homepage + blog

Bosan dengan Facebook? Ayo coba Google+ Plus!

B

Setelah gagal dengan Social Network nya yang bernama Google Buzz sama Google Wave, akhirnya om Google ini ngeluarin produk baru bernama Google+ (baca: Google Plus).
google_plus
Google Plus dikabarin calon-calon yang bakal ngalahin Facebook. Gimana nggak? Banyak alasan facebook bakal kalah! simak aja beberapa ‘alasan kenapa orang akan pindah dari facebook ke Google plus’ dari pcworld ini:

  • Google+ tersambung dengan layanan Google yang lain semacam Youtube, Gmail, Blogspot, Picasa dsb

  • Pengelolaan teman yang lebih baik (baca konsep Circle nanti)

  • Lebih mudah untuk menemukan hal untuk di share (konsep Sparks)

  • fitur Grup Chat yang lebih mantap (konsep Huddle)

  • Berbagi konten lebih aman (privacy)


    Nggak sedikit orang yang mulai bosan sama FB (Facebook kehilangan 6 juta user di AS, 1,52 juta user di Kanada, dan ratusan ribu di negara lainnya), apalagi dengan kemunculan update-update status yang nggak penting di FB.Nah, di Google Plus ini, sistem penyebaran status orang-orang itu berbeda, karena adanya fitur Circle.

  • Apa itu Circle?
    video Google+ Circle

    Circle ini semacam sekelompok orang dalam kehidupan nyata kita, penjelasannya gini.. tiap orang kan punya temen, tapi temennya itu pasti beda-beda kan? ada sekelompok temen yang dekat maka mereka masuk dalam satu circle (terserah namanya apa, apa itu nama geng, terserah)
    Ada juga sekelompok temen yang baru dikenal lewat web misalnya, Ada temen SD, kelompok temen SMP, SMA mereka kan masuk dalam circle yang berbeda. di Google Plus, Circle ini penting. Dengan Circle jadinya kita bisa milah milih update mana dan dari siapa yang penting. Jadi ga semua update status/postingan orang lain harus bercampur masuk dalam satu tempat.
    Dengan Circle ini juga nantinya kita bisa lebih optimal pake fitur-fitur lainnya di Google+, Misal.. Hangouts
    Hang Out kalo diartiin kan Gantung Keluar bergaul ato semacam keluyuran gitu ya. Nah, di Google+ ada fitur ini, ntar satu orang mulai Hangout dengan nyalain webcamnya, trus milih circle apa yang bisa ikut hangouts sama dia waktu itu.

    video Google+ Hangouts

    misal nih kita mau Hangouts bareng temen-temen SD dulu, jadi semacam reunian lah.. fitur Hangout ini mirip Skype. Uniknya di Google+ Hangouts ini siapa yang lagi ngobrol atau heboh, videonya jadi video utama (video yang ditampilin paling gede), jadi ntar ganti-gantian munculnya.
    selain ada Hangouts, ada Huddle

    video Google+ Huddle

    Huddle ini semacam Group Chat, karena masih baru jadi belum tersedia ke semua device (kayaknya)
    ada juga Sparks

    video Google+ Sparks

    Kalo di Facebook ada semacam Interest, di Google Plus kita nambahin interest (hal-hal yang menarik bagi kita, misal photography, blogging dsb) di Sparks, nanti setelah kita memilih berbagai Interests, kita bisa menemukan hal yang sesuai dengan pilihan tadi di Sparks itu, misal yang tadi milih ‘Photography’, akan ada berita-berita seputar fotografi disana yang bisa juga di share ke orang lain.
    Ngomong-ngomong soal ‘share’, Google sebenarnya udah mulai munculin tombol +1 sejak beberapa waktu yang lalu. Ternyata tombol +1 ini sama fungsinya dengan tombol Like Facebook. Dalam Google+ sendiri, tiap ada postingan/komentar dari orang lain, selalu ada tombol +1 ini disampingnya. (Contoh tombol +1 ada di pojok kanan atas artikel ini). Selama masa percobaan ini, hal unik lainnya yang saya temuin adalah, postingan yang udah kita post/share di Google plus trus typo, masih bisa kita edit/ubah-ubah walaupun udah di komentarin orang lain 😀
    Secara keseluruhan inilah tampilan Google+ (untuk sementara) saat ini:

    keseluruhan tampilan Google Plus

    Google plus bener-bener baru, penggunaannya baru lewat invitation alias undangan aja ke beberapa orang. *eh tapi ga tau deh apa sekarang udah mulai dibuka untuk publik. Yang jelas, siapa yang di add ke dalam circle orang yang udah pake Google+, otomatis bisa ikut njajal Google plus ini juga. Mau??
    Join Zakwannur on Google+
    Tangkapan layar penuh 02072011 130035.bmp

  • Tentang penulis

    Zakwannur

    Beri komentar

    homepage + blog

    Zakwannur

    Get in touch