Categories
Boleh tahu? Foursquare Funny Share

cobain Foursquare yuk!

Liburan udah tiba dan saya cuma di Banda Aceh tercinta semester ini, huaaah, semoga nggak membosankan.
Dan saya baru aja menemukan permainan baru! sebuah social networking yang sebenarnya nggak baru πŸ˜› diluncurkan pada tanggal 11 Maret 2009, foursquare baru aja menarik perhatian saya.. (pertama mendengar foursquare, saya kira itu nama mall –β€œ)
Foursquare logo.svg
Foursquare adalah sebuah aplikasi handphone yang membantu penggunanya untuk menemukan sebuah cara baru dalam melakukan eksplorasi sebuah kota. Foursquare juga membantu penggunanya untuk bertemu dengan teman-teman dalam dunia maya.
Jadi.. Foursquare ini adalah sebuah situs jejaring sosial yang berdasar kepada lokasi dari penggunanya, sebuah Software dan juga sebuah Game!
Pengguna foursquare bisa memberitahu lokasi terbarunya (yang disebut check-in) melalui SMS atau aplikasi yang didukung oleh handphone-nya.
Download disini: https://foursquare.com/download/
dan jangan khawatir buat yang nggak memakai smartphone, foursquare bisa diakses lewat: http://m.foursquare.com
menggunakan cara diatas, sewaktu check- in lokasi, kita akan mendapatkan sejumlah poin . Ketika pengguna melakukan check- in (tertentu), maka pengguna akan mendapatkan sebuah badge.
Apa itu Badge?
Badge adalah imbalan atau hadiah yang diberikan untuk pengguna apabila ia melakukan check-in di tempat-tempat yang menarik. Ada macam-macam badge yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan. di luar negeri, ada badge-badge spesial untuk event-event tertentu. Misal saja untuk saat ini ada badge dari CNN buat pengguna foursquare yang menonton langsung Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan sana..
Ini adalah contoh badge dasar yang bisa didapat pengguna foursquare:
-Newbie

Diberikan pada saat pertama kali check-in
-Adventurer

Melakukan check-in di 10 lokasi yang berbeda
-Explorer

Melakukan check-in di 25 lokasi yang berbeda
-Superstar

Melakukan check-in di 50 lokasi yang berbeda
-Bender

Melakukan check-in 4 malam secara berurutan
-Crunked

Melakukan check-in 4 kali selama satu hari
-Local

Melakukan check-in di tempat yang sama 3x dalam seminggu
-Superuser

Melakukan check-in 30 kali dalam sebulan
-Pyaler Please

Melakukan check-in dengan 3 teman berlawanan jenis
-School Night

Melakukan check-in setelah jam 3 pagi di sebuah sekolah
-Far Far Away

Melakukan check-in di luar negeri dari negeri si pengguna
-Dont Stop Believin

check-in ke 3 lokasi yang ber-tag β€œkaraoke” dalam sebulan
-Overshape

check-in 10 kali dalam 12 jam
-Jetsetter

check-in pada lima bandara yang berbeda
-16 Candles

mengirim 5 shout out kepada teman yang ber-ulang tahun
-Zoetrope

check-in menonton 10 film yang berbeda (di Banda Aceh ga ada Bioskop)
-Pizzaiolo

check-in ke 20 restoran pizza
-Babysitter

check-in ke 10 playgrounds
-Swarm

check-in di sebuah lokasi dengan 50 orang
-Super Mayor

menjadi 10 Mayor dari lokasi yang berbeda
selain itu masih banyak lagi badge yang ada di foursquare sesuai dengan lokasi kita berada..

oh iya, Mayor itu apa?
Mayor adalah orang yang paling sering check-in di suatu venue/tempat yang ada di foursquare, istilahnya: dialah penguasa tempat itu. di beberapa tempat di luar negeri, seorang mayor bisa mendapat T-Shirt gratis dari toko baju, atau Minum gratis dari sebuah Cafe atau Bar yang sering dia kunjungi..
dan itu bisa saja diterapkan di Indonesia, misal, saya membuka sebuah cafe kemudian menambahkannya di foursquare, kemudian seorang pelanggan datang dan selalu check-in di cafe saya, maka dia menjadi mayor cafe saya di foursquare dan itu diketahui oleh pengguna foursquare lainnya, termasuk saya yang akhirnya memberikan bonus spesial kepadanya, sebut saja, segelas es teh manis πŸ˜›

Poin!
Poin didapat dari menambahkan venue yang belum ada di foursquare dan saat melakukan check-in. Nantinya oleh foursquare akan diurutkan siapa yang paling tinggi poinnya di leaderboard. Leaderboard berisi urutan poin yang didapat oleh kita dan teman-teman kita yang akan di program ulang setiap Minggu malam jam 12.00.
Foursquare juga bekerjasama dengan Facebook dan Twitter, setiap kita melakukan check-in bisa diatur apakah boleh ditampilkan di profil Facebook atau tweet kita.
Dengan foursquare, sebenarnya kita telah membantu orang lain menemukan tempat-tempat menarik dari kota kita, sebaliknya, misal saja kita mengunjungi kota orang lain, kita bisa melihat tempat makan mana yang enak, dimana tempat membeli baju yang keren, dimana hotel yang bagus dan sebagainya..
Dengan foursquare juga kita tidak perlu repot-repot menanyakan lokasi teman kita dengan SMS atau menelponnya, foursquare juga memungkinkan kita untuk memberitahu seseorang apa rahasia atau sesuatu yag tidak diketahu banyak orang di suatu tempat, dengan menambahkan β€œTip”, Tip bisa jadi rekomendasi kita untuk orang lain agar orang tersebut mampir ke venue yang kita sebut..
Buat saya yang suka jalan-jalan dan berpetualang, jejaring sosial/aplikasi/permainan ini SANGAT MENYENANGKAN!
Selamat berliburan dan oh iya, buat kamu yang berliburan ke luar kota, dengan foursquare dijamin bisa dapat bagde unik-unik dan poin yang tinggi! πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *