homepage + blog

Jam Masuk Sekolah 6.30 Pagi

J
“Gile masuk jam 1/2 7 bisa tidur di kelas molo ne.”
“Masuk cepet, pulang tetep aja lamaa ih!”
“Iya malesin bgt, emang skul lu ga masuk setengah tujuh wan?
“well, hari senen nie udh mulai msk jm 06.30 mndritalah nak2 jakarta Hiks T_T, Tp gpp mdah2an aj nak Jkt Isa lbih maju dri daerah laen amin deh eheheheh…!!”

Itulah sebagian tanggapan teman-teman saya di Jakarta.

Mulai hari ini, 5 Januari¬† 2009, setelah siswa di Jakarta liburan panjang 24 Desember-4 Januari. Di Jakarta, mulai diterapkan jam masuk sekolah lebih awal yang alasannya untuk “mengurangi kemacetan”. Jam masuk yang sangat cepat, Jam 6.30 Pagi!

Apakah kebijakan ini benar-benar efektif mengurangi kemacetan? Yang ada hanyalah memindahkan jam macet Jakarta lebih cepat. Kenapa? sebagian siswa di Jakarta, berangkat ke sekolahnya bersama orang tua yang ingin ke kantor. Kalau jam masuk sekolah anaknya dipercepat, artinya Orang tua berangkat ke kantor lebih cepat donk? Ya..sama aja, macet juga, Cuma mengalihkan jam macet di Jakarta dari jam 6 ke jam 5, hal itu di akui polisi Lalu Lintas lho…Trus juga kasian orang tua kan kalo kita naik angkot, berarti menambah biaya. Lebih parah lagi kalau ada anak minta beli kendaraan pribadi (motor, sepeda atau..mobil).

Banyak hal yang dikeluhkan para siswa, orang tua bahkan guru juga. Misalnya jam masuk dipercepat, tapi jam pulang tidak dipercepat. Ya, walaupun banyak keluhan, ternyata masuk jam 6.30 juga banyak sisi positifnya selain dampak negatif. 

Positif:

  • Siswa punya kesempatan untuk shalat subuh
  • Membentuk generasi mandiri
  • Udara pagi yang segar, fresh untuk dihirup..
  • Ibu-ibu harus bangun lebih pagi
  • Mungkin mendapat rekor, “jam masuk sekolah tercepat di dunia”

Negatif:

  • Ngantuk
  • Merepotkan orang tua

“Masuk jam 6.30 itu terlalu cepat, sebagian siswa masih mengantuk dan kalau alasannya untuk mengurangi kemacetan, kenapa tidak masuk jam 9.00 saja?” Itulah pendapat sebagian orang. Masuk jam 9? ada negatifnya lagi donk..

Bersyukurlah kita, siswa di Aceh, masuk sekolah jam 8.00 pagi (kalau Sekolah saya jam 7.45, lebih cepat 15 menit). Karena, bayangkan saja kalau suatu saat ada suatu hal yang menyebabkan jam masuk sekolah kita juga dipercepat, misalnya jam 6.30 juga! wahahaha..masih gelap ni di Aceh. Masuk jam 8 saja masih ada yang telat (termasuk saya), apalagi jika dipercepat.

Bagaimana tanggapan anda?

Tentang penulis

Zakwannur

Beri komentar

Oleh Zakwannur
homepage + blog

Zakwannur

Get in touch