Categories
Event Share SMA Labschool Unsyiah

Menyambut Hari Batik di SMA Labschool Unsyiah

Beberapa siswa dan guru SMA Labschool Unsyiah yang menyambut Hari Batik Indonesia.

Kenapa ya tadi (2 Okt, 2009) banyak yang pakai batik? Waa, yang gak tau jawabannya parah nih. UNESCO menunjuk batik Indonesia sebagai mahakarya warisan budaya manusia pada 2 Oktober 2009. Jadi, setiap tanggal 2 Oktober, diperingati sebagai Hari Batik. Kalau dilihat di gambar diatas, cuma sedikit yang pake baju batik, ya karena ga ada anjuran dari pihak sekolah. Tapi ada bagusnya kan? artinya pakai batik itu ga ada yang paksa, pakai batik itu inisiatif sendiri, toh sekolah juga ga melarang. Berbeda dengan sekolah-sekolah di DKI Jakarta yang mendapat anjuran dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan dibawah Pemda DKI. Apakah siswanya terpaksa? Saya rasa tidak (eh, ga tau deh, terpaksa gak kawan-kawan? haha) karena setiap pelajar di Jakarta memang memakai seragam batik di hari Kamis.

Hmm, saya bingung, kenapa ya? Orang Indonesia marah-marah begitu kebudayaannya diklaim, sebelumnya? gak banyak yang peduli.(Begitu diklaim aja langsung berkoar-koar.)

Ngomong-ngomong soal batik, tau ga kalo Aceh juga punya batik corak sendiri. Meskipun yang dimaksud bukan Batik asli Aceh, tapi Batik Jawa yang corak dan cara pembuatannya yang berbeda. Yang ada di Aceh itu tradisi memakai batik sejak kedatangan bangsa Jawa yang entah kapan sampai di Aceh untuk pertama kalinya.

Batik Aceh telah dikembangkan agar lebih terkenal dan tidak terlupakan, setelah sebelumnya hampir punah. Beragam motif dan corak khas Aceh yang indah dari batik Aceh ini mencapai ratusan motif dan corak, antara lain Pintu Aceh, Bungong Jeumpa, Awan Meucanek, Pucok Reubong dll.
Proses pembuatan Batik Aceh tidak menggunakan mesin, tetapi dikerjakan oleh pengrajin /pembatik, dengan sistem tenun. Motif dan corak yang beraneka ragam diukir dan dirajut hingga menghasilkan batik yang halus dan indah. Bahan pewarnanya pun menggunakan bahan pewarna alami, misalnya menggunakan daun pacar, bunga mawar, kembang sepatu, cabe, cengkeh, kayu manis, daun nangka, pepaya, batang mangga, kunyit, temulawak, kulit dan getah kayu untuk pewarnaan.

Sekian. Selamat hari Batik.

(Oiya, baju batiknya gak cuma dipakai hari Batik atau hari Jumat aja kan? Kita juga bisa pakai batik di hari-hari lain, asalkan pas dengan waktunya.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *