homepage + blog

Seminar dan Kampanye Anti Rokok kerjasama Roll Royce dengan SMA Labschool Unsyiah

S

Sudah berbulan-bulan yang lalu Acara seminar dan kampanye anti rokok ini dipersiapkan oleh Sekolah, Aku berkesempatan menjadi Panitia dan memilih bagian Publikasi dan Dokumentasi. Awalnya acara ini akan diselenggarakan bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Se-dunia (31 Mei) tetapi karena beberapa alasan pelaksanaan Acara diundurkan. Setelah persiapan dirasa sudah cukup, kegiatan ini diadakan selama dua hari (25-26 Juli 2009) di SMA Labschool Unsyiah, tepatnya di Ruang Aula SMA. Acara ini terlaksana berkat  kerjasama dengan Rolls Royce. Acara ini diikuti oleh siswa dari beberapa SMA yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Masing-masing SMA mengirimkan empat siswanya sebagai peserta.
Seminar ini membahas tentang bahaya rokok dan kerugian dari rokok. Sebagai pemateri dihadirkan dr. Petrus Maturbongs M.Kes dari Departemen Kesehatan RI dan dr Emiralda M.Kes dari Puskesmas Lambada lhok. Setelah mengadakan seminar, tepatnya hari kedua Acara, para peserta seminar turun ke jalan sebagai Aksi Kampanye Anti Rokok tepatnya di Simpang Lima Kota Banda Aceh. Sampai di Simpang Lima para siswa membagi-bagikan stiker kepada para pengguna jalan yang berisikan tentang bahaya rokok, serta berorasi mengajak masyarakat segera meninggalkan rokok.

Apa Fokus dari Acara ini?

Kebanyakan orang sadar akan besarnya bahaya rokok, namun kemasan dan teknik periklanannya membuat menarik, sehingga menjauhkan konsumen dari realita mengerikan tentang bagaimana rokok merusak kesehatan. Peringatan dengan gambar menyampaikan pesan dengan cepat dan jelas, bahkan kepada orang yang tidak bisa membaca. Jadi, Penempatan peringatan bergambar pada semua produk tembakau merupakan suatu cara yang tepat dan amat cost-effective untuk memperingatkan konsumen tentang resiko rokok dan mengurangi konsumsi rokok.

Tentang penulis

Zakwannur

1 komentar

Oleh Zakwannur
homepage + blog

Zakwannur

Get in touch