untuk mengirim ke Yono, Mawar tidak bisa memberikan rekening OY! kepada Budi, karena syarat untuk mengirim ke Yono adalah harus ditransfer oleh rekening yang didaftar Mawar di akun OY!.

Proses yang agak rumit ini dan membingungkan ini bisa jadi salah satu kelemahan sekaligus kelebihan dari OY! sendiri karena pengguna wajib menambahkan rekeningnya terlebih dulu dalam aplikasi OY! untuk digunakan bertransaksi.

Sebelum dibahas lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangannya, kita lihat dulu cara pendaftaran OY! Indonesia ya.

Cara Daftar Akun OY! Indonesia

  • Download Aplikasi OY! Indonesia
  • Masukkan nomor HP, pilih kirim konfirmasi melalui SMS atau WhatsApp.
  • Cek kode konfirmasi dari SMS atau WA, masukkan kode tersebut untuk login.
  • Membuat PIN 6 angka (dan fingerprint jika ada) untuk masuk ke aplikasi OY! Indonesia nantinya.
  • Masukkan alamat email, nama lengkap dan tanggal lahir.
  • Pada halaman utama aplikasi, tambahkan akun bank.
  • Pilih bank yang dimiliki dan masukkan nomor rekening.

Pendaftaran telah berhasil tetapi agar bisa menikmati seluruh layanan Oy! Indonesia, perlu dilakukan verifikasi data diri.

Cara Verifikasi Akun OY! Indonesia

Untuk menggunakan seluruh fitur OY! Indonesia, perlu dilakukan verifikasi. Tidak seperti Flip yang langsung bisa digunakan untuk transfer uang (dengan jumlah terbatas) tanpa perlu verifikasi.

Verifikasi akun dapat dilakukan dengan memasukkan detail KTP, mengupload foto KTP dan selfie sambil memegang KTP. Jika dilakukan dengan benar, maka tinggal menunggu hasil validasi dari tim OY! Indonesia. Proses tersebut bisa membutuhkan waktu selama 1 hari kerja.

Cara Kirim Uang Beda Bank lewat OY! Indonesia

Mengirim ke Bank Dalam Negeri

  1. Tekan tombol Transfer
  2. Pilih Local Transfer untuk mentransfer beda bank dalam negeri
  3. Tekan tombol Add New Recipient jika penerima bukan pengguna OY! Indonesia atau pilih dari kontak untuk rekening teman yang telah menggunakan OY! Indonesia
  4. Pilih bank penerima pada Recipient’s Bank
  5. Masukkan nomor rekening pada Account Number
  6. Masukkan nomor HP penerima, klik Continue
  7. Halaman berikutnya akan menampilkan data penerima, kemudian masukkan jumlah yang ingin ditransfer pada kolom Amount
  8. Pilih rekening sumber dana yang akan digunakan pada kolom Source of Fund
  9. Pilih kategori pengeluaran pada kolom Category
  10. Masukkan Note atau Catatan
  11. Pilih metode transfer, misalnya Debit Card, Bank Transfer atau Virtual Account.
    Biaya transfer dari tiap metode transfer akan ditampilkan, mulai dari 0 rupiah hingga Rp2.500.
  12. Jumlah yang harus ditransfer dan cara mentransfer akan ditampilkan pada halaman Transfer Detail. Untuk beberapa metode disertakan 3 digit kode unik dan wajib transfer sesuai jumlah yang ditampilkan.
  13. Lakukan transfer.
  14. Setelah mentransfer, tekan tombol Transfer Confirmation
  15. OY! Indonesia memproses transaksi dan bukti transaksi dapat dilihat di menu History > Completed.

Mengirim ke Bank Luar Negeri

  1. Tekan tombol Transfer
  2. Pilih International Transfer untuk mentransfer beda bank ke luar negeri
  3. Pilih negara tujuan
  4. Pilih bank tujuan
  5. Masukkan nominal
    OY! Indonesia akan menampilkan jumlah yang diterima dalam mata uang asing
  6. Masukkan info penerima
    Nama, bank, nomor rekening, catatan.
  7. Masukkan info pengirim
    Nama, jenis kelamin, tanggal lahir, negara lahir, alamat
  8. Pastikan rincian transfer sudah benar
  9. Pilih metode pembayarannya
  10. Lakukan transfer dan tunggu prosesnya

Fitur-fitur OY! Indonesia

Tak hanya untuk mentransfer uang ke bank yang berbeda-beda di dalam negeri, OY! Indonesia bisa digunakan untuk mengirim uang ke bank di luar negeri. Selain itu melalui aplikasi OY! Indonesia, pengguna dapat melakukan pengisian atau top up beberapa layanan seperti Gopay, DANA, LinkAja, E-Money, PayTren, Rekening Ponsel, NU Cash dan DOKU.

Setiap pengguna OY! Indonesia akan diberikan rekening virtual dari 6 bank, yaitu BCA, Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata dan CIMB Niaga. Rekening virtual ini dapat diakses dari tombol Request, yang kemudian dapat dibagikan kepada orang lain. Nantinya, setiap kali ada yang mengirim ke rekening virtual itu, pengguna akan menerima dananya ke rekening yang telah disimpan di OY! Indonesia secara otomatis tanpa perlu membuat transaksi terlebih dahulu.

Setiap mengirim uang, pengguna wajib memilih kategori transaksi. Hasil pengelompokan transaksi tersebut dapat dilihat di halaman Summary. Ini berguna untuk melihat ke mana sebagian besar uang dikeluarkan.

Pengguna dapat menarik saldo kode unik apabila telah terkumpul sebesar Rp10.000. Selain itu pengguna dapat mengatur PIN dan login menggunakan fingerprint.

Kelebihan Aplikasi OY! Indonesia

  • Beroperasi selama 24 jam
  • Mendukung lebih dari 100 bank
  • Bisa mentransfer ke bank di luar negeri dengan biaya rendah
  • Batas transfer gratis hingga Rp. 50 juta.
  • Bisa benar-benar gratis dan tanpa kode unik jika memilih metode transfer lewat akun virtual
  • Pengiriman yang sangat cepat tanpa antrian, untuk metode virtual account bisa dalam hitungan detik.
  • Login bisa menggunakan PIN atau fingerprint.

Kekurangan Aplikasi OY! Indonesia

  • Hanya bisa mentransfer dari rekening yang sudah didaftarkan.
  • Hanya bisa mengirim uang jika sudah terverifikasi.
  • Proses yang panjang dan banyak kolom yang harus diisi/dipilih untuk transfer
  • Tampilan yang kurang ramah terhadap pengguna yang gaptek.
  • Tidak ada panduan dalam aplikasi bagi pengguna baru.
  • Tidak tersedia dalam Bahasa Indonesia (atau bisa? saya kesulitan menemukan cara untuk mengganti bahasa dalam aplikasinya).
  • Tidak tersedia tombol log out (??)
  • Layanan hanya bisa digunakan dari aplikasi, tidak tersedia di web.
  • Ukuran aplikasi yang lumayan besar.
  • Cara meminta refund sedikit rumit karena tidak bisa diproses dalam aplikasi.
  • Layanan dukungan yang sulit dijangkau.

Jika diperhatikan, OY! mengisi kekurangan yang dimiliki Flip dan sebaliknya Flip juga mengisi kekurangan yang dimiliki oleh OY!. Jika ingin segera mencoba transfer beda bank dalam jumlah kecil tanpa terhalang proses verifikasi, maka Flip bisa menjadi pilihan. Tapi jika ingin mentransfer dalam jumlah besar dan tetap gratis hingga Rp 50 juta, mungkin OY! Indonesia lebih tepat untuk digunakan.

Kelebihan dan kekurangan yang disebutkan di atas adalah hasil pengamatan saya selama menggunakan kedua aplikasi tersebut. Jika ada perubahan mungkin saya akan memperbaharui tulisan ini.

Keputusan saya menggunakan layanan transfer antar bank tanpa biaya ini benar-benar menguntungkan bagi saya, hingga saat saya menulis artikel ini, saya sudah menghemat sebesar Rp 1.638.000 berkat Flip dan OY! Indonesia. Lumayan kan? Tertarik untuk mencoba juga?

Tentang penulis

Beri Komentar

homepage + blog

Zakwan

Get in touch