Categories
Creative Thinking MBTI Tugas

Debu Dakol

Permasalahan debu di Dakol bagi mahasiswa Telkom memang sudah terkenal, apalagi bagi mahasiswa-mahasiswa baru (pindahan) yang belum terbiasa. Udah panas, dakol ini berdebu pula!

IMG_4044
Liat aja dari screenshot hasil pencarian tweet ini, setidaknya.. rata-rata ada 11 tweet perhari yang membahas/mengeluh tentang debu dakol.
Tangkapan layar penuh 26092012 233535.bmp
dan ada kira-kira ada 12 tweet perharinya yang mengeluh tentang panasnya dakol. Oke, yang kita bahas adalah permasalahan debu dakol.

Debu dakol juaraaaa!
— niken yulinasari (@nikenys) September 17, 2012

Hasil yang tampak dari chart diatas cuma dengan keyword debu dakol, belum lagi dengan keyword debu dayeuhkolot, dayehkolot atau berbagai variasi lainnya yang intinya masalah butiran debu di dakol!

parah ya dakol kaya di piramida, banyak debu
— RA Faradis Athyra Z (@farathyra) September 23, 2012

Nah, gimana sih cara supaya debu dakol ini hilang? atau jadi minim lah supaya gak numpuk debunya sampe masuk ke kosan.
Saya punya ide, tapi cerita dulu deh dikit.. 😛 Suatu pagi waktu perjalanan menuju kampus, saya kesal karena sepatu saya yang baru aja dicuci (masih kinclong) harus kotor karena jalanan berdebu. Padahal belum nyampe sehari kan. Kekesalan bertambah lagi ketika bagian bawah celana hitam saya menjadi coklat karena debu yang menempel waktu perjalanan mencari makan siang.IMG_4045
Waktu itu saya lihat, ada bagian jalanan yang basah (tapi nggak becek). Dan rasanya segar ketika lewat menginjak tanah itu. Keliatannya sih jalannya disiram sama yang punya warung dipinggirnya..

Naaaaaah, tapi sedikit kan yang nyiram, karena gak semua jalan jadi basah, Gimana kalo kita ikut nyiram? biar seluruh jalanan agak basah dan debu pun gak beterbangan.
Tapi gimana caranya? Gak mungkin kan kita ngambil air got terus disiramin ke jalan? Oiya, yang begitu malah nyebelin, air got kok disebar ke jalan, ngurangin debu sih tapi juga malah nyebarin penyakit dan bau.
Jadi, menurut saya, kita bisa membuat alat sederhana. antarafoto-1285766414-IMG_4046

Ambil satu buah botol plastik air mineral, lubangi setitik saja di tutup botol air mineral tersebut. Lalu, semprotkan air ke sepanjang jalan yang kita lalui.
Sederhana sih, tapi bayangkan kalau semua orang yang melalui jalan tersebut ikut menyemprot. Pastilah jalan akan selalu basah, tapi tidak akan becek karena panasnya daerah dakol akan mengeringkan kembali jalan tsb. Selesai pakai, simpan lagi botolnya, isi ulang.

Udara dakol siang2 gini emg udh ga sehat bgt. Debu dmn2. Baru keluar sebentar aja udah sesek bgt rasanya. Masa iya kmn2 hrs pake masker. ._.
— amita desmarani (@mitadesmara) September 17, 2012

Dan gak perlu lagi mengeluh soal debu atau pakai masker 😀

Hujanlah dakol.. Agar debu di jalananmu tertutup basah tak mampu terbang lagi ~
— Anggun Siwi Murwati (@anggunsiwi) September 25, 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *