Biar Lebih Banyak Komentar..

B

Waktu ikut pelatihan beberapa minggu kemaren..Bang Muda Bentara (pemberi materi) bilang, salah satu kelemahan nge-blog di blogspot (blogger.com) itu adalah sedikit komentar dari pengunjung.

Salah satu penyebab kurang banyaknya komentar (bahkan tidak ada komentar!) apabila kita memakai blogspot adalah karena kotak komentar tidak langsung terbuka satu halaman di bawah posting. Orang jadi malas untuk berkomentar karena harus menunggu agar sebuah halaman baru untuk kometar terbuka. Berbeda dengan wordpress yang lebih memudahkan pengunjungnya untuk berkomentar.

Hal itulah yang membuat orang lebih banyak pindah ke wordpress.com, tidak masalah kalau kamu bukan orang yang suka blog-nya banyak komentar.

Kalau kamu kamu ga mau meninggalkan blogger.com, kamu juga bisa punya kotak komentar ala wordpress supaya pengunjung lebih mudah berkomentar. Caranya gini:

Penting: Kalau kamu memakai template default blogger.com, maka silahkan langsung ke langkah nomor 6. Jadi langkah 1 sampai 5 hanya untuk pengguna template eksternal, bukan template yang sudah disediakan blogger.com.

1. Login dulu terus klik Tata Letak atau Layout

2. Klik Edit HTML (jangan lupa kasih tanda centang pada “Expand Template Widget”)

3.Cari kode yang ini

<b:include data=’post’ name=’comments’/>

4. Letakkan kode dibawah ini setelah atau dibawahnya kode no. 3.

<b:include data=’post’ name=’comment-form’/>

5. Klik “Simpan Pengaturan/Save Setting.”

6. Buka dashboard anda (www.blogger.com/home)

7. Klik “Pengaturan” atau “Setting

8. Klik “Komentar” atau “Comment

9. Pada Kolom “Penempatan Formulir Komentar” atau “Comment Form Placement” kasih tanda titik di menu “Disemat di bawah entri” atau “Embedded Below Post

10. Klik “Simpan Pengaturan/Save Settings”.

Selesai..

Sekarang buka blogspot kamu, dan klik salah satu link posting kamu (salah satu judul posting kamu). Pasti bakal keliatan kotak komentar yang ada satu halaman dengan posting kamu.(kalau kamu mengikuti langkah dengan benar)

Contohnya bisa diliat di bawah setiap postingan, misalnya disini

Nah, supaya blog lebih banyak komentar, Rubah juga setting di menu “komentar” atau “comment“. Caranya:

Klik setting / pengaturan, klik comment / komentar.

  • Comment pilih show
  • Who Can Comment? pilih anyone. Supaya semua pengunjung (anggota blogspot / siapa saja) bisa berkomentar
  • Show word verification for comments? pilih yes. Supaya robot spam ga bisa spam blog kamu.
  • Enable comment moderation? sebaiknya pilih no. Kalau kamu ga mau orang bebas berkomentar (termasuk menjelek-jelekkan kamu) pilih yes (kalau yes, setiap komentar yang dikirim bisa kamu pilih-pilih untuk dimuat. Tapi, biasanya ini membuat pengunjung malas berkomentar). Hayoo pilih mana?

Tentang penulis

5 Komentar

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories