Categories
Tips dan Trik

Tips Browsing dengan Cepat

1.Bookmark
Rasanya setiap web browser popular memiliki fitur ini, yang berfungsi untuk menyimpan URL website favorit. CTRL-D merupakan shortcut yang umum digunakan untuk melakukan bookmark.
Bookmark memudahkan kita untuk mengakses kembali website tersebut tanpa harus menghafal URL-nya

2.Kenali Shorcut
Shortcut tentu saja diciptakan untuk mempercepat pekerjaan. Beberapa shortcut yang umum pada web browser adalah:
• CTRL+T =membuat tab baru
• CTRL+Tab =pindah antar tab
• CTRL+W, atau klik tombol mouse-wheel pada tab (menutup tab)
• CTRL+klik hyperlink= membuka link pada tab baru
• ALT+D= menempatkan kursor pada address bar
• ALT+Enter=membuka URL pada tab baru
• ALT+ panah kiri=kembali pada halaman sebelumnya
• CTRL+ Enter= otomatis menambahkan awalan “www.” dan akhiran “.com” pada URL yang diketik pada address bar

3.Pengetikan URL
Misalkan anda ingin mencari informasi mengenai internet pada website wikipedia.org yang berbahasa Indonesia, bagaimana langkah-langkahnya? Mungkin anda mengetikkan terlebih dahulu URL wikipedia.org, menunggu beberapasaat hingga halaman wikipedia.org terbuka (ditambah lagi koneksi internet Anda sedang parah), lalu anda memilih bahasa Indonesia hingga Wikipedia Indonesia terbuka, baru kemudian anda mengetikkan keyword “Internet” pada field yang disediakan. Tapi coba perhatikan perubahan URL yang terjadi pada address bar, tampakURL dari http://wikipedia.org mejadi http://id.wikipedia.org/wiki/internet. Jadi, sebenarnya anda dapat langsung mengetikkan URL tersebut pada address bar untuk mendapatkan hasil yang sama dengan lebih cepat.
Untuk mencari keyword yang lain anda tinggal mengganti kata “internet” dengan keyword yang dikehendaki. Untuk dua kata atau lebih yang dipisahkan oleh spasi, Anda dapat menggunakan _ (underscore) sebagai pemisah kata. Misalnya ingin mencari artikel DKI Jakarta, maka ketikkan http://id.wikipedia.org/wiki/DKI_Jakarta. Tip seperti ini bermanfaat bagi anda yang memiliki koneksi internet lambat. Wikipedia.org hanyalah salah satu contoh website yang memiliki karakteristik URL yang dapat kita manfaatkan untuk bekerja lebih cepat. Kenali karakteristik website yang sering anda kunjungi, mungkin Anda dapat menemukan cara yang lebih praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *