Categories
Creative Thinking MBTI Share Tugas

Peta Acara Digital

Saya mau sedikit bercerita, ceritanya minggu lalu ada pameran Indocomtech 2012 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan. Acaranya berlangsung mulai tanggal 31 Oktober – 4 November. Dan sebenarnya disana bukan cuma ada Indocomtech saja, tapi juga ada 2 pameran lainnya dalam satu gedung, Jakarta Motorcycle Show dan Jakarta Game Show. Ketiga nya menggunakana tiket yang sama. Nah, saya berangkat ke Jakarta tanggal 3 November, sebenarnya bukan karena adanya pameran, tapi ada keperluan lain. Kebetulan saja saya dapat tiket gratis masuk Indocomtech 2012 dari komunitas LevitasiHore. Jadi saya mampir juga ke Indocomtech.

Sampai di Jakarta, saya agak telat sampai di venue acara dan karena BB saya lowbatt (masalah klasik BB), jadi gak tau gimana caranya saya bisa mengklaim tiket gratis masuk (gak bisa menghubungi orangnya). Akhirnya saya memilih tidak masuk dulu ke gedung JCC. Agak malas juga dengan berkeringat gerahnya Jakarta langsung masuk lagi ke keramaian. Saya makan dulu disana, eh ternyata si mbak penjaga booth makanan baik hati bolehin saya charge BB. 😀 Setelah batere dan perut sedikit terisi, saya bergegas menuju pintu masuk dan mencoba menelpon klaim tiket gratis. Yaah, gak diangkat 🙁 langsung bayar masuk aja deh..

Gak berapa lama, ditelpon balik ditanya tentang pengambilan tiket. Jadi malas ngambil tiketnya, karena saya sudah masuk dan.. saya tersesat. Ya, saya buta arah di keramaian, ditambah lagi bilik gedung yang sangat banyak. 😐

Dari situ lah saya terpikir sebuah ide, kenapa tidak dibuatkan saja sebuah peta? Peta ya memang ada, tapi maksud saya peta yang bisa dibawa-bawa, apalagi jika berbentuk digital. Idenya adalah Peta Acara Digital! Peta ini nantinya bisa diinstall ke Smartphone, Tablet atau perangkat lainnya. Dengan peta ini dijamin deh waktu kita didalam pameran menjadi lebih efisien. Kita bisa melihat ada stand apa saja di dalam pameran tersebut, dan sedikit deskripsi tentang stand itu. Sedikit saja, karena untuk mengetahui selebihnya.. datang saja ke standnya langsung..

Ah iya, ide ini mirip dengan Google Maps Floor/Indoors.

Google Maps Indoors

Bedanya kalau di Google Maps hanya menampilkan peta lantai gedung, Peta Acara Digital akan menampilkan tiap stan yang mengisi acara dalam gedung tersebut. Nantinya ada penawaran atau promo terbaik dari tiap stan dan promo ini bisa muncul sebagai pop-up aplikasi (terutama saat pengunjung berada di dekat stan). Tentunya pemilik stan yang ingin promonya ditampilkan, apalagi sebagai pop-up harus membayar (Asumsi aplikasi ini sudah banyak penggunanya). Tidak banyak/semua venue harus dipetakan isinya, karena rata-rata di tiap daerah setiap kali diadakan event pameran besar selalu menggunakan gedung atau tempat yang sama. Perusahaan pengembang Peta Acara Digital ini memiliki pekerja di tiap kota besar. Mereka selalu memperbarui peta Acara dalam gedung/suatu tempat.

Gimana? Menurut saya lumayan membantu, apalagi kalau venue acara sangat luas dan banyak stan di dalamnya. Kadang, kita malah lupa dimana stan A berada, padahal harus balik lagi kesana karena tertarik membeli produknya setelah dibandingkan dengan produk dari stan B. Banyak waktu yang terbuang karena bolak balik ini, ditambah lagi berdesak-desakan dengan pengunjung lain dan tersesat. Itu terjadi pada saya di Indocomtech, saya harus balik lagi (datang keesokan hari) karena di kali pertama saya datang, barang-barang yang ingin saya beli tapi tidak terbeli/pameran tutup.. ya karena banyak waktu kebuang karena tersesat. 2 hari pun rasanya ada stan/bagian gedung yang saya lewatkan.

petadigital

(Tersesat dan berkeliling hilang arah didalam gedung. Untuk berjalan lurus dari titik A ke B saja jaraknya 240 meter.)

Lebih keren lagi ketika peta ini bisa mengarahkan pengunjung menuju lokasi yang diinginkan. Pengunjung bisa sampai tanpa tersesat sambil melihat patok-patok yang tampil di Peta Digital. Cuma untuk fitur penunjuk arah ini mungkin agak sulit, karena keakuratan GPS yang belum bisa diandalkan.

Oiya, selain ada lokasi stan-stan pada peta juga ada lokasi toilet, ATM, tempat istirahat/makan, menyusui, tempat ibadah (jika disediakan).

Foto-foto ketika di JCC:

IMG_6775IMG_6792

IMG_6808

(Dihadang para monster @JAKK_Inc yang keluar dari Dungeon of Demons dan berkeliaran di Jakarta Game Show)

IMG_6764IMG_6767

Motornya cakep-cakep ya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *