Categories
Funny Share Travel

Misteri Beringin Kembar Alun-Alun Yogyakarta

Pernah traveling ke Jogja? Kalo kebetulan mau ke Jogja pas liburan, coba deh datang ke alun-alun selatan Jogja, kalo anak muda Jogja biasa nyebutnya Alkid (Alun-Alun Kidul). Nah, disana ada dua buah beringin besar yang berdampingan di tengah alun-alun. Di antara dua pohon itu, ada jarak sekitar 12 meter. Trus? Apa sih istimewanya beringin itu?
Dua buah beringin itu biasa di sebut masyarakat setempat sebagai Wringin Kurung atau Beringin Kurung. Ceritanya nih, jaman dulu di tempat itu dibuat pertahanan gaib, tujuannya buat mengecoh pasukan Belanda yang mau menyerang keraton supaya mereka kehilangan arah. Karena adanya pertahanan gaib itulah, sekarang, terutama malam, Beringin Kembar ini rame dikunjungi wisatawan yang mau nyoba lewatin celah di antara dua beringin itu dengan mata tertutup dari jarak 20 meter. Gara-gara banyaknya pengunjung yang penasaran, akhirnya ada orang-orang yang menyewakan penutup mata, biasanya 3000 sekali sewa.
DSC00990
Okey, ini kunjungan kedua saya ke Alkid untuk nyoba masangin, ya disebut masangin maksudnya masuk diantara dua beringin. Katanya siapa yang bisa lewatin beringin ini dengan mudah, maka keinginannya terkabul. EH, kelihatannya doang mudah, tapi nyatanya.. lewatin beringin ini susah banget! Nggak semua orang bisa ngelewatin. Ada yang ngerasa lagi jalan berbelok ke kiri, kanan, malah ada yang dengan pedenya merasa berjalan lurus, padahal sebenarnya dia berputar-putar di depan beringin. Ada yang bilang di depan Beringin Kembar itu ada barisan makhluk halus yang bergandengan tangan. In love (romantis amat)
Buat saya, ini hiburan, lucu ngeliat kakak saya yang coba masangin. liatin aja pergerakannya:
rute 1
Awalnya saya takjub, dia bisa berjalan lurus, eh pas nyampe gerbang beringin, udah didepan mata tuh, dia malah belok mutar arah, GAGAL ternyata. HAHAHA #ngakak
rute 2
ini rute yang umum, banyak yang kejadiannya gini. (saya salah satunya, udah 2 kali gini -_-)
rute 3
dan ini juga bukan hal yang nggak mungkin, banyak orang yang sudah merasa berjalan lurus, ternyata hanya berputar kembali ke tempat.
Kalo mau nyoba masangin ini, Ajak sodara yang bisa dipercaya buat nuntun jalan, karena nggak jarang yang tabrakan. Apalagi kalo dengan pedenya jalan cepat-cepat.
Ini foto saya pas nyoba masangin:
DSC00984DSC00985DSC00986DSC00987DSC00989
GAGAL Maning, gagal maning son! 🙁 *katanya banyak dosa* Okey beringin, suatu saat saya akan naklukin lo.
Malu kalo nyobain banyak-banyak tapi gagal terus.


[UPDATE: 03/11/2011 berhasil ngelewatin] :joget:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *