Categories
Boleh tahu? Share

Zakwannur? Apa artinya namamu?

Apalah arti sebuah nama.. kita sering denger peribahasa itu, kalo nggak ada nama, gimana caranya kita bisa manggil orang? Cuy! Bro! Jon! hahaha. Gimana caranya kita bisa nyebut suatu benda?

Apalah arti sebuah nama, dibalik setiap nama pasti ada artinya.

Sebelum Zakwannur dijadiin nama saya, rupanya ada tiga nama lagi yang jadi ‘choice’ ortu saya waktu itu.

Muhammad Ichsan, Muhammad Rizqi dan satu lagi Muhammad… (hm, emak saya lupa), yang jelas nama ini diberi oleh seorang ulama di Aceh waktu itu, (Alm) Ust. Anwar Mizan namanya.

Sebenernya apa sih arti Zakwannur?

Segala macam buku arti nama udah saya buka (sebelum ada internet), NGGAK ketemu, “mungkin” saya bisa nyari arti zakwan. Ketemu sih.. tapi malah nggak memuaskan, artinya hanya satu kata.. satu kata.. dan gak jelas apa itu artinya. Karena nggak puas, bisa dibilang saya nggak tau arti dari nama saya sendiri “dengan pasti” selama 16 Tahun. 16 Tahun Ga Tau Maksud nama sendiri!

Pertama kali saya masuk SMA, ada yang namanya matrikulasi, waktu itu, bulan Juli 2008, kali pertama saya masuk matrikulasi di SMA Labschool Unsyiah dan itu juga hari pertama saya ketemu seorang guru (yang waktu saya liat di Jadwal Matrikulasi, itu guru pembinaan Mental dan Akhlaq) *glek, ini guru pasti killer* (dalam hati)

Nama beliau adalah Ibu Nasriah! Ibu Nasriah dengan “seramnya” masuk ke kelas, dengan ekspresinya waktu itu seolah-olah mau ngetes mental kami semua. Waktu itu, Ibu Nasriah manggil nama murid baru satu persatu di kelas, sambil dijelasin artinya, nama temen-temen saya banyk yang asal katanya dari bahasa Arab dan kebetulan beliau guru Bahasa Arab di Labschool Unsyiah.

Pas nama saya dipanggil..

Zakwannur

Ibu Nasriah diam.. lama.. nggak ngeluarin suara..

Apa arti nama saya, bu? (saya nanya)

Ini gak tau ibu, nama kamu apa artinya ya? Bahasa Sanskerta ni..

Plak! Zakwannur kedengaran kayak bahasa Sanskerta ya?! Ninja

Yaaa, begitulah.. Ibu Nasriah yang bisa berbahasa Arab (juga Jerman, Aceh dan tentunya Bahasa Indonesia) juga secara jujur nggak tau.

saya pun melanjutkan pencarian makna nama itu, sampe saya kenal deket ama internet, saya sadar, sebuah mesin pencari bernama google bisa nemuin arti nama saya ini. Lagi-lagi saya cuma bisa nemuin arti zakwan, ya.. secara Bahasa Arab, Zakwannur kayaknya gabungan dari Zakwan dan Nur.

Trus.. apa arti Zakwan? Zakwan berarti Intuitive, Intuitif atau Intuisi. Nah lho? saya makin bingung, Intuisi itu apa? Intuisi sendiri rupanya punya makna yang dalam.

Intuisi adalah..

-Kekuatan menabjubkan yang kita miliki

-Suara hati

-Pengetahuan tentang sesuatu tanpa memikirkan atau mempelajarinya.

-Solusi dari sebuah penemuan, tanpa tahu bagaimana dan mengapa (Albert Eisntein)

-Sesuatu yang paling berharga

-Suatu karunia yang suci

Pengertian yang mendalam mengenai intuisi sampai saat ini masih terus diperdebatkan. Intinya saya masih nggak paham apa arti nama saya sendiri -,-

Yang lainnya berpendapat bahwa intuisi adalah kemampuan kita secara nggak sadar untuk ngambil data atau info yang selalu tersedia di pikiran bawah sadar kita. Mungkin perbedaan pendapat ini akan berlanjut terus. Yap, Intuisi bersifat universal secara alami..

Ah, untuk lebih jelasnya saya pun nanya sama emak..

Apa itu arti Zakwannur mak? (saya nanya)

Zakwannur itu cerdas, jenius (emak jawab)

Jawabannya simple dan sama kayak yang saya liat di buku-buku. (masih belum puas)

Yaaa begitulah, setiap nama anak, harapan dari orangtuanya. dan saya selalu berusaha sesuai dengan harapan Ortu saya..

Well, lalu apa arti namamu?? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *