Udah tau apa bedanya Suka, Sayang dan Cinta?

U

Wan, kalau orang ngomong cinta keanya gampang banget ya, nanti ujung-ujungnya pasangannya dicuekin, pacaran malah putus. –Zavatra

Kata-kata itu terlontar dari temen saya, dan menjadi inspirasi saya untuk nulis artikel ini. Ini tulisan umumnya udah banyak muncul di forum, blog, jadi saya ubah dikit yaa..

okeh, pada tau nggak kalau suka, sayang dan cinta itu masing-masing punya pengertian yang berbeda, berbeda orangnya, berbeda pula arti dari kata-kata itu.

————————–

Saat kamu menyukai seseorang, kamu ingin memilikinya untuk keegoisanmu sendiri tapi saat kamu menyayangi seseorang, kamu ingin sekali membuatnya bahagia dan itu semua bukan buat kamu sendiri dan saat kamu mencintai seseorang, kamu akan melakukan apapun untuk kebahagiaannya walaupun kamu harus mengorbankan jiwamu.

Saat kamu menyukai seseorang dan berada disisinya maka kamu akan bertanya,”Bolehkah aku menciummu?” Tapi saat kamu menyayangi seseorang dan berada disisinya maka kamu akan bertanya,”Bolehkah aku memelukmu?” Berbeda dengan saat kamu mencintai seseorang dan berada disisinya maka kamu akan menggenggam erat tangannya.

Suka adalah saat ia menangis, kamu akan berkata “Sudahlah, jgn menangis.”
Sayang adalah saat ia menangis dan kamu akan menangis bersamanya.
Cinta adalah saat ia menangis kamu akan membiarkannya menangis dipundakmu  sambil berkata, “Mari kita selesaikan masalah ini bersama-sama.“

Suka adalah saat kamu melihatnya kamu akan berkata,”Ia sangat cantik dan menawan.” Artinya saat penampilannya tidak cantik atau tidak ganteng pada suatu waktu, kamu akan bilang,”Aku ilfil sama dia”. Tetapi Sayang itu adalah saat kamu melihatnya, kamu akan melihatnya dari hatimu dan bukan matamu.
Cinta adalah saat kamu melihatnya kamu akan
berkata,”Bagiku dia adalah anugerah terindah yang pernah Tuhan berikan padaku..”

Pada saat orang yang kamu suka menyakitimu, maka kamu akan marah dan tak mau lagi bicara padanya. Tetapi pada saat orang yang kamu sayang menyakitimu, kamu akan menangis untuknya. Pada saat orang yang kamu cintai menyakitimu, kamu akan berkata,”Tak apa, dia hanya tak tau apa yang dia lakukan.”

Tinggal diliat aja tuh, kalau ada orang yang kamu sakiti, dia tabah dan diam saja, bisa jadi seperti yang diatas.

Pada saat kamu suka padanya, kamu akan memaksanya untuk menyukaimu. Tetapi pada saat kamu sayang padanya, kamu akan membiarkannya memilih. Dan pada saat kamu cinta padanya, kamu akan selalu menantinya dengan setia dan tulus…

Suka adalah kamu akan menemaninya bila itu menguntungkan dan Sayang adalah kamu akan menemaninya di saat dia membutuhkan tetapi Cinta adalah kamu akan menemaninya di saat bagaimanapun keadaanmu.

Suka adalah hal yang menuntut.
Sayang adalah hal memberi dan menerima.
Cinta adalah hal yang memberi dengan rela.

————————-

Sekali lagi, ketiganya tergantung persepsi masing-masing. Memang ada yang namanya perbedaan antara suka dengan sayang dan cinta (kalau ga percaya liat aja jumlah hurufnya.)

Yang paling susah dibedain itu rasa sayang dan cinta, karena nyaris.. hampir sama. Yang dapat membedakannya mungkin adalah hati.

Dan yang paling susah buat didefinisiin sebenarnya cinta tu sendiri.. Susaaah.. Kalo yang paling ringan itu ya rasa suka:

Aku suka sama blablabla.

Suka itu ya sekedar suka aja, nggak ada yang memberati lo didalamnya, dan seharusnya kita bisa ungkapin itu dengan mudah. Lama-lama rasa suka itu bisa tumbuh jadi sayang atau bahkan cinta.
Sayang itu adalah rasa suka ditambah sedikit perhatian, lihat deh orang tua lo yang ngasih kasih sayang sepenuhnya. Mereka suka padamu (kalau ga suka, kamu ga dianggap anak), mereka juga memberikan perhatiannya padamu (ini,ortu yang normal ya).
Cinta itu rasa suka ditambah sayang ditambah lagi dengan pengorbanan. Seperti cinta pada Tuhan atau Utusannya (Inilah cinta yang Abadi), kamu Cinta sama agamamu, maka kamu suka padanya, memberikan perhatian dan rela berkorban apapun (bahkan nyawa) demi-Nya.

Tahapannya adalah Suka terlebih dahulu, lalu sayang dan kemudian Cinta mati. Bagaimana dengan cinta pada pandangan pertama? Waw, sangat menakjubkan, bisa jadi itu Bullshit. Bisa jadi juga itu benar, kayak pas kita baru lahir.. Ibu kita langsung cinta pada pandangan pertama 😀

Merubah rasa suka menjadi cinta secara langsung itu sulit. Yang namanya suka ya suka, cinta ya cinta. Cinta itu tumbuh dengan wajar, nggak bisa dipelajari dan akan timbul dengan sendirinya, bukan dengan dipaksa. Cinta itu ga di buat buat, Ia tumbuh dari hati, biarpun kita nggak tau caranya, tapi hati kita semua tau. 🙂

Tentang penulis

Beri Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories