homepage + blog

Uninstall Ubuntu Netbook Remix (dual boot Windows XP)

U

Ubuntu, apa itu? usus buntu? bukan.. Ubuntu adalah salah satu distro dari Linux, sebuah Sistem Operasi yang gratis. Itu yang aku tau. Kali pertama aku mengenal ubuntu adalah semenjak aku masuk SMA Labschool Unsyiah, Komputer yang ada di Lab TIK sekolahku ini menggunakan OS Ubuntu disamping Windows XP yang disumbang oleh microsoft beberapa waktu yang lalu.

Semakin sering menggunakannya disekolah, aku semakin tertarik dengan OS ini. Oleh karena itu, untuk mempelajarinya agar terbiasa, aku menginstall Ubuntu Netbook Remix 9.04 (Jaunty Jackalope) untuk dipasang di Netbook-ku disamping OS Windows XP (dual boot).

Setelah berbulan-bulan menggunakan ubuntu, lama kelamaan space hard disk Netbook ku ini semakin menipis dan aku membutuhkan space lebih banyak agar Performa Netbookku tetap baik. Akhirnya aku putuskan untuk mengorbankan Ubuntu yang memakan tempat sekitar 4 GB. Maaf,aku tak mungkin mengorbankan Windows XP ku yang asli..

Aku pikir meng-uninstall Ubuntu itu tinggal me-remove-nya dengan mudah, karena itu dengan bantuan partition magic aku langsung menghapus partisi yang dipakai linux. Setelah dihapus, partisi tadi berubah menjadi Unallocated Partition. Setelah itu aku apply dan hasilnya baru tampak setelah di restart. Karena itu aku langsung me-reboot netbook-ku.

Ah, leganya…

Aku kira semuanya akan berjalan lancar, tapi ternyata netbook ku tidak bisa boot ke Windows. malah muncul pesan:

GRUB Loading Stage 1.5
GRUB Loading, please wait…
Error 22

BAGAIMANA INI!! Gawat, aku bingung, aku tidak mau laptop ini dibawa ke tempat servis, kemudian di install ulang data-dataku hilang dan Windowsnya…. TIDAAAAAAK!! Aku ga mau!

wait? terpikir olehku, kalau diservis diinstall ulang Windowsnya. Kenapa tidak aku Install ulang saja Ubuntu nya? hahaha.
Akhirnya aku install ulang Ubuntu dan Netbook ku kembali berjalan normal.

gitu doank? mana solusinya?

Bulan demi bulan berlalu, netbook ku berjalan dengan space yang penuh, seringkali ada Software yang aku korbankan untuk dapat space yang lebih banyak. Karena itu masih ada niatku untuk menghapus Ubuntu.

Saat kebutuhan space harddisk sudah sangat mendesak. Aku mencoba untuk menghapus kembali Ubuntu. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, aku tau yang akan terjadi adalah "error 22" lagi. Oleh karena itu, aku mencari solusinya.

Kebanyakan dari solusi yang aku dapat adalah penyelesaian dengan Windows Live CD. Hey, netbook ku tidak punya CD Drive, dengan siapa aku harus meminjam CD Drive External? Beli yang baru? Tidak mungkin..

Oke temanku, Gilang dan Bang Masri, memberi solusi saat aku berbagi status tentang masalah ini di Facebook (ini dia salah satu kegunaan Facebook).

Snap1

Pertama aku mencoba menyelesaikannya dengan Windows Live USB, setelah pencarian yang sangat sulit (karena Windows menghapus file-file seperti itu di Internet) akhirnya aku berhasil mendownloadnya yang berukuran sekitar 150 MB.

Aku ikuti instruksinya dan ternyata gagal! Sepertinya kesalahanku, tapi aku tidak tau dimana. Padahal aku telah merubah Prioritas Boot Removable Disk menjadi yang pertama. Tapi yang muncul adalah pesan:

"Reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device and press key a"

Semuanya telah aku lakukan tetapi yang terjadi pesan itu muncul lagi (dan lagi).

Arghh, frustasi.. Aku coba satu solusi dari Bang Masri, dengan bootable Diskette.

Yah bang.. Netbook kan ga ada Diskette Drive

Tenang, aku ada bawa Portable Drive nya

Wuih, sip. Setelah jam belajar selesai rencananya kami akan menyelesaikan masalah ini bersama. Ternyata aku ada keperluan yang lain. Rencana gagal.

Yaudah wan, dibawa pulang aja dulu, tapi hati-hati ya, punya abang aku soalnya.

Nanti pake Windows 98 aja" Bang Masri melanjutkan.

Setelah pulang dari segala kepenatan, aku mencoba menyelesaikan masalah ini sendirian berbekal USB Portable Diskette Drive pinjaman dan diskette yang baru kubeli. Mengingat kata "Windows 98" dari bang Masri, aku langsung mencari Bootable Disk Windows 98 di Google dan mendownloadnya dari Bootdisk.Com

DSC04100 

Begini langkah kerjanya:

1. Extract hasil download tadi kedalam diskette
2. Boot melalui Floppy Disk tersebut
3. Setelah keluar prompt A:> alihkan current directory (cd) ke drive C:>
4. ketikkan perintah fdisk /mbr
5. restart PC.

DSC04099

Selesai.

Wah senangnya.. Thanks buat bantuannya Bang Masri dan Gilang.

Tentang penulis

Beri Komentar

Berikan komentar...

Oleh Zakwan
homepage + blog

Zakwan

Get in touch