Bila Menerima Pesan Hoax

B

(Don’t send back: ”MARING BAWONO SANGGURIP SUKMO GONDO MAYIT NENG RUMEKSO INGSUN KASAJEN”. Anda baru saja melihat dan telah berikrar menikahi mayat. Kirim SMS ini ke 10 temanmu. Jgn sampe putus di kamu. Klo terputus dia akan menemani tidurmu walaupun tak terlihat, tp suatu saat akan memperlihatkan dirinya!!..BNR2 TERJADI!!!..FAKTA!!!..SAKSIKAN NANTI DI ASAL USUL TRANS 7 KLO TDK PERCAYA !!.. HARAP JGN DIREMEHKAN BAGI YG SDH MEMBACA !!!..)

Selama ini saya sering mendapat pesan berjenis seperti itu.
Bagaimana perasaan anda setelah membaca pesan seperti itu? Kesal? Atau buru-buru langsung mem-forward-nya ke 10 teman anda?

Sebaiknya anda tidak panik dan langsung percaya dengan pesan seperti itu..
Pesan seperti itu sering disebut “hoax”. Hoax sendiri merupakan berita bohong yang sengaja dibuat heboh dan seakan-akan benar. Tentunya agar tidak ketahuan bohong, maka harus dibuat meyakinkan dengan pernyataan yang belum tentu ada.

Agar orang terbujuk untuk mem-forward-nya, kadang dengan ancaman berbentuk kutukan, misalnya berbunyi bahwa Anda akan mengalami nasib sial tujuh turunan jika tidak mem-forward-nya, atau bujukan lain yang menyenangkan seperti keberuntungan keesokan harinya.

Tidak ada cara khusus untuk menghalau pesan hoax kecuali kepedulian Anda, karena setiap anda menerima pesan hoax keputusan ada ditangan Anda untuk memutuskan rantai penyebaran pesan tersebut.

Untuk peduli anda harus mengetahui kerugian dari pesan hoax, yaitu:
1. Membebani lalu-lintas pesan dengan hal-hal yang tidak perlu, misalnya membuat pesan yang kita kirim lama sampai ketujuan atau bahkan gagal mengirim.
2. Menimbulkan kepanikan/ isu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan
3. Secara jelas merugikan orang lain dengan penipuan yang kita sebar
4. Membuang-buang pulsa serta waktu.

Kalau anda ragu antara hoax atau bukan, Anda dapat menghapusnya atau menyimpannya agar tidak membuat orang lain ikut menjadi ragu, jika Anda tidak tahan untuk mem-forward-nya walau telah membaca artikel ini, beri tahu orang yang anda kirimi bahwa pesan tersebut berpotensi hoax.

Tentang penulis

2 Komentar

twenty + three =

Oleh Zakwan

Get in touch

Categories