homepage + blog

Asiknya Labschool Unsyiah #cumadiLabs

A

Beberapa waktu yang lalu, di postingan sebelumnya saya udah janjiin bakal ngebahas tentang ini, apa yang membuat sekolah saya, SMA Laboratorium Unsyiah berbeda dengan sekolah umumnya.

kerajinan banget wan bahas-bahas sekolah?

Yaah.. emang yang beginian perlu dibahas, siapa tau ntar semua sekolah jadi asik gini. Sumpah selama 15 Tahun wajib belajar tuh masa SMA saya seru banget! πŸ˜€
Dan ini adalah hal-hal yang ngebedain sekolah saya dengan sekolah pada umumnya (selama yang saya rasain tahun 2008-2011):

  • Seragam

Dimulai dari seragam ya. Namanya juga sekolah swasta, seragamnya memang beda..

    IMG_4586
    walaupun keliatan mirip-mirip, sebenarnya dari foto diatas ada empat seragam yang beda..
    2 orang cowok paling kiri dan 2 orang cewek paling kanan pakai seragam Senin-Selasa, saya dan cewek di sebelah kiri saya pake seragam Rabu-Kamis. Lah, terus itu foto hari apaan yak? o.O
    Lebih dekatnya, inilah seragam Rabu-Kamis buat cowok, beda warna kerah dengan seragam Senin.
    IMG_0148
    ini seragam Jumat-Sabtu
    _MG_3528

seragam Jumat-Sabtu (seragam anak TK) yang dimulai dari angkatan saya (angkatan kedua), sudah mengalami perubahan motif dan warna. Sebelumnya, angkatan pertama punya seragam warna biru.tukang2 lipat
entahlah itu warna apa, pokoknya gitulah warnanya. Sekilas emang mirip seragam Office Boy/Janitor. Jadi kalo nanti liat seragam gini di hotel atau mall, itu bukan alumni Labschool yang lagi melancong, tapi itu memang OB kok. krik..krik. –_-
:begitulah
Oiya, buat cewek yang ga berjilbab, desain seragamnya beda lagi πŸ˜€

  • Lingkungan

Suasananya seperti rumah, letak bangunannya melingkar, pencahayaannya (sampai dalam ruangan) juga di desain dengan baik.. sedikit sampah dan hijau dengan tumbuhan. Entahlah mungkin karena masih baru? mudah-mudahan terus bertahan begini..
Picture16IMG_9987
(gambar kiri: awal dibangun. gambar kanan: 4 Tahun Labschool Unsyiah)

  • Siswa
      saputerbangIMG_0004
      Siswanya kreatif, gokil, kompak, abang kelas hampir mengenal semua juniornya, begitu juga sebaliknya, kekeluargaan sangat terasa. Wajah muridnya pun muda ceria seperti anak TK. Hahaha! tapi otak? tetap cadas..

     0880-030511
    Kekompakan siswa Labschool memang mengerikan.. Kalau ada perlombaan, hampir bisa dipastikan supporter dari Labschool akan menjadi supporter terheboh πŸ˜›
    20110503191101-AcehD2iIMG_9428
    IMG_1801
    IMG_2255IMG_9434
    dan kalau ada kategorinya, bawa pulang hadiah kategori supporter terheboh πŸ˜€

    • Guru dan Staf

    Gurunya gaul tiada tara dan hampir semuanya muda-muda, kalaupun tua, tetap berjiwa muda B)

      Picture 021pak hadiIMG_2426
      IMG_9465IMG_9949
      mungkin karena sering dikasih training gimana jadi guru yang baik..

    IMG_3996IMG_4019IMG_3972

      mereka mau bergaul dengan siswa, dan siswa pun bisa menganggap guru sebagai teman.. (dengan hormat)
      IMG_9868IMG_3127IMG_2605

    • Kelas

    Labschool mengadopsi sistem Moving Class, siswa yang mendatangi kelas guru. Jadi kalau sedang pelajaran Bahasa Inggris lalu bunyi bel pelajaran Fisika, siswa pindah dari ruang Bhs. Inggris ke ruang Laboratorium Fisika. Walaupun gak selalu tetap begitu, bisa aja pelajaran Bahasa Inggris belajarnya di luar ruangan (Outdoor Class) dan pelajaran Fisika di Perpustakaan sambil nonton film bareng.
    Belajar di Lapangan
    Suasana dalam kelas benar-benar asik, susunan meja dan kursi nggak kayak gerbong kereta api. Di Labschool siswa duduk secara berkelompok, kadang ada yang sendiri, berdua, bertiga, terserah mau duduk gimana, benar-benar random.IMG_3964 Ga pernah ada posisi duduk yang sama setiap harinya.Posisi papan tulis dan guru di kelas juga gak tetap, mereka berpindah-pindah πŸ˜€

    • Pustaka

    Gak ada pelajar Labschool Unsyiah yang gak pernah masuk pustaka dalam sebulan seminggu sekolah! Seperti yang dibilang sebelumnya, kadang beberapa pelajaran menggunakan ruang perpustakaan. Pustaka Labschool itu seru, kita bakal betah ngabisin waktu disana. Buku-bukunya gak biasa dan asik buat dibaca. Buku yang paling seru dibaca mungkin buku Ripley believe it or not dan Sobotta *ngasal*Perpustakaan7
    dan paling seru lagi kalo nonton bareng film di perpustakaan. Mau pake Labschool Hotspot wifi juga nyampe keruangan ini..
    29 Januari 2009, Duta Besar Amerika Serikat, Cameron R Hume, dengan pihak Microsoft dll berkunjung ke SMA Labschool Unsyiah untuk membantu pustakanya senilai Rp. 1 Milyar. Kedatangannya disambut demo dari KAMMI, baca disini
    IMG_0473IMG_0470
    *kemon mister, datang lagi kasih film-film/buku-buku laen.. hehe

    • Loker

    Di Labschool tiap siswa punya sebuah loker, fungsinya ya untuk menyimpan barang-barang bawaan. Misal, baju olahraga, sepatu, peralatan lukis dll. Jadi gak perlu bawa banyak tentengan waktu moving class.

    • Ulang Tahun

    Tiap tahun Labschool Unsyiah merayakan ulang tahunnya. Jarang kan yag merayakan ulang tahun sekolah?? πŸ™‚ Disinilah kekompakan pelajar ditumbuhkan.. liat aja gimana serunya Ulang Tahun Labschool dari tahun ke tahun.
    IMG_9891

    video perayaan ulang tahun ke 4 SMA Labschool Unsyiah
    That’s Labschool! The Extraordinary School.. (eh kalo diartiin jadi SLB yak?) :nyengir


    Oiya, tiap tahunnya Labschool Unsyiah kedatangan tamu dari UWCSEA, sekolah dari Singapura ini selalu mengrimkan siswa-siswinya untuk berbaur dengan siswa Labschool (biasanya selama satu minggu).

    (click for source or more photos)





    Apa lagi ya yang bikin Labschool Unsyiah beda? segitu dulu ya.. πŸ˜€

    In Our School, we ask questions, look for answer ourselves, learn cooperatively, are curious, creative, think for ourselves, explore new ideas, are kind and respectful, make mistakes and learn from them, admit we wrong, take responsibility, like to laugh, dream dreams..

    Tentang penulis

    Beri Komentar

    Berikan komentar...

    Oleh Zakwan
    homepage + blog

    Zakwan

    Get in touch