Ayo menulis di Wikipedia berbahasa Aceh

A

Waduh, sebenarnya agak telat nih..

Beberapa bulan yang lalu, saat ada pelatihan Jurnalistik di SMA Labschool Unsyiah (8 Agt), Bang Muda Bentara bercerita padaku tentang proyek pengembangan Wikipedia Berbahasa Aceh yang belum disetujui oleh pihak Wikimedia Foundation, alias masih didalam Inkubator.

Sialnya aku baru tahu kalau sekarang Wikipedia tersebut telah disetujui dan telah berjalan hampir 3 bulan sejak diluncurkan tanggal 12 Agustus, artinya 4 hari setelah Pelatihan Jurnalistik ya?

Aku bangga sudah ada wikipedia berbahasa Aceh, bayangkan saja jika artikel wikipedia Bahsa Aceh bertambah jumlahnya hingga 100.000 artikel lebih dan berdampingan dengan Bahasa Arab, English, Spanyol, Itali dll. Bangga bukan? Bahasa Indonesia sendiri baru saja mencapai artikel ke 100.000 pada 21 Januari 2009. Ayo menulis di Wikipedia Aceh!

wikiaceh

Sampai sekarang (3 bulan berjalan) artikel yang ada disana masih sedikit, artinya masih banyak Pokok Bahasan atau Objek yang bisa kita buat Artikelnya. Sekarang banyak anak Aceh yang lancar berbahasa Aceh tapi malu menggunakannya atau yang pura-pura tidak mengerti apa-apa jika mendengar bahasa Aceh. @#$%^ (kalo aku sendiri memang "tidak lancar" berbahasa Aceh, lah ngomong bahasa Indonesia saja masih belepotan! Tapi 99% aku mengerti apa yang dibicarakan dan aku sangat ingin lancar berbahasa Aceh)

Nah, yang diatas menjadi kendala, menulis bahasa Aceh tidaklah semudah mengucapkannya, ada karakter khusus seperti ô, é, è, ë yang terasa kaku bila dibaca oleh orang yang tidak mengerti. Selain itu juga ada kendala dalam cara atau metode mengisi tulisan di Wikipedia bagi orang awam.

Bukan masalah jika kita semua mempelajarinya dengan membuka situs wikipedia itu sendiri. Selamat menulis di Wikipedia Aceh http://ace.wikipedia.org

Oiya, selain wikipedia berbahasa Aceh, juga ada Wikipedia tentang Aceh dalam Bahasa Indonesia yaitu AcehPedia.

www.zakwan.co.nr

Tentang penulis

Beri Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories