Twitter dan istilahnya (RT, HT, OH dll)

T

Twitter? apaan tu? gak ngerti..

Twitter.com adalah sebuah  komunitas dimana teman bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun di dunia ini mengirimkan update (tweet) tentang momen-momen dalam kehidupan mereka (apakah itu makan, minum, jalan-jalan, terserah mereka). Twitter juga merupakan suatu tempat dimana teman-teman kita dapat selalu merasa dekat dengan kita. Bagi seorang Blogger bisa menggunakannya sebagai alat blogging mini (micro-blogging). Twitter! dimana Anda dapat menulis dengan bebas setiap waktu (tanpa takut di blokir), layaknya burung yang berkicau (tapi ada batasnya, 140 karakter tiap post)

Kalau Anda orang yang suka Update Status di Facebook, lebih baik lagi Anda menggunakan Twitter, bisa curhat, marah-marah dll.

Istilah-Istilah di twitter

Nah, nantinya di Twitter ada istilah, atau singkatan yang membingungkan bagi pengguna baru, apa itu?

-Tweet: Apa yang kita tulis (post) di Twitter, itu yang dinamakan Tweet. Dalam Bahasa Indonesia, Tweet memiliki terjemahan kicauan. Jangan bingung kenapa

-Following: Artinya Anda akan menerima update status dari teman Anda orang tersebut.

-Follower: Orang yang menerima update dari Anda.

Anda bisa mengikuti (following) siapa saja, tapi jangan bingung jika ada simbol seperti "Gembok" disamping nama orang yang akan Anda follow (lihat gambar TheFuzzball dibawah) artinya orang tersebut tidak sembarang menerima Follower karena alasan-alasan tertentu (misal: takut di follow spammer atau menghindari follower yang memakai gambar profil kurang sopan)

-@: Fungsinya bisa untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada nama yang dimaksud. misal @zakwannur

Reply

TheFuzzball memberitahu temannya yang bernama Imelda tentang veggie burger.

Name Dropping

KeviKev menyapa temanya amateria, dengan membuat link langsung pada profil amateria.

-ReTweet: disingkat RT, artinya mengulang, menulis kembali apa yang ditulis seseorang, bisa jadi karena kata-kata tersebut Indah. RT ditambahkan pada tweet diikuti dengan @(username) ditambah dengan kata-kata yang ingin anda ulang.

pada gambar diatas, KeviKev me-ReTweet apa yang ditulis BrentO dan memberitahunya pada amateria.

-Hash Tags: dilambangkan dengan #, gunanya agar pengguna lain yang melihat bisa mencari topik sejenis yang ditulis orang lain dengan mudah. Misal #FollowFriday , #Blogging dll

-#FollowFriday: adalah tradisi setiap hari Jumat dimana Anda dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman Anda yang menyenangkan. Silahkan tulis @(namatemanAnda) yang Anda rekomendasikan pada tweet Anda.

#FollowFriday

gambar diatas menunjukkan, BenMoorhouse merekomendasikan teman-temannya.

-TrendingTopics: Apa topik yang sedang dibicarakan banyak orang? Misal saat kematian Michael Jackson, Michael Jackson menjadi TT (sing. Trending Topics), saat bom mengguncang Indonesia #IndonesiaUnite menjadi topik yang paling sering dibicarakan. Bagaimana suatu tweet bisa menjadi Trending Topics? biasanya karena banyaknya orang yang menggunakan #(topikyangdibicarakan) pada tweetnya. Semakin banyak orang yang membicarakan topik yang sama dengan Anda, semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.

Trending Topics on Search.Twitter.com

-OverHeard: disingkat OH, artinya Anda mendengar (melihat) tweet milik orang lain yang sangat menarik, tetapi Anda tidak ingin menyebutkan siapa yang menulis tweet tersebut. (Berbeda dengan RT yang menyebutkan sumber tweet).

OverHeard

gambar diatas memperlihatkan nmyra yang melihat tweet orang lain yang menarik, lalu dia tertarik dan menulisnya di tweet, tetapi dia tidak ingin orang lain tahu siapa pembuat tweet tersebut.

-Heard Trough: tiba-tiba Anda teringat dengan kata-kata menarik yang diucapkan teman Anda kemarin. Anda dapat menulisnya pada tweet dengan HT (singkatan Heard Trough). HT berbeda dengan RT, karena HT adalah kata-kata yang Anda dengar pada kehidupan nyata.

Suka atau tidak suka dengan tweet Anda?

Anda dapat menghapus tweet yang telah Anda posting juga dapat menandai sebuah tweet milik Anda atau orang lain sebagai tweet favorit Anda dengan cara mengklik icon yang ada di sebelah tweet tersebut.

Notice the Trash Can Icon 

Spammer di Twitter

Spammer biasanya memfollow banyak orang (sampai ribuan) dengan harapan agar orang tersebut menjadi Followernya. Biasanya saat mereka menjadi Follower Anda, tweet mereka hanya berisi iklan iming-iming hadiah jika Anda memfollow balik mereka. Apa sih maunya Spammer? Mereka ingin Home Feed anda terisi iklan-iklan promosi produk mereka.

Untuk mengatasinya, sekarang Twitter membatasi penggunanya agar hanya dapat memfollow 2000 orang (jumlah yang sudah cukup bukan?). Hal tersebut dilakukan karena para Spammer hanya akan membuat Server Twitter menjadi seperti ini

twitter-fail-whale

Gambar apa itu?

Maksudnya, server Overloaded. Gambar ini muncul saat server sangat sibuk. Saya pernah beberapa kali mengalaminya dalam satu hari. Hal itu sangat mengganggu dan menyebalkan. @#$%^

140 Karakter

Kenapa ya, kok istilah twitter itu banyak yang disingkat-singkat? Jawabannya, karena setiap tweet dibatasi 140 Karakter. Kenapa harus dibatasi? Yah, namanya saja micro-blogging, kalau Anda menulisnya dengan panjang, sebaiknya tulis saja di Blog Anda. Bisa-bisa Follower Anda malah kesal karena Home Feed nya penuh dengan tulisan Anda.

Nah, Berhubung karakter yang dapat digunakan pada setiap tweet terbatas (140 karakter) ada baiknya saat Anda ingin menyertakan link yang sangat panjang pada tweet Anda, gunakan http://bit.ly atau http://is.gd/

Mensinkronisasi Twitter dengan Facebook

Ah, aku kan ga sering update status di Facebook, apalagi tweet di Twitter. Malas ah bikin Akun Twitter, Facebook aja udah cukup.

Jika itu adalah alasan Anda, jangan salah, Anda dapat menghubungkan tweet di Twitter dengan Status di Facebook dengan menggunakan aplikasi Twitter-Facebook.

Follow Me.

Follow me on Twitter @zakwannur

Tentang penulis

Beri Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories