Jogging Yok!

J

petajogging

JOGGING-Entah kenapa aku jadi suka dengan yang namanya Jogging, baru-baru ini Jogging jadi rutinitas sehari-hari ku. Yang aku tahu Jogging itu membuat fisik kita menjadi lebih baik, selain itu bagiku ada kesenangan tersendiri, entah karena segarnya udara pagi, kicauan burung, ntah lah apa. Pokoknya Jogging itu benar-benar meyenangkan!

Iseng-iseng, karena ga pernah ukur jarak Jogging ku, aku membuat peta rute Jogging pagi ku yang biasanya. Dari Rumah-kedepan Asrama Haji-Jl.T.Nyak Arief-Belok Jalan didepan Kantor Gubernur-Lurus sampai belok di Jalan masuk villa Citra (setelah SMA 4)-Belok sebelum Scudetto-Lanjut ke arah SDN 54 (Tahija)-Balik lagi kerumah dengan jalan berbeda. Kira-kira berapa Kilometer ya?? Kalau digambar “Jauh juga”, baru nyadar.

Setelah Googling di Internet, ternyata Jogging memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan. Jogging itu membuat jantung kita jadi kuat, peredaran darah jadi lancar, pencernaan pun jadi sehat. Selain itu Jogging juga membuat kehidupan kita lebih aktif (aku jadi nggak telat ke Sekolah, Ibadah jadi teratur, Belajar pagi hari pun dengan keadaan segar). Nah, buat yang pengen kurus (lha saya sudah kurus bgini?) bisa juga dengan Jogging, Jogging bisa mengencangkan otot kaki, paha dan punggung. Dengan jogging, tidur malam pun jadi nyenyak dan tubuhpun siap untuk jogging besok lagi.

Kalau sudah sering Jogging (dengan rutin) lama lama pasti pingin nambah jarak rute, kalau sebelumnya 2 km, besoknya pasti (pengennya) 3 km atau 2 km lebih lah.. Menambah jarak nggak jadi masalah kalau Jogging dilakukan dengan benar, tubuh ga akan capek kok. Apalagi kalau sebelum Jogging (dan setelahnya) ada pemanasan sekitar 2-5 menit.

Gimana sih biar Jogging jadi ga capek?

Beberapa ratus meter pertama, gerakannya santai aja, lambat. Terus kecepatannya ditambah, kalo kira-kira udah setengah rute larinya lebih cepat lagi. Waktu udah pengen finish gerakannya dilambatin lagi.

Aku sendiri kalau Jogging pilih sepatu khusus (yang lentur, solnya tebal, ga mudah terpeleset), Baju dan Celana yang nggak ketat.

Jogging itu bisa dilakukan kapanpun sepanjang hari, alangkah baiknya jogging dijadikan kegiatan pertama di pagi hari. Nah, kalau dijadikan kegiatan pertama, biasanya pagi-pagi kan lapar, Jangan makan dulu, Jogging dulu baru makan (makannya jadi nafsu deh :D). Sebenarnya, Jogging  2 hari sekali pun sudah memberikan manfaat bagi tubuh.

Jogging Yok!

Tentang penulis

Beri Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories