homepage + blog

Entrepreneur’s Training for Youth by USM

E

Artikel ini belum mempunyai foto. Bagi yang memiliki fotonya mohon dikirim ke jacky_oebit@yahoo.co.id atau menyebutkan alamat (link) foto tersebut agar diasukkan kedalam artikel ini.  Terimakasih

Hari ini sekolahku di undang untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan / pelatihan keusahawanan untuk remaja yang diadakan oleh Universiti Sains Malaysia (USM) di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.

Aku, Hanani, Hafizh, Rahmat, Dwinka, Kak Rita, Kak  Rika, Kak Farisa, Kak Nisa, perwakilan dari SMA Labschool,yang menghadiri pelatihan tersebut. Pelatihan juga dihadiri oleh beberapa orang perwakilan dari SMA 5, SMA 10 Fajar Harapan, SMA Negeri 3, SMA Negeri 11. Perwakilan dari sekolah lain sekitar 20 orang per sekolah.

Dari pelatihan tersebut di dapat bahwa seharusnya remaja-remaja tidak lagi bersantai-santai dan menjadi seorang preman. Setidaknya bisa menjadi seorang bussinesman yang membangun bangsa dengan membuka lapangan kerja bagi orang lain. Sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran. Untuk memulai bisnis, banyak produk yang bisa kita jual, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang bisa “kembali ke tanah” (Ramah Lingkungan).

Di USM sendiri telah diciptakan produk-produk yang terbuat dari bagian pohon pisang, semua bagian dari pisang dapat dimanfaatkan. Pisang yang telah matang dibuat menjadi pisang goreng, pisang yang belum matang bisa dibuat menjadi keripik, daun pisang bisa digunakan untuk membungkus nasi, batang pisangpun bisa disulap menjadi sebuah karya seni.

Dalam pelatihan kami sempat membentuk sebuah perusahaan. Kami dibimbing oleh Kak Diina dan Kak Zaza dari USM. Mereka sangat ramah. Perusahaan kami tentu saja harus  menciptakan produk ramah lingkungan. Kami dari labschool membentuk sebuah perusahaan bernama 3G (Green Global generation). Aku dipilih menjadi direktur, Hafizh sebagai Wakil Direktur, di bidang Marketing beranggotakan Hanani, Rahmat, dan Kak Rika, dibidang Production yang beranggotakan Kak Farisa dan kak Nisa, Financial dipegang oleh Kak Rita, dan Dwinka di bidang Human Resource.

Setelah membuat struktur perusahaan dan menciptakan sebuah produk, kami mempresentasikan produk tersebut dilanjutkan oleh perusahaan dari sekolah lain. Lalu setelah semua perusahaan mempresentasikannya, Juri memilih perusahaan dan produk terbaik. Dan hasilnya Kami mendapat Juara 3, SMA Negeri 5 mendapat Juara 2 dan Juara satu diraih oleh SMA 10 Fajar Harapan. Kami mendapat hadiah uang, sebesar Rp. 50.000.

Membuat sebuah Perusahaan tidaklah mudah, dengan mengikuti pelatihan ini kami jadi sedikit mengerti bagaimana sebuah perusahaan mendapat modal untuk melanjutkan usahanya, bagaimana sebuah perusahaan dapat menarik pelanggan untuk membeli produknya dan berbagai inovasi lainnya yang harus dibuat oleh sebuah perusahaan dalam bersaing.

Usai mengikuti pelatihan, kami sempat befoto.

Tentang penulis

Zakwannur

Beri komentar

Oleh Zakwannur
homepage + blog

Zakwannur

Get in touch