Bullying dan Harga Diri

B

Apa yang terjadi pada buku Jilid A…

image001

Ternyata dibalas pada buku Jilid B..

image002

Makanya jangan seenaknya menyentuh orang lain. 😀

Akhir-akhir ini, banyak hal tidak wajar yang terjadi pada dunia pendidikan kita, misalnya kasus Sodomi siswa oleh pemilik sekolah mereka yang ternyata seorang Kyai terkenal, Pengeroyokan terhadap seorang Siswa di SMPN Cimahi, Penganiyayaan Oleh Guru terhadap puluhan Siswa yang ditampar.

Sekolah memang tempat untuk menuntut ilmu. Namun disadari atau tidak, di beberapa sekolah di Indonesia, masih banyak terjadi kasus bullying. Contohnya, ya, seperti pengeroyokan terhadap seorang siswa di Cimahi tersebut.

Bullying adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok, sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tidak berdaya. Dan peristiwanya, sangat mungkin terjadi berulang.

Bullying terbagi menjadi tiga.

  1. Fisik, seperti memukul, menampar, dan memalak atau meminta dengan paksa apa yang bukan miliknya.
  2. Verbal, seperti memaki, menggosip, dan mengejek.
  3. Psikologis, seperti mengintimidasi, mengecilkan, mengabaikan, dan mendiskriminasikan.

Kegiatan inisiasi seperti ospek dan ritual yang biasa diadakan para senior di sekolah, merupakan bentuk bullying yang tidak disadari. Kegiatan yang seharusnya bertujuan memperkenalkan sekolah dan program yang ada di sekolah, malah melenceng menjadi ajang untuk mempemalukan para siswa baru dengan kegiatan yang merendahkan dan mengintimidasi.

Bullying ternyata tidak hanya memberi dampak negatif pada korban, melainkan juga pada para pelaku. Bullying, dari berbagai penelitian, ternyata berhubungan dengan meningkatnya tingkat depresi, agresi, penurunan nilai akademik, dan tindakan bunuh diri.

Bullying juga menurunkan skor tes kecerdasan dan kemampuan analisis para siswa.

Para pelaku bullying berpotensi tumbuh sebagai pelaku kriminal, jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak melakukan bullying. Karena itu, tindakan ini akan merusak generasi penerus di Indonesia.

Dan tanpa kita sadari, pasti bullying terjadi di sekolah kita masing-masing. Sangat memalukan.

Bullying-Detiknews.com

Tentang penulis

6 Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories