Mengapa saya menggunakan Google Chrome sebagai Browser

M

Google Chrome adalah sebuah Web Browser buatan Google yang sangat ringan, cepat dan aman yang versi Beta nya untuk Microsoft Windows diluncurkan pada tanggal 2 September 2008.
Sejak saat itulah saya mengenal Chrome sampai sekarang, walau sempat bergonta-ganti dengan Firefox sebagai default browser di laptop saya, karena crash (note: selama ini crash hanya terjadi di laptop saya yang bekerja dengan Windows 7). Memang Firefox adalah saingan terberat Google Chrome. Chrome yang baru lahir berhasil mengambil 6.73 % pengguna internet pada April 2010 dan mampu mengalahkan Opera, Safari apalagi Internet Explorer, tapi tidak dengan Firefox yang mampu menarik 24.59% pengguna.
Ya, boleh dibilang, sekarang saya ada di 6.73 % pengguna Internet dengan Chrome.
Mengapa saya memilih Chrome? akan saya uraikan..
1. Sangat Cepat
Browsing menggunakan Chrome sangatlah ringan dan cepat!
2. Tidak akan Crash
Walaupun saya sempat mengatakan Google Chrome Crash, saya yakin, itu hanya terjadi di laptop saya dan tidak di PC/laptop lainnya yang juga saya gunakan. Design Google Chrome memungkinkan Chrome untuk bekerja maksimal dengan tetap ringan..
3. Ekstensi
Saya sangat suka Ekstensi dari Chrome, yaitu fitur tambahan yang dapat kita tambahkan sendiri di Browser Chrome. Yaa.. semacam add-ons di Firefox. chrome://extensions/
berikut ini 10 Ekstensi Google Chrome Favorit saya:

save
-AdBlock
Memblokir iklan-iklan yang membuat sebuah halaman jadi lambat loading, alias ga akan ada lagi iklan di Web Page, jangan heran kalau sudah memasang Ekstensi yang satu ini, tiba-tiba tampilan halaman Facebook (misal) yang sudah sehari-hari anda “plototin” jadi agak berbeda..
-Chromed Bird
Sebuah client twitter di Chrome, kita bisa update status, ReTweet, melihat mentions, Direct Message dan sebagainya, artinya Anda tidak perlu membuka halaman twitter, Tweetdeck, karena dengan ekstensi yang satu ini pemberitahuan mention, tweet terbaru dan direct message akan muncul secara otomatis.
-RSS
Jangan katakan ketiadaan Really Simple Syndication (RSS) di Chrome adalah suatu kelemahan. Anda dapat menginstallnya jika ingin berlangganan dan membaca berita atau postingan terbaru dari sebuah blog.
-Facebook Photo Zoom
Sebuah ekstensi yang memungkinkan kita melihat foto di Facebook tanpa harus mengkliknya. Contoh:
Anda membuka sebuah album di Facebook, maka tampillah semua foto yang ada disana dengan ukuran yang kecil.
zoom
tapi dengan Facebook Photo Zoom…
zoom 2
Anda tinggal menunjuk foto yang ingin dilihat lebih jelas. (note: Komentar dan Deskripsi tidak akan terlihat)
-FastestChrome
Yang namanya Google Chrome saja sudah di cap browser cepat.. tapi dengan Ekstensi ini Browsing menjadi lebih cepat lagi, dicoba saja kalau tidak percaya..
-Fbosf
Facebook I don’t Care Button. Penasaran?
-Stop Autoplay for YouTube
Kalau biasanya YouTube Anda terputar otomatis ketika dimuat, dengan ekstensi ini YouTube buffering tetap jalan dan tidak perlu di Pause ketika anda memuat halaman Youtube. Just press “play” when it’s ready..
-Turn Off the Lights
Nonton YouTube jadi lebih fokus dan serasa di Bioskop..
-WOT
Web of Trust, memberi tahu kita link mana yang sebaiknya tidak di klik dengan level indikator warna. Browsing jadi lebih aman kan?
-YouTube Ad Remover
Menghilangkan iklan (biasanya Google Ads) di video dari YouTube.
4. Incognito Window
Ini salah satu fitur kerennya, kita bisa membuka sebuah halaman tanpa terekam di history, juga tanpa terekam password yang dimasukkan disana, ya, semacam Private Browsing di Firefox, bedanya, Incognito Window bekerja secara independen, kita bisa buka Jendela browsing biasa disamping Jendela Penyamaran (Incognito Window) secara bersamaan.
5. Tampilan
User interface Google Chrome sangat simple tapi keren, bisa disesuaikan sesuai keinginan kita. Cek yang satu ini http://www.youtube.com/googlechromethemes
Video nya dibuat sangat menarik dan unik [mentang-mentang sesama produk Google 😛 ]6. Kemudahan pencarian Google
Pencarian di Google (sebagai mesin pencari terbanyak digunakan) menjadi lebih mudah, karena kita tinggal mengetik kata kunci di Address Bar dari  Chrome (kolom teratas dari browser tempat menulis alamat halaman yang dituju)
7. Tab
Pengoperasian Tab yang dibuka sangat mudah, dapat dipindah-pindah, buka di jendela baru dsb.
Apabila Browser tertutup secara tidak sengaja, kita dapat mengembalikannya hanya dengan mengklik list “Tab yang sudah tertutup”. Sekali klik, semua muncul kembali.
8. Shortcut
Ketika beberapa kali pemakaian Chrome, Chrome merekam Web apa yang paling sering kita buka sehingga untuk membukanya kembali, hanya perlu mengklik pintasan dari halaman awal, semacam fitur Speed Dial dari Opera. Dengan Chrome kita juga dapat membuat Shortcut di Desktop, Start Menu atau Taskbar.
Google Chrome sangat menarik kan?

Tentang penulis

Beri Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories